Kerusakan Ban Mobil Saat Hujan yang Perlu Diantisipasi

Saat musim hujan seperti akhir-akhir ini, bagian yang perlu diperhatikan salah satunya adalah ban mobil. Ban mobil adalah yang paling rentan terkena dampak cuaca yang mengakibatkan jalanan licin dan rusak karena hujan ini. Lantas apa saja kendala yang mungkin terjadi pada ban mobil dalam kondisi ini?


Jika ban mobil dalam kondisi rusak, tentu saja mobil tidak dapat digunakan. Ban mobil memang bagian esensial yang terus selalu dijaga agar lancar dan aman saat berkendara. Apa saja kerusakan ban yang mungkin terjadi akibat kondisi hujan? Simak ulasannya berikut ini.

Kerusakan Mobil Akibat Hujan

Kondisi hujan memang mengancam beberapa bagian kendaraan kita. Maksudnya akibat hujan bagian seperti ban mobil dan beberapa bagian lainnya menjadi rentan dan perlu diperhatikan secara khusus. Berikut beberapa bagian yang perlu diperhatikan pada mobil saat cuaca hujan.

1. Mesin dan Kelistrikan

Bagian mesin dan kelistrikan termasuk salah satu yang perlu dijaga ketika kondisi hujan. Bagian mesin adalah pengapian dan energi panas yang akan terpengaruh jika terjadi kebasahan atau dinginnya cuaca. Bagian kelistrikan juga akan rusak seperti korslet apabila terkena basah.

2. Wiper dan Kaca

Wiper berfungsi menghapus percikan air dari kaca terutama bagian kemudi (kaca depan). Saat kondisi hujan bagian ini akan sering digunakan sehingga jika tidak sadar akan menurun fungsinya bahkan rusak. Seperti karena lama tidak digunakan saat musim cuaca cerah, maka saat fungsinya menurun ketika digunakan saat hujan akan terkendala atau rusak.

Wiper dan Kaca Mobil, sumber Seva

Wiper dan Kaca Mobil, sumber Seva

3. Interior

Bagian interior mobil seperti jok dan alas kaki atau lantai mobil akan terkena masalah juga saat hujan. Kelembapan bahkan kebasahan bisa membuat bagian-bagian yang berada di dalam mobil ini akan rusak jika tidak segera dikeringkan. Sementara lembap dan basah memang sulit dihindari karena cuaca sedang hujan.

4. Ban Mobil

Satu hal lagi yang juga perlu diperhatikan secara khusus saat kondisi hujan atau ketika berkendara di tengah hujan adalah ban mobil. Terdapat banyak hal yang bisa terjadi pada ban akibat basah dan kondisi hujan. Simak pada penjelasan selanjutnya.

Kerusakan Ban Akibat Hujan

Berkendara mobil ketika kondisi sedang hujan memang terkadang tidak dapat dihindari. Dibandingkan mengendarai sepeda motor, mengendarai mobil memang lebih aman dan nyaman. Namun perlu diperhatikan bagian yang rentan akibat hujan yaitu ban mobil.

Kempes

Kerusakan ban mobil akibat hujan yang paling sering ditemukan adalah kempes. Mungkin kempes bukanlah sebuah kerusakan namun indikasi rusaknya ban mobil bisa diketahui dari hal ini. Seperti kebocoran halus atau sekedar kurangnya tekanan ban saja.

Ban Retak, sumber Moladin

Ban Retak, sumber Moladin

Memang kondisi hujan mengakibatkan cuaca luar lebih rendah dibandingkan biasanya. Tekanan dalam ban menyesuaikan suhu lingkungannya. Jika kita mengisi tekanan ban saat cuaca sedang cerah, maka ketika kondisi hujan dan cuaca dingin, tekanan ban pun ikut turun sehingga ban mobil menjadi kempes.


Selain itu ban mobil yang kempes juga dapat berakibat fatal. Perjalanan yang tidak stabil karena getaran dan rentan kemasukan berbagai materil di jalan bisa mengakibatkan masalah. Maka, kempesnya ban mobil perlu segera diatasi.

Sobek

Kerusakan lain pada ban mobil akibat kondisi cuaca hujan adalah sobek. Sebenarnya karet ban mobil merupakan material yang kuat untuk menahah seluruh kondisi yang dialami ban saat berkendara. Namun sedikit perlu penyesuaian ketika kondisi sedang hujan/basah.


Ban mobil yang digunakan saat jalanan basah memang perlu tipe ban yang khusus. Karenanya, ban standar mungkin tidak bisa bertahan lama sehingga dimungkinkan terjadi penipisan ketebalan bahkan sobek. Tipe ban saat hujan ini lebih tebal dan alurnya sesuai dengan kondisi jalan yang basah.


Selain itu, jalanan yang tergenang air sedangkan tidak rata misalnya berlubang juga dapat berakibat fatal. Pengemudi tidak mengetahui apabila akhirnya kendaraan menerjang lubang dan hal ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pada ban mobil.

Berkendara Saat Hujan, sumber Cars World

Berkendara Saat Hujan, sumber Cars World

Oleng

Saat berkendara ketika hujan, pengemudi pasti lebih cenderung menggunakan remnya. Apalagi jika melewati jalan menurun dalam kondisi hujan. Break atau rem mobil pasti akan lebih sering lagi digunakan agar tetap aman dan selamat. Namun tetap akan ada efek pada ban mobil.


Penggunaan rem yang sering apalagi mendadak, membuat posisi ban pada tempatnya menjadi sedikit terpengaruh. Lama kelamaan apabila tidak diperiksa, dapat terjadi oleng pada ban. Sehingga akan terasa tidak stabil seperti terguncang atau bergetar ketika berkendara.


Selain itu, ban oleng ketika kondisi hujan juga bisa diakibatkan oleh kondisi jalan yang rusak. Bukan tidak mungkin akibat turun hujan, aspal menjadi retak dan tidak rata sebagaimana ketika kondisi sedang cerah. Karena itu ban akan mengalami guncangan lebih sering daripada biasanya dan perlu diperiksa untuk mengantisipasi agar tidak oleng.


Untuk itu jika Anda berkendara pada saat musim hujan seperti sekarang, Anda bisa mengantisipasinya dengan memilih tipe ban yang khusus. Ban yang sesuai ketika kondisi seperti ini adalah yang lebih tebal serta alur ban yang berpola simetris. Silahkan berkonsultasi pada mekanik kepercayaan Anda.


Itu dia beberapa ulasan seputar kondisi ban mobil yang mungkin terjadi saat berkendara ketika hujan. Semoga dengan informasi ini Anda bisa melakukan antisipasi sehingga aman dalam berkendara. Simak terus berbagai ulasan seputar otomotif mobil dan motor di halaman website kursus otomotif. Berikut pertanyaan, saran dan kritik Anda pada kolom komentar seputar otomotif dan kursusnya di halaman kami.

Jenis Kendaraan Niaga yang Menarik Untuk Diketahui

Topik seputar jenis kendaraan niaga merupakan salah satu yang perlu dibahas dalam dunia otomotif. Di samping manfaat kendaraan untuk kebutuhan pribadi, terdapat juga kendaraan niaga yang dapat digunakan secara komersil untuk menggerakkan roda perekonomian. Apakah Anda sudah pernah mengetahui apa saja jenis kendaraan niaga?


Secara keseluruhan, terdapat berbagai macam kendaraan yang sering digunakan oleh masyarakat. Namun jenis kendaraan niaga merupakan satu hal yang berbeda dari sekedar tipe kendaraan. Berikut berbagai ulasan seputar jenis kendaraan niaga.

Jenis Kendaraan Niaga

1. Truk

<p>Truk merupakan jenis kendaraan niaga yang dimanfaatkan untuk mengangkut muatan. Biasanya muatannya berupa barang dan bahan-bahan. Jenis truk yang sering digunakan sendiri terdapat beberapa jenis diantaranya :


Tronton adalah kendaraan pengangkut yang memiliki 3 sumbu dengan jumlah roda 10 dan konfigurasi rodanya adalah 2 – 4 – 4. Kapasitas truk tronton mampu membawa barang sebanyak 30 kubikasi dengan berat maksimal 10 ton.


Trailer memiliki bak sepanjang 14 meter dengan lebar 2,5 meter. Berat beban yang dapat ditanggung kendaraan ini bisa mencapai 60 ton. Namun berbeda untuk muatannya. Untuk ukuran berat beban muatan maksimal yang dapat ditanggung sekitar 45 ton.


Fuso berdimensi adalah 500cm x 200xm x 200cm dengan kemampuan angkut seberat 5 ton. Sedangkan ukuran dimensi truk fuso berat adalah 570cm x 230xm x 220cm dan dapat mengangkut beban hingga 8 ton.

Fuso, sumber Oto Truck

Fuso, sumber Oto Truck

Truk engkel diketahui memiliki panjang sekitar 6 meter dan lebar 2,45 meter. Sementara itu, kotak di area belakangnya mempunyai tinggi sekitar 1,8 meter. Kapasitas maksimal truk engkel adalah 14000 kg dengan bak terbuka yang bisa ditambahkan penutup tidak permanen.


Jenis truk Colt Diesel Double atau CDD mempunyai 6 roda dengan 2 sumbu. Konfigurasi roda dari CDD ini adalah 2 rode didepan dan 4 roda dibelakang untuk memikul berat. CDD dapat memikul beban sebesar 4 ton dalam sekali perjalanan.


Truk Pickup adalah jenis truk yang paling kecil, mereka hanya memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda. Rata-rata, pick up memiliki volume maksimal 1 kubikasi dan berat muatan maksimal 1,5 Ton, kecuali dengan pick up bak dengan volume maksimal 6 kubikasi.

2. Alat Berat

Jenis kendaraan niaga lainnya adalah alat berat. Sekilas, kendaraan ini memang lebih tampak seperti alat dibandingkan kendaraan pada umumnya. Namun alat ini juga berpindah dan beberapa jenisnya dapat digunakan untuk mengangkut dari satu tempat ke tempat lainnya.


Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali. Diantaranya contohnya adalah dozer, excavator, crane dan jenis lainnya.

Crane, sumber Plant & Equipment

Crane, sumber Plant & Equipment

3. Bus

Diantara jenis kendaraan niaga yang dapat digunakan untuk mengangkut penumpang, bus merupakan salah satunya. Bus adalah moda transportasi yang bisa mengangkut penumpang hingga antar daerah dengan kapasitas penumpang banyak. Ada yang mencapai ratusan penumpang.


Jenis bus yang paling umum adalah bus tunggal satu lantai. Namun terdapat pula jenis bus gandeng serta jenis bus bertingkat. Di masa sekarang ini, bus dapat menjadi kendaraan penumpang vvip yang merupakan hasil kreasi dari perusahaan karoseri.

4. Kereta

Kereta merupakan jenis angkutan penumpang yang biasanya berbentuk kotak seperti bus. Perbedaannya, sejumlah penumpang yang diangkut berada pada kotak yang ditarik oleh mesin di luar tempat penumpang. Hal ini bergantung jenis kereta yang digunakan.


Di masa lampau, kereta ditarik oleh hewan seperti kuda, unta, sapi dan lainnya. Saat ini kereta ditarik oleh mesin seperti mesin berbahan bakar sehingga disebut kereta api, mesin listrik sehingga disebut kereta listrik dan lainnya. Sehingga terdapat beberapa jenis kereta yang kita kenal.


Selain itu, kereta juga bukan hanya yang berada di atas rel. Terdapat juga kereta gantung untuk lintasan vertikal atau antar bukit.

Kereta Api, sumber Berita Satu

Kereta Api, sumber Berita Satu

5. Taksi

Taksi merupakan jenis kendaraan niaga yang dapat dibahas tersendiri. Karena dibandingkan bus dan kereta yang juga dapat mengantar penumpang, taksi merupakan moda transportasi umum yang dapat digunakan secara pribadi melalui pemesanan. Biasanya taksi hanya memuat penumpang 3 orang.


Sejak dulu taksi dikenal menggunakan jenis mobil sedan. Namun saat ini juga sudah berkembang sehingg terdapat layanan taksi vip dengan jenis mobil mewah. Di zaman sekarang juga taksi dapat dipesan secara online.

6. Ojek Motor

Jenis kendaraan niaga rasanya tidak lengkap jika tidak membahas moda transportasi roda dua. Ya, namanya disebut dengan ojek motor. Bagaimanapun ojek motor juga kendaraan niaga yang masih dapat bertahan hingga kini.


Ojek banyak digunakan oleh penduduk kota-kota besar seperti di Jakarta, karena kelebihannya dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. Biasanya mereka mangkal di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.


Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan secara tawar menawar, maka setelah disepakati pengemudi akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya


Itu dia berbagai jenis kendaraan niaga yang biasa terdapat di sekitar kita. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan seputar otomotif bagi kita semua. Simak berbagai informasi lainnya seputar otomotif, kursus serta berbagai tips perawatan bersama kami.

Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Pemula

Sebagian orang menyangka bahwa cara mengemudi mobil matic tidak begitu berbeda dengan cara mengemudi mobil manual. Selain itu, ada pula yang berpikir bahwa mengemudi mobil matic lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Namun sebaiknya simak tips mengemudi mobil matic berikut ini.


Saat ini beberapa produksi mobil sudah menggunakan transmisi otomatis yang memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga diperlukan pemahaman serta pengalaman untuk mengemudikan mobil matic agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan. Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengemudi Mobil Matic

Tips mengemudi mobil matic berikut ini bisa membantu Anda mengenali seperti apa mobil matic. Daripada langsung mencobanya, sebaiknya carilah informasi semacam cara mengemudi mobil matic terlebih dahulu. Agar Anda dapat aman saat mulai mengemudikannya.

1. Kenali Transmisinya

Perbedaan utama mobil matic dan manual adalah pada transmisinya. Pada umumnya mobil matic sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, 1, 2 dan 3. Apa makna setiap tanda pengaturan transmisi ini?

Tuas Mobil Matic, sumber Tribun

Tuas Mobil Matic, sumber Tribun

  • - Tuas P (Park) adalah posisi yang hanya dipakai saat mobil parkir.

- Tuas D (Drive) adalah gigi maju yang menggunakan seluruh perbandingan gigi yang tersedia (1 sampai 4).

- Tuas R (Reverse) adalah posisi mobil untuk mundur.

- Tuas N (Neutral) adalah gigi netral yang dipakai untuk berhenti sebentar (pengemudi tetap di belakang kemudi dan mesin dalam keadaan hidup).

- Tuas 3 atau D3 artinya gigi maju yang beroperasi dengan perbandingan gigi transmisi 1 sampai 3.

- Tuas 2 artinya gigi maju yang beroperasi dengan perbandingan gigi transmisi 1 sampai 2 saja.

- Tuas 1 atau L (Low) adalah gigi paling rendah (tidak ada perpindahan gigi) yang biasa dipakai saat melewati tanjakan curam.

2. Syarat Menyalakan Mobil

Untuk menyalakan mobil, ada yang perlu diantisipasi. Yaitu dimulai dari tuas transmisi yang berada di posisi P. Selain itu, saat menyalakan mobil juga diperlukan menginjak pedal rem. Kemudian baru menyalakan mobil.

Setelah menyalakan mobil sebelum menekan starter, sebaiknya tunggu seluruh indikator pada panel kemudi pada posisinya. Sehingga tidak langsung menyalakan mobil dan segera starter. Pada sebagian mobil matic terdapat tanda suara untuk memastikan mobil telah menyala dan siap di starter.

3. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Pada mobil manual, memindahkan tuas manual diperlukan kopling. Berbeda dengan memindahkan tuas pada mobil matic. Untuk memindahkan tuas saat sudah berjalan, tekan pedal rem. Sehingga akan lebih aman dan dapat mengantisipasi jika ada dorongan yang membahayakan.

Mengemudi Mobil Matic, sumber NTMC

Mengemudi Mobil Matic, sumber NTMC

4. Gunakan Kaki Kanan

Sebagaimana yang diketahui, pada mobil matic tidak terdapat pedal kopling. Sehingga untuk mengontrol pedal gas dan rem pada mobil matic hanya menggunakan satu kaki, yaitu kaki kanan saja. Sedangkan posisi kaki kiri selalu ditaruh di foot rest yang ada di pojok kiri.

5. Manuver Saat Berkendara

Anda perlu mengetahui bagaimana mengemudikan matic pada berbagai manuver yang diperlukan. Mulai dari maju, mundur, berhenti setelah berjalan, mempercepat kendaraan untuk menyalip serta menaiki tanjakan. Sehingga tidak terjadi hal yang membahayakan akibat belum berpengalaman.


Untuk memajukan mobil setelah menyalakan dan starter, sambil kaki kanan tetap menginjak pedal rem, geser tuas transmisi ke posisi D. Tunggu 1 sampai 1,5 detik untuk memastikan engagement gigi transmisi matic terjadi dengan sempurna. 


Setelah itu injakan kaki di pedal rem diangkat secara pelan-pelan, mobil pun akan mulai bergerak perlahan maju. Setelah berjalan maju, pindahkan kaki ke pedal gas.

Untuk memundurkan mobil, terdapat dua keadaan. Yaitu saat tuas berada di P atau saat setelah berjalan (tuas D). Kalau memundurkan mobil dari tuas P, sambil kaki kanan menginjak pedal rem geser tuas ke posisi R. Jika dari posisi D, maka pelankan mobil hingga berhenti.


Setelah berhenti sempurna tunggu 1 sampai 1,5 detik baru geser tuas transmisi dari D ke posisi R. Saat memindahkan gigi ini pedal rem tetap diinjak oleh kaki kanan. Kemudian injakan kaki di pedal rem diangkat sedikit-demi sedikit, mobil pun akan bergerak mundur perlahan. Di sini Anda tidak perlu menekan pedal gas, biarkan mobil mundur perlahan.

Mobil Matic, sumber Honda

Mobil Matic, sumber Honda

Untuk berhenti, ada dua keadaah juga. Jika berhentinya hanya sesaat, tuas bisa tetap di posisi D sambil kaki tetap menekan pedal rem. Namun, bila berhenti cukup lama, sebaiknya geser tuas ke posisi N dan tarik rem parkir (rem tangan) agar mobil tidak bergerak. Jika ingin berjalan kembali pindahkan tuas ke posisi D sebagaimana untuk memajukan mobil.


Jika Anda memerlukan tenaga untuk berakselerasi seperti menyalip kendaraan, Anda bisa kick down (menekan habis) pedal gas. Atau, ubah posisi gigi hingga putaran mesin berada di titik torsi dan tenaga optimal dengan cara menggeser tuas dari D ke 3. Bila dilengkapi, bisa juga dengan overdrive off (OD/OFF) atau memanfaatkan mode manual.


Ketika melewati tanjakan, sebaiknya gunakan gigi rendah seperti 2 atau 1 (L). Jika melewati tanjakan dengan tuas D dan tenaga mesin mobil matic perlahan berkurang, maka Anda bisa geser tuas ke posisi 3 atau D3. Bila tenaga masih berkurang lagi, geser lagi tuas dari D3 ke 2. Kalau masih kurang juga, geser lagi dari 2 ke 1 atau L.


Itu dia beberapa hal tentang cara atau tips mengendarai mobil matic bagi pemula. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mengemudi dengan baik. Simak juga perbedaan perawatan mobil matic dan manual di kursus otomotif Jogja.

Berbagai Jenis Ban Sepeda Motor yang Penting Untuk Diketahui

Sebagai pengguna kendaraan roda dua, seberapa Anda mengetahui informasi seputar kendaraan Anda? Apalagi jika sebagai montir yang mengikuti kursus otomotif. Tentu lebih banyak lagi informasi yang perlu Anda ketahui. Sudahkah Anda mengetahui jenis ban motor?


Ternyata ban motor yang digunakan untuk kendaraan roda dua bukan hanya sekedar terdiri dari banyak merk. Ban motor ini memiliki jenis-jenis yang dibedakan berdasarkan penggunaannya. Hal ini salah satunya tampak dari motif alur ban yang terlihat. Apa saja jenis ban pada sepeda motor?

Jenis Ban Motor

Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, memiliki jenis ban yang digunakan. Penentuannya berdasarkan penggunaan kendaraan misalnya pada medan jalanan perkotaan yang relatif rata dan halus atau digunakan pada medan yang lengket berlumpur. Untuk jenis ban motor, berikut beberapa jenis yang perlu Anda ketahui.

1. Ban Cruiser

Tahukah Anda jenis ban motor yang standar digunakan oleh kendaraan roda dua? Ternyata disebut dengan ban cruiser. Jenis ban motor yang satu ini menjadi andalan untuk motor bebek di jalanan yang biasa. Motir alur bannya berpola garis-garis yang tidak rumit karena memang didesain untuk mudah melintasi medan jalan biasa.


Jadi jika Anda adalah seorang pengendara motor bebek sehari-harinya, ban cruiser adalah ban yang Anda gunakan. Apabila harus menggantikan ban karena rusak, Anda bisa mengatakan kepada penjual ban atau montir dengan sebutan cruiser.

Ban Motor Touring, sumber Eksimotor

Ban Motor Touring, sumber Eskipaper

2. Ban Scooter

Bagaimana dengan pengguna motor matic? Bisa saja pengguna matic menggunakan ban cruiser juga sebagaimana motor bebek. Namun untuk tipe scooter, ban rekomendasi atau standar yang digunakan yaitu ban scooter. Ukuran diamater ban scooter lebih kecil dibandingkan dengan cruiser.


Meskipun lebih kecil secara ukuran, dari sisi kekuatan menanggung beban serta cengkeramannya ban scooter tidak kalah dengan cruiser. Untuk alur motif bannya relatif hampir sama dengan motif ban cruiser.

3. Ban Touring

Kendaraan touring adalah kendaraan yang digunakan dalam waktu yang lama terus menerus tanpa berhenti. Karena itu, tipe ban yang dibutuhkan untuk kendaraan jenis ini adalah tipe ban yang keras serta memiliki temperatur yang stabil lebih lama (tidak mudah panas dengan cepat). Selain itu cengkeramannya juga bagus. Inilah tipe ban touring.


Bagi Anda yang memiliki kendaraan touring misalnya seperti sepeda motor Harley Davidson, jenis ban motor yang digunakan adalah tipe yang satu ini. Karetnya yang keras serta memiliki ketahanan yang tinggi untuk digunakan terus menerus sebagaimana aktivitas touring yang berjalan ke tujuan yang sangat jauh.

4. Ban Sport

Motorsport merupakan tipe kendaraan selain matic dan bebek yang juga ramai dikendarai. Motorsport juga dikendarai untuk tujuan jarak jauh sebagaimana touring namun dapat menambah kecepatannya pada lintasan yang lurus. Untuk aktivitas berkendara seperti ini dibutuhkan ban tipe sport, yaitu ban khusus untuk motorsport.

Ban Motor Racing, sumber Line Today

Ban Motor Racing, sumber Line Today

Bagaimana ciri khas tipe ban untuk motorsport? Kekerasan karetnya bisa dikatakan sama saja dengan ban untuk motor touring. Namun daya cengkramnya memang lebih kuat untuk jalanan yang rata. Daya cengkram inilah yang menjadikannya stabil untuk menambah kecepatan pada track jalanan yang lurus.

5. Ban Semi Slick

Dari tipe ban untuk motorsport, ternyata masih ada yang kurang. Yaitu temperatur yang meningkat dengan cepat saat digunakan pada kecepatan yang tinggi. Karena itu, terdapat juga ban semi slick yang biasanya digunakan untuk motorsport dengan bobot cc yang lebih besar.


Kendaraan cc besar mampu menanggung beban berkendara yang berat serta kecepatan yang lebih tinggi. Jika menggunakan tipe ban motorsport biasa, maka saat digunakan pada kecepatan yang tinggi suhu ban akan meningkat sehingga perlu diistirahatkan. Dengan tipe ban semi slick masalah naiknya temperatur ini bisa dihindari.

6. Ban Dry Racing

Untuk jenis ban motor dry racing ini bukanlah jenis yang sembarang digunakan di jalanan biasa. Ban ini khusus diperuntukkan bagi para pembalap pada track balapan saja. Dry racing adalah balapan yang dilakukan ketika kondisi jalan kering misalnya saat cuaca cerah.


Untuk tingkat kekerasan ban, jenis dry racing ternyata sedikit lebih empuk. Hal ini diyakini dapat menambah daya cengkeram saat pembalap melakukan manuver pada kecepatan tinggi. Namun karena lebih empuk, penggunaannya biasanya tidak lama seperti hanya untuk satu balapan sekali pemakaian saja.

Ban Motor Bebek, sumber Moladin

Ban Motor Bebek, sumber Moladin

7. Ban Wet Racing

Ban wet racing adalah ban yang digunakan untuk track balapan juga secara khusus dan tidak layak digunakan untuk jalanan biasa. Perbedaannya adalah pada momen balapannya, dimana wet racing adalah balapan pada kondisi track yang basah misalnya saat kehujanan. Inilah jenis ban wet racing.


Perbedaannya dengan jenis ban dry racing adalah pada bentuk alur ban. Bentuk alur ban wet racing memungkinkan mengalirkan air sehingga tidak terpeleset saat sedang berkendara. Jadi pembalap tidak khawatir akan slip atau terpeleset. Namun terpeleset atau tidaknya ini juga bergantung pada skill balapan bukan hanya jenis bannya saja.

8. Ban Off Road

Off road adalah kondisi jalanan yang berbeda dengan jalan pada umumnya. Jalanan pada umumnya relatif rata dan seringnya merupakan aspal atau semen yang rata. Untuk jalanan di luar kondisi yang standar ini disebut dengan off road misalnya jalanan pasir, lumpur dan jalanan tanah berbatuan.


Karena itu terdapat jenis ban off road yang secara khusus digunakan untuk jalanan yang semacam ini. Tampak alur atau motif ban yang terdapat tonjolan dan bentuknya yang kotak-kotak. Motif ban semacam ini akan kuat pada jalanan pasir, berlumpur bahkan berbatu yang tajam sekalipun.


Itu dia jenis ban sepeda motor yang digunakan untuk berbagai kondisi jalanan serta tipe kendaraan motor roda dua. Semoga ulasan ini dapat memperkaya Anda dengan wawasan seputar otomotif. Simak terus berbagai informasi lainnya di halaman website kursus otomotif.

Sudah Tahu Daftar Mobil Terlaris di Indonesia 2021? Simak Berikut Ini!

Berbicara mobil terlaris, di Indonesia sendiri antara mobil terlaris 2020 dan mobil terlaris 2021 berbeda. Bahkan dalam setiap tahun, kedudukan mobil terlaris di Indonesia bisa berubah-ubah. Mengetahui mobil yang paling laris di pasaran pun tidak semudah hanya melihat mobil yang sering tampak di sekitar kita.


Belum lagi kita berbicara mobil terlaris di dunia, pastinya bisa berbeda dengan apa yang sering digunakan di Indonesia. Indonesia sendiri termasuk pasar mobil yang besar juga diantara berbagai negara yang ada di dunia. Lantas, apa mobil terlaris di Indonesia tahun 2021 ini? Simak berbagai ulasan yang ada di bawah ini.

Tipe Mobil

Sebelum melihat daftar mobil terlaris di Indonesia, sebagai peminat di bidang otomotif tidak ada salahnya untuk mengenal seputar tipe atau jenis mobil yang pernah ada hingga kini. Karena semua sudah pasti mengerti bahwa jenis mobil berbeda-beda satu sama lain. Namun apakah Anda sudah mengetahui semua jenis mobil yang digunakan hingga saat ini?

1. Mobil Penumpang

Jenis mobil pertama yang paling umum diketahui sudah jelas, adalah mobil penumpang. Karena memang kendaraan ini diproduksi untuk menganngkut penumpang. Mobil penumpang ini disebut juga multipurpose vehicle (MPV).


Selain yang paling sering digunakan, minivan juga merupakan mobil angkut penumpang. Mobil penumpang didesain untuk mengangkut penumpang namun masih terasa lega serta terdapat tempat untuk mengangkut sedikit barang. Biasanya mobil penumpang biasa akan mengangkut hingga 7 penumpang sedangkan minivan bisa hingga 12 penumpang.

Toyota Avanza, sumber Carmudi

Toyota Avanza, sumber Carmudi

2. Mobil Sport

Jika pada bahasannya sebelumnya dibahas mobil penumpang, mobil sport sebenarnya juga merupakan mobil penumpang. Namun sekilas tampak kedua jenis mobil ini berbeda misalnya dari sisi ukurannya serta power mesinnya. Karena meskipun digunakan sebagai angkutan penumpang, keduanya memang berbeda.


Mobil penumpang biasa misalnya, didesain untuk melintasi jalanan perkotaan yang relatif bagus dan tidak perlu lincah. Sebaliknya, mobil sport dirancang mampu untuk melintasi off road atau di luar jalanan kota serta lincah untuk melintas di berbagai medan.

3. Hatchback

Bagi Anda yang ingin lebih fleksibel pada jalanan yang ukurannya pas-pasan namun masih dapat mengangkut penumpang dan barang, jenis mobil hatchback adalah jawabannya. Memang ada diantara konsumen kendaraan yang lebih cenderung pada mobil kecil sebagaimana hatchback ini. Apa yang dimaksud hatchback?


Biasanya, mobil didesain dengan keberadaan mesin di bagian depan, tempat penumpang dan bagasi dibagian belakang. Mobil hatchback memiliki tempat penumpang dan bagasi yang tergabung menjadi satu. Selain itu, jumlah penumpang maksimal biasanya hanya 4 orang saja.

4. Sedan

Sedang adalah kendaraan yang didesain rendah namun tetap dalam format mesin di bagian depan, tempat penumpang di tengah serta dilengkapi dengan bagasi di bagian belakang. Karena kendaran ini rendah, biasa saja menjadi tidak cocok bagi orang yang berbadan tinggi atau berkaku panjang. Maksimal kendaraan ini mengangkut 5 penumpang.

Generated by pixel @ 2021-08-30T14:40:03.670565

Mobil Hatchback, sumber Motoring

5. Wagon

Wagon sebagaimana sedang merupakan kendaraan yang rendah. Namun atap kendaraan ini diperpanjang hingga bagian bagasi sehingga antara tempat penumpang dan bagasi menjadi satu. Meskipun tampak hampir sama dengan hatchback namun, biasanya memiliki 4 pilar jendela dimana hatchback biasanya hanya memiliki 3 pilar jendela.

6. Convertible

Jenis mobil convertible merupakan jenis mobil yang berukuran kecil layaknya sedan namun dengan bagian atap yang dapat diubah-ubah menjadi kendaraan tertutup ataupun terbuka. Pada umumnya, jenis mobil convertible memiliki dua tipe, yaitu convertible soft top dan hard convertible. Keduanya memiliki perbedaan dari segi bahan yang digunakan. Soft top menggunakan bahan kanvas atau vinyl untuk atapnya, sedangkan hard top didesain sama dengan bahan bodi mobil.

7. Coupe

Mobil coupe merupakan jenis mobil yang didesain dengan ukuran kecil menyerupai sedan namun hanya memiliki 2 buah pintu dan jok penumpang. Namun, beberapa jenis juga memiliki empat jok penumpang.

8. Double Cabin

Mobil double cabin merupakan gabungan SUV dan pick-up yang didesain memiliki bagasi terbuka layaknya pick-up namun tetap dapat memuat penumpang sedikitnya 4 hingga 5 orang. Mobil ini didesain tangguh, bertenaga dan bagasi yang luas yang akan cocok dipakai di segala medan.

Mobil Terlaris

Sekarang waktunya kita melihat daftar mobil terlaris di Indonesia. Mobil terlaris 2021 di Indonesia dari berbagai jenis mobil yang diperjual belikan di Indonesia bisa jadi tidak seperti yang Anda bayangkan. Biasanya kebanyakan orang menyebut Avanza, namun silahkan lihat terlebih dahulu daftar berikut ini menurut data kompas.

Mitsubishi Expander, sumber Carmudi

Mitsubishi Expander, sumber Carmudi

  1. 1. Mitsubishi Xpander 5.026 unit
  2. 2. Toyota Avanza 4.675 unit
  3. 3. Honda Brio 3.317 unit
  4. 4. Toyota Rush 3.228 unit
  5. 5. Toyota Kijang Innova 2.719 unit
  6. 6. Toyota Calya 2.026 unit
  7. 7. Toyota Raize 1.431 unit
  8. 8. Mitsubishi Pajero Sport 1.376 unit
  9. 9. Daihatsu Sigra 1.369 unit
  10. 10. Daihatsu Ayla 1.216 unit


Data diatas merupakan hasil penjualan hingga bulan Mei 2021. Meskipun di tengah pandemi, ternyata penjualan mobil tetap laris dan ternyata Mitsubishi Expander menjadi yang teratas. Menurut Anda, apakah mobil terlaris ini menggambarkan selera masyarakat Indonesia atau merupakan kebutuhan?


Itu dia ulasan seputar berbaga mobil yang penjualannya terlaris di Indonesia pada tahun 2021. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat untuk Anda. Bagi yang berminat untuk mempelajari dan kursus keahlian otomotif, silahkan kunjungi Kursus Otomotif Jogja. Tunggu pendaftaran untuk siswa gelombang selanjutnya.

Liputan Khusus Acara Pembukaan Program Kursus Mekanik Mobil Angkatan ke -17

Menjadi seorang mekanik mobil yang handal adalah cita-cita sebagian orang. Berbeda dengan gelar sarjana, seorang mekanik mobil membutuhkan jam terbang praktik yang cukup sehingga dapat disebut handal. Kursus otomotif Jogja baru saja meresmikan pembukaan angkatan baru pendidikan mekanik mobil.


Gaji mekanik mobil memang berbeda-beda berdasarkan tempat kita bekerja. Namun skill seseorang pasti akan berbeda bergantung pengalaman dan pembelajarannya. Sehingga, meskipun dengan gaji mekanik mobil yang beragam memiliki skill melalui kursus otomotif adalah yang paling penting.

Program Mekanik Mobil Speedplus

Speedplus adalah lembaga kursus otomotif di Jogja yang sudah berpengalaman meluluskan mekanik-mekanik untuk berbagai kendaraan bermotor. Sebelum mencari loker mekanik mobil, mengikuti kursus memang sebaiknya dilakukan. Tanpa kursus, jaminan skill seorang mekanik menjadi sulit dipertanggungjawabkan.

foto 2 SPEEDPLUS pembukaan program

Peserta Program Kursus Mekanik Mobil Angkatan ke-17, sumber SpeedPlus

Speedplus telah berpengalaman menangani siswa yang siap untuk menjadi mekanik handal melalui program kursus mekanik mobil yang dimilikinya. Speedplus memiliki instruktur yang berpengalaman serta bengkel praktik yang memadai dan menjadi gambaran yang lebih dekat dengan dunia kerja. Program mekanik mobil ini-pun telah berjalan hingga angkatan ke-16.


Setelah menangani 16 angkatan siswa program mekanik mobil, tahun ini speedplus juga telah memulai ajaran baru program mekanik mobil angkatan ke-17. Dengan dimulainya tahun ajaran baru ini, diharapkan akan semakin bertambah mekanik yang siap ditampung di berbagai lowongan kerja mekanik mobil di seluruh Indonesia. Karena, siswa angkatan ke-17 berasal dari berbagai daerah mulai dari Aceh hingga Maluku.

Acara Pembukaan Program Mekanik Mobil Angkatan ke-17

Sekilas kami akan bagikan bagaimana antusias para siswa angkatan ke-17 pada pembukaan program mekanik mobil yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu. Acara berjalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebagian siswa tetap berada di daerahnya untuk mengikuti secara daring oleh karena belum tiba di Yogyakarta.


Bekerja sama dengan Antibios Lab, seluruh peserta yang hadir dalam pembukaan program ini di tes swab antigen. Termasuk seluruh pihak yang berkontribusi, baik peserta maupun panitia pelaksanaan dalam keadaan sehat dengan hasil negatif. Dengan ini acara dapat berlangsung sesuai protokol kesehatan.


Kemudian untuk tanda peresmian sebagai siswa, dibagikan seragam kursus serta alat tulis, modul dan blocknote untuk menyimak agenda pemaparan materi yang menjadi bagian dari pembukaan program kursus. Agenda terdiri dari pembukaan acara, sambutan-sambutan, pemaparan materi, perkenalan tim dan ditambah dengan quiz dan doorprize agar peserta tetap semangat hingga penutupan acara berlangsung.

Kursus Mekanik Mobil, sumber SpeedPlus

Kursus Mekanik Mobil, sumber SpeedPlus

Perbedaan Mekanik dan Montir

Sebagian dari Anda para pembaca yang mungkin masih awam dengan berbagai urusan perbengkelan. Namun sebagian orang merasa bahwa dunia bengkel merupakan hal menarik untuk terus dipelajari dan diperhatikan. Misalnya saja para siswa mekanik mobil di speedplus. Pasti mereka termasuk orang yang paling tertarik dengan dunia otomotif.


Setidaknya ada dua istilah yang sering digunakan untuk menyebut hal yang sama di bengkel. Yaitu antara montir dan mekanik. Semua yang bertugas untuk mengerjakan perbaikan kendaraan selalu disebut montir dan mekanik. Namun ternyata kedua istilah ini memiliki pengertian yang berbeda.


Perbedaan istilah montir dan mekanik ini lumayan jauh juga ternyata. Montir merupakan seorang yang mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan mesin. Sedangkan mekanik adalah orang yang ahli dalam urusan mesin termasuk mampu melakukannya.


Jadi, seorang montir mobil adalah orang yang mengerjakan perbaikan, perawatan dan pemasangan. Montir diarahkan agar mengetahui apa yang harus dilakukan. Yang mengarahkan pekerjaannya adalah mekanik, karena lebih berpengalaman dan memahami prinsip pekerjaan montir.


Memilih Kursus Mekanik Kendaraan Montir


Perlu kemampuan untuk mengerjakan perbaikan, perawatan dan pemasangan alat pada kendaraan. Berbeda dengan mekanik, bukan cuma mengetahui cara mengerjakannya namun juga mengerti konsep atau ilmu yang berkaitan dengan kerja kendaraan serta bagian-bagiannya. Karena itu, seorang mekanik perlu mengikuti kursus mekanik mobil, motor atau kendaraan pada umumnya.

Peserta Program Angkatan ke-17, sumber SpeedPlus

Peserta Program Angkatan ke-17, sumber SpeedPlus

SpeedPlus sudah berpengalaman lebih dari 10 Tahun mengelola pelatihan yang hanya fokus di bidang otomotif, dan kami adalah lembaga Pelatihan resmi yang terdaftar di kementrian tenaga kerja yang sudah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Nasional No. 877/LA-LPK/VI/2019.


Pelatihan Mekanik Mobil di SpeedPlus selalu update dalam menggunakan media praktek teknologi terbaru dengan pilihan programnya yang lengkap. Dengan sistem pelatihan 20% teori dan 80% praktek disini kalian akan mendapatkan materi pelatihan dari Engine, Chasis dan Powertrain, Electrical Engine dan Electrical Body.


Dari awal berdiri hingga saat ini (9 tahun) Speed Plus sudah meluluskan kurang lebih 900 siswa baik sebagai Mekanik Motor maupun Mekanik Mobil. Alumni Speed Plus tersebar di seluruh Indonesia, sebagian bekerja sebagai mekanik di bengkel/perusahaan otomotif, sebagian berwirausaha dengan membuka bengkel baik motor maupun mobil, dan sebagian lagi memilih bekerja tidak sesuai bidang-nya.


Bagi Anda yang tertarik dengan program SpeedPlus, lembaga kursus mekanik kendaraan terkemuka, silahkan menghubungi nomor kontak atau langsung mendatangi alamatnya di Jogja. Kelebihan menjalani kursus di Jogja adalah karena daerah ini sangat ramah dengan para pelajar dari sisi pembiayaan sehari-hari. Kunjungi SpeedPlus di alamat Jl. Glagahsari no. 122 atau kontak ke 081252728282 dan 081229236336 bisa juga melalui email mail@kursusotomotif.com.


Itu dia berbagai informasi seputar kursus mekanik mobil untuk Anda. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda. Simak terus berbagai ulasan otomotif dan kursus mekanik di halaman website SpeedPlus. Sapa kami melalu nomor kontak atau kolom komenter. Terima kasih atau kunjungannya.

8 Tips Mencuci Motor Agar Bersih Maksimal

Meskipun sudah terdapat jasa atau layanan cuci motor di berbagai tempat, namun tips mencuci motor merupakan salah satu informasi yang wajib bagi pemilik kendaraan yang satu ini. Karena mencuci motor sendiri merupakan kesan yang bagus bagi pemilik kendaraan dalam merawat motor. Apakah Anda termasuk salah satunya?


Mencuci motor sendiri bukanlah kebiasaan yang mudah. Apalagi jika sudah dilakukan berulang-ulang secara rutin. Namun jika kita bisa termasuk salah satu yang mampu melakukan rutinitas ini, jangan sampai kelewatan informasi penting seputar tips mencuci motor agar bersih maksimal. Berikut tipsnya.

Tips Mencuci Motor

Memang layanan mencuci motor menjanjikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan. Namun, hendaknya kemudahan hanya sesekali saja. Jika kita mencuci motor sendiri, tentu akan lebih baik karena menjadi bentuk penghargaan terhadap milik kita yang bermanfaat dan menemani kita sehari-hari. Berikut tips mencuci motor agar bersih maksimal.

1. Persiapkan Peralatan Mencuci

Agar maksimal, tips mencuci motor yang sering dilewatkan adalah perlengkapan peralatan mencuci. Dimana, biasanya kita mempersiapkan alat seadanya saja. Padahal, peralatan mencuci motor ini memang tertentu. Meskipun begitu, tidak begitu repot untuk menentukannya.


Sebagai contoh yang mungkin sering terjadi dan mengakibatkan masalah misalnya peralatan gosok. Seringkali kita memilih kain seadanya saja tanpa mengerti bahan khusus yang diperlukan agar body motor tetap bagus dan tidak cepat lecet atau tergores. Lantas peralatan seperti apa yang diperlukan?


Simpel saja, mulai dari kanebo, spons yang lembut dan sikat yang lembut. Selain itu lebih bagus jika dapat menggunakan air bertekanan. Namun jika tidak bisa mengadakannya, air yang disiram menggunakan gayung sudah cukup.

Mencuci Motor, sumber Astra Motor

Mencuci Motor, sumber Astra Motor

2. Persiapkan Kendaraan Untuk Dicuci

Tips mencuci motor selanjutnya adalah mempersipkan kendaraan untuk dicuci. Mengapa penting untuk mempersiapkan kendaraan terlebih dahulu sebelum dicuci? Jawabannya adalah untuk menghindari segala kemungkinan yang merusak agar tidak terjadi pada saat motor dicuci. Misalnya, kendaraan yang baru digunakan lama untuk berkendara sebaiknya tidak langsung dicuci.


Namun sebaiknya ditunggu agar dingin terlebih dahulu. Karena mencuci dalam kondisi mesin masih panas memungkinkan terjadi masalah pada motor meskipun hal ini jarang terjadi. Hal ini mungkin terjadi karena motor memiliki material logam dan bagian listrik yang rentan rusak apabila disiram air pada saat masih panah atau aktif.

3. Basahi Kendaraan

Sebagian kesalahan yang juga mungkin terjadi saat mencuci kendaraan adalah apabila langsung menggosoknya dengan sabun tanpa terlebih dahulu dibahasi. Apa akibatnya jika kendaraan langsung disabun tanpa dibasahi terlebih dahulu? Bukankah sabun dapat membersihkan kotoran?

Motor yang dibasahi terlebih dahulu memungkinkan untuk melunakkan kotoran yang melekat dan kering. Sehingga apabila disabun langsung, bagian yang melekat dan kering ini seringkali tidak bisa bersih secara maksimal. Sedangkan jika dibasahi terlebih dahulu, maka kotoran yang kering dan melekat akan lunak dan hilang dibersihkan menggunakan sabun.

4. Gunakan Sabun yang Cocok

Tips mencuci motor selanjutnya adalah jangan sampai salah dalam menggunakan sabun. Memang semua sabun dapat membersihkan noda, misalnya detergen yang biasa digunakan untuk mencuci kain. Namun ternyata tetap saja ada perbedaan.

Sabun Cuci Motor, sumber Grid Oto

Sabun Cuci Motor, sumber Grid Oto

Perbedaannya terletak pada permukaan yang dicuci. Antara detergen bahkan sabun mandi, masing-masing merupakan pembersih namun pada permukaan yang berbeda. Nah, untuk body motor terdapat sabun khusus yang bisa membersihkan noda pada motor dengan maksimal.

Kotoran pada permukaan motor juga berbeda dengan kotoran yang terdapat pada permukaan lainnya. Terkadang motor terkenan percikan oli, debu yang mengeras, cat dan noda lainnya yang tidak dapat bersih jika sekedar menggunakan detergen biasan. Jadi, gunakan sabun pencuci motor.

5. Perhatikan Bagian Sempit

Untuk mencuci motor, kemudahannya salah satunya adalah saat menyiramnya. Permukaan motor licin dan memungkinkan air mengalir dengan mudah. Namun ternyata jika disirami begitu saja, ada bagian yang bisa saja ketinggalan. Misalnya bagian sempit pada motor.


Karena itu, menyirami dan menggosok dengan sabun memang perlu diposisikan dengan tepat. Misalnya pertama yang disirami dan disabun adalah bagian body atas, selanjutnya bagian dalam baru kemudian bagian belakang. Dalam hal ini, menyirami bagian dalam perlu dilakukan setelah motor dingin dan dalam keadaan mati.


Jika disiram saat masih hidup, bagian dalam motor terdiri dari mesih dan bagian listrik. Hal ini akan rentan menyebabkan kerusakan. Begitu pula saat menggosoknya dengan sabun, perlu diperhatikan agar tidak ada yang lepas pada bagian dalam motor apalagi rusak.

6. Bilas dengan Baik

Jangan lupa membilas bagian motor secara keseluruhan setelah motor digosok dengan sabun. Membilasnya dengan baik artinya memperhatikan agar setelah dibilas, sabun benar-benar hilang. Karena cairan sabun kadang masih berbusa dan tidak hilang dengan sekali siraman.

Wax Motor, sumber Western Motorcycle

Wax Motor, sumber Western Motorcycle

Apabila masih meninggalkan sabun meskipun telah dibilas, saat nanti motor dikeringkan akan terdapat bercak yang merupakan bekas sabun. Bekas sabun inipun dapat mengeras dan menjadi noda atau menyebabkan lengketnya debu sehingga mengotori kendaraan.

7. Keringkan Air

Setelah dibilas, pastikan motor dikeringkan dengan lap khusus yang dapat meyerap cairan secara maksimal. Salah satu lap khusus yang biasa digunakan adalah kanebo. Kanebo dapat menyerap air dengan sangat baik.

8. Finishing dengan Wax

Mengapa harus melakukan finishing? Secara keseluruhan apabila telah dicuci sebenarnya motor telah bersih dari noda. Namun finishing ini diperlukan agar tampilan motor dapat lebih tampak. Misalnya mengkilapkan warna asli motor. Caranya adalah dengan menggunakan wax atau semir.


Untuk menggunakan wax dan semir, memang perlu keahlian tambahan. Namun dapat dengan mudah dicontoh. Intinya memastikan agar wax atau semir tidak terlalu tebal dan berbekas. Jangan lupa setelah diwax atau disemir, diamkan sebentar agar mengering total sebelum kembali digunakan.


Itu dia 8 tips mencuci motor agar dapat bersih maksimal. Dengan mengetahui hal ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya dan membuang waktu untuk mengantre pada jasa cuci motor. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Inilah Perbedaan Perawatan Mobil Matic vs Manual

Mobil secara umum terbagi menjadi 2 jenis utama, yakni mobil bertransmisi manual dan automatic (matic). Mobil manual dan mobil matic memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengenali perbedaan keduanya tentu penting, apalagi bagi Anda yang hendak membeli mobil. Nah, untuk memilih mana yang lebih baik, maka perlu menyesuaikan juga dengan kebutuhan berkendara Anda. Simak beberapa perbedaannya berikut ini.

1. Harga

Bagi sebagian orang masalah harga biasanya jadi hal yang utama. Jika kita bandingkan, maka memang harga mobil bertransmisi automatic (matic) lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil manual. Selain itu, biaya perawatannya-pun terbilang akan lebih mahal mobil matic dibandingkan mobil manual. Hal tersebut bisa dilihat dari harga sparepart dan komponen lain yang ada di mobil tersebut.

2. Pengoperasian

Perbedaan yang paling utama antara mobil manual dan mobil matic adalah cara pengoperasiannya. Di dalam mobil manual terdapat 3 pedal, yaitu kopling, rem, dan gas. Sementara di dalam mobil matic hanya terdapata 2 pedal, yaitu rem dan gas.

Mobil Matic, sumber Suara.com


Saat mengoperasikan mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling. Sementara mobil matic, saat melakukan perpindahan gigi menggunakan alat yang bernama gearbox tidak perlu lagi menggunakan pedal kopling seperti mobil manual.

3. Konsumsi Bahan Bakar

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil bertransmisi matic dinilai lebih banyak meminum bahan bakar dibandingkan dengan transmisi manual. Beberapa orang berpendapat, ini disebabkan karena mesin mobil pada transmisi matic akan bekerja lebih berat dibandingkan dengan transmisi manual.

4. Akselerasi

Mobil matic memiliki transmisi yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga kebanyakan mobil manual memiliki transmisi yang lebih responsif diabandingkan dengan mobil matic. Dikarenakan transmisi yang lebih responsif inilah menyebabkan akselerasi mobil manual lebih cepat. Tak heran, jika mobil manual dirancang untuk digunakan sebagai mobil balap.


Namun karena perkembangan teknologi yang pesat, ada beberapa mobil matic yang dirancang dengan transmisi hampir sama dengan mobil manual. Biasanya mobil matic ini menggunakan sistem CVT (Continous Variable Transmission) dengan transmisi yang menggunakan belt sehingga ukuran rasionalnya dapat memendek dan memanjang secara halus.

5. Kenyamanan Saat Berkendara

Jika bicara mengenai kenyamanan berkendara, ini sifatnya subjektif karena bergantung selera dari setiap pengemudi. Setiap orang akan nyaman mengendarai mobil yang sesuai pilihan dan kebutuhannya. Secara umum, banyak orang lebih nyaman berkendara dengan mobil matic karena saat dikendarai tidak membutuhkan tenaga yang besar sehingga Anda tidak akan merasakan kelelahan.


Mobil matic memang menawarkan kemudahan dalam berkendara, namun belum tentu semua orang nyaman saat mengendarainya. Namun jika Anda menggunakan jasa supir, memilih mobil manual adalah rekomendasi terbaik karena konsumsi bahan bakarnya akan relative lebih irit.

Transmisi Matic vs Manual, sumber Grid Oto

6. Perawatan

Dari segi perawatan mobil, dana yang dikeluarkan untuk mobil matic lebih mahal dibandingkan mobil manual. Mobil matic dalam perawatannya membutuhkan bantuan teknisi di bengkel sedangkan perawatan mobil manual beberapa kasus bisa dilakukan sendiri.


Sejauh ini mobil matic memang sangat membutuhkan perawatan secara rutin bahkan bisa dibilang sering dibandingkan dengan mobil manual. Semua itu pasti mengeluarkan budget yang tidak sedikit, sehingga bagi Anda pemilik mobil matic setidaknya harus melakukan pengecekan rutin agar mobil matic yang dimiliki awet dan nyaman digunakan dalam kesehariannya. Jangan sampai terjadi kesalahan perawatan mobil.


Perawatan Mobil Matic dan Manual

Untuk Mengetahui lebih jelas perbedaan mobil matic dan manual dari sisi perawatannya, simak informasi berikut ini. Tentu saja karena perbedaan jenis mobil, akan berbeda pula perawatannya. Berikut ulasannya.

1. Rutin Memeriksa Dan Mengganti Oli Mesin

Ini merupakan hal wajib dalam setiap perawatan mobil matic dan manual secara berkala. Karena akan sangat fatal jika mesin mobil Anda kekurangan pelumas.

2. Pengecekan Rutin Valve

Untuk perawatan mobil matic, lakukan pengecekan rutin pada valve selain mengecek oli transmisi. Hal ini penting sekali mengingat valve merupakan komponen penting transmisi mobil matic. Terlebih jika sering digunakan dengan kasar dan terburu-buru.

3. Cek Oli Transmisi Mobil Matic

Oli transmisi berfungsi untuk melumasi persneling. Dianjurkan melakukan penggantian oli transmisi jika sudah mencapai 5000 km. Dan jika sudah menembus angka 20.000 km, dianjurkan untuk menguras oli mobil dan ganti baru.Mobil Manual, sumber Sumbar Pos

4. Filter Karburator

Untuk mobil manual, perhatikan filter karburator Anda. Inilah yang nanti jika dilupakan akan mengakibatkan mobil susah dihidupkan, bahkan Mogok. Terlebih untuk mobil-mobil tua keluaran 5 atau 10 tahun silam.

5. Kopling Dan Kampas Kopling

Jika tadi sudah kita bahas valve pada mobil matic, kini kita bahas perawatan mobil matic dan manual bagian kopling. Karena memang seringkali kopling ini menjadi masalah yang sering muncul. Bisa akibat usia dan pemakaian. Untuk perawatan mobil manual, kopling dan kampas memang harus diperhatikan. Rutin dicek dan juga diganti jika sudah aus. Mengingat benda ini menjadi inti transmisi mobil manual.

6. Timing Belt

Ini merupakan komponen mobil manual yang sangat penting. Berfungsi untuk meneruskan putaran roda gigi (transmisi) terhadap mesin. Kerusakan timing belt dapat dideteksi dengan bunyi dengungan keras saat Anda mengoperasikan mobil Anda. Bahkan sejak awal mesin dihidupkan. Jika sudah seperti itu, ada baiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk segera dilakukan pengecekan dan perbaikan.


Itu dia informasi seputar perbedaan perawatan mobil matic dan mobil manual. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Simak terus ulasan otomotif lainnya di halaman website kursus otomotif Jogja. Sampaikan pertanyaan, saran dan kritik melalui kolom komentar.

Aturan Modifikasi Kendaraan Mobil yang Perlu Diketahui

Pemilik kendaraan seperti mobil banyak sekali yang bukan sekedar menggunakan kendaraannya untuk berbagai manfaat. Ada juga pemilik kendaraan yang hobi karena memang suka dengan otomotif. Nah, penghobi otomotif ini bisa sampai melakukan modifikasi kendaraan mobil. Pasti Anda juga pernah mengetahui berbagai kendaraan yang dimodifikasi.


Namun pernahkah Anda melihat modifikasi kendaraan mobil yang begitu unik sehingga tampak sangat berbeda sekali. Terkadang memang terdapat pro dan kontra tentang modifikasi mobil ini misalnya dari sisi keamanannya. Lantas, seperti apa sebenarnya aturan modifikasi kendaraan itu?

Genre Modifikasi Mobil


Sebenarnya dari berbagai modifikasi kendaraan mobil ini bukan sembarangan tanpa konsep apapun. Dalam dunia modifikasi mobil, terdapat beberapa konsep yang dikenal hingga ke seluruh dunia. Nah, berikut genre atau aliran modifikasi mobil yang pernah ada.

Mobil Modifikasi, sumber Okezone


Japanese Domestic Market (JDM)


Aliran modifikasi pertama ini sangat popular di kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Selain itu aliran modifikasi kendaraan ini juga yang paling banyak digunakan daripada yang lainnya. Modifikasi ala JDM ini mempunyai ciri khas, yaitu menggunakan komponen-komponen yang berasal dari Jepang. Selain itu, biasanya bodynya dibuat lebih berwarna dengan tempelan-tempelan stiker khas tertentu. 


Ratrod dan Hotrod


Ratrod merupakan modifikasi kendaraan mobil menggunakan mobil klasik. Ratrod menonjolkan bagian mesin big blocknya dengan velg berwarna chrome dengan perpaduan ban berukuran besar yang dibuat keluar dari bodi. Sedangkan untuk Hotrod menggunakan mobil usang atau berkarat karena mengusung konsep mobil klasik tahun 50-an hingga 70-an.

Street Racing


Ciri khas dari modifikasi street racing ini terlihat sangat sporty ala mobil balap. Padahal hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Biasanya aliran modifikasi ini banyak digunakan oleh para pemilik mobil sedan agar terlihat semakin keren. Namun, seiringnya waktu aliran in juga sering digunakan untuk city car maupun hatchback.


Stance


Aliran Modifikasi stance dikenal dengan ground clearance yang sangat ceper. Sebab, modifikasi ini memang berfokus pada bagian kaki-kaki mobil, yaitu velg dan ban. Walaupun mobilnya dimodif ceper, tetapi tetap aman digunakan karena perpaduan dari modifikasi kaki-kaki mobil dengan bodi tidak kontras.


Hellaflush


Aliran modifikasi ini memiliki ciri khas dengan dimensi velg yang lebar dan juga besar dari standarnya. Penggunaan kaki-kaki ala hellaflush memang velg offset dengan ground clearance yang dibuat rendah alias sangat ceper. Aliran modifikasi ini memang berasal dari Amerika, namun banyak juga digunakan oleh pecinta modifikasi Indonesia.

Hotrod Car, sumber Drive Mag

VIP


Sesuai dengan namanya, modifikasi ini dilakukan untuk jenis-jenis mobil yang tergolong premium seperti Alphard, BMW, dan yang lainnya. Modifikasi ini dilakukan untuk menambahkan kesan mewah dari sebelumnya. Biasanya modifikasi yang dilakukan seperti penambahan interior mobil dengan mini bar, televisi berukuran besar dan furniture yang lainnya. Velg mobil untuk aliran ini biasanya cenderung besar dan memiliki warna yang elegan.


Camber


Modifikasi camber ini memiliki ciri khas mobil dengan roda yang keluar dari fender sehingga terlihat miring. Kemiringan ini sengaja diciptkan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel aligment). 


Retro


Aliran modifikasi retro ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil klasik. Sebab, memberikan kesan yang sangat vintage pada mobil kesayangan kamu. Bagi kamu pecinta mobil klasik, kamu bisa menggunakan aliran retro, yaitu aliran mobil yang lebih mengutamakan konsep orisinalitas pada setiap part mobilnya, baik itu bagian interior maupun eksteriornya.


Aturan Modifikasi Kendaraan


Karena dilakukan modifikasi, kendaraan misalnya mobil akan dirubah-rubah hingga tampak berbeda. Namun modifikasi kendaraan ini memiliki aturannya dimana apabila tidak sesuai aturannya maka akan memiliki dampak misalnya ancaman keselamatan. Nah, seperti apa aturan modifikasi kendaraan yang ada di Indonesia?


Peraturan mengenai modifikasi kendaraan bermotor tercantum pada Pasal 1, PP Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan. Pada peraturan itu dijelaskan bahwa modifikasi kendaraan bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut kendaraan bermotor.


Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rencang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor. Selain itu, bengkel yang berhak melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri.


Hal itu juga sudah diatur dalam Pasal 132 Ayat 5 dan 6, PP Nomor 55 Tahun 2012. 


Dijelaskan juga bahwa modifikasi kendaraan yang bisa dilakukan adalah:


1. Modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (sasis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi kendaraan bermotor tersebut.


2. Modifikasi mesin dilakukan dengan mengganti mesin dengan yang merek dan tipenya sama.


3. Modifikasi daya angkut hanya dapat dilakukan pada kendaraan bermotor dengan menambah sumbu bagian belakang tanpa mengubah jarak sumbu aslinya.  

Untuk aturan lainnya juga ada seperti uji kelayakan kendaraan setelah dilakukan modifikasi. Tentu hal ini tercantum dalam peraturan atau undang-undang yang berlaku. Namun belum sempat kami rangkum untuk artikel edisi kali ini.


Itu dia ulasan seputar modifikasi kendaraan mobil serta aturan modifikasi kendaraan bermotor yang berlaku di wilayah Indonesia. Jadi, kegiatan semacam ini meskipun sekedar hobi namun tetap diatur agar tetap aman dan tidak menimbulkan permasalah di masyarakat. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika kendaraan yang Anda miliki dimodifikasi jika sesuai aturan yang berlaku.


Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai ulasan otomotif lainnya di halaman kursus otomotif Jogja. Terima kasih atas perhatiannya.

Motor Lama Tidak Dihidupkan Akibat PPKM, Ini Tipsnya!

Di tengah situasi sekarang ini yang menerapkan pembatasan bahkan lockdown di sebagian tempat, membuat kita semakin jarang di luar rumah. Kendaraan seperti motor lama tidak dihidupkan karena tidak akan digunakan. Namun, apakah motor lama tidak dihidupkan ini tidak memiliki dampak?


Dari beberapa contoh yang ada, motor lama tidak dihidupkan memiliki dampak. Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi sehingga motor harus masuk bengkel. Namun sebenarnya, ada pula cara untuk mencegah kerusakan jika motor lama tidak dihidupkan.

Dampak Motor Lama Tidak Digunakan

Apa yang mungkin terjadi pada motor lama tidak dihidupkan? Mungkin sebagian dari pengguna motor tidak pernah mendengar hal ini. Karena bisa saja, motor yang sudah lama tidak dihidupkan ini masih bisa dipakai kembali. Atau jika mengalami masalah langsung dibawa ke bengkel motor.


Untuk lebih memahami seputar motor, meskipun bukan sebagai montir kursus otomotif, tidak ada salahnya untuk mengenal berbagai hal seputar kendaraan roda dua ini. Dengan begitu, kita akan lebih menghargai kendaraan yang kita miliki ini dan mampu merawatnya dengan baik. Lantas, apa dampak motor yang lama tidak digunakan?

Motor Sulit Dinyalakan, sumber IDN Times

Motor Susah Dihidupkan, sumber IDN Times

Dampak yang pertama dan paling sering terjadi adalah kerusakan baterai atau aki motor. Hal ini dikarenakan aki motor tetap saja menyuplai arus meskipun kecil ke beberapa komponen motor meski dalam keadaan tidak dihidupkan. Untuk digunakan sehari-hari, hal ini tidak menimbulkan masalah.


Namun akan berbeda jika motor lama tidak dihidupkan seperti berbulan-bulan. Suplai arus kecil ini dapat menyebabkan aki menjadi soak sehingga rusak. Karenanya, saat Anda akan menggunakannya kembali, Anda harus menggantinya dengan aki yang baru. Hal ini tentu saja tidak murah.


Selain berdampak pada aki, motor lama tidak dihidupkan juga dapat berdampak pada bagian mesin yaitu ada tangki bahan bakar. Hal ini terjadi jika motor lama tidak dihidupkan sedangkan tangki bahan bakar terisi. Nah, apa yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin?


Sebagaimana diketahui, tangki bahan bakar berisi benda cair yaitu bensin atau bahan bakar itu sendiri. Namun bahan bakar ini tidak sama seperti air yang jika dibiarkan lama relatif tidak berubah zatnya. Bahan bakar yang dibiarkan lama di dalam tangki terkadang menimbulkan endapan yang nantinya menjadi kotoran pada fuel pump sehingga berdampak pada mesin jika dihidupkan.


Bahan bakar yang dibiarkan lama berbulan-bulan apalagi tahunan juga dapat mengakibatkan turunnya nilai oktan. Sebagaimana yang mungkin pernah kita ketahui, turunnya kadar nilai oktan tidak baik bagi performa pembakaran. Hal ini akan berdampak pada kelangsungan mesin motor Anda.

Aki Pada Sepeda Motor, sumber Otosia

Aki Pada Sepeda Motor, sumber Otosia

Tips Untuk Motor Lama Tidak Dihidupkan

Lantas seperti apa tips jika motor lama tidak dihidupkan? Beberapa diantara tips ini dapat mencegah kerusakan apabila motor Anda lama tidak digunakan. Namun terkadang untuk melakukannya, Anda sudah harus terbiasa membuka bagian motor sendiri.

1. Melepas Terminal Aki

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan di atas, bahwa aki yang terpasang masih tetap akan memberikan suplai arus listrik. Namun hanya suplai arus listrik yang kecil, sehingga tidak masalah jika hanya tidak dipakai sementara. Jika akan lama tidak dipakai, sebaiknya lepas terminal aki.


Untuk motor tertentu, tidak mudah untuk mengetahui di mana letak akinya bagi para pemula yang sama sekali belum berpengalaman. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan para montir yang berada di sekitar Anda. Jika montir tersebut dapat dipanggil dengan layanan bengkel online, maka mereka bisa membantu Anda langsung.

2. Mengosongkan Tangki Bahan Bakar

Dari masalah atau dampak yang mungkin terjadi akibat motor lama tidak dihidupkan, pada tangki bahan bakar setidaknya ada dua dampak. Yaitu endapan bahan bakar yang dapat menghambat fuel pump dan juga nilai oktan yang turun. Hal ini tidak baik bagi mesin kendaraan saat dihidupkan. Bayangkan, perawatan mesin motor dapat berbiaya mahal dan memakan waktu lama.


Karena itu, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah yang diakibatkan bahan bakar pada tangki, yaitu mengosongkan tangki bahan bakar pada motor yang akan lama ditinggalkan. Nah, bagaimana cara mengosongkan tangki bahan bakar sendiri?

Tangki Bahan Bakar, sumber Otosia

Tangki Bahan Bakar, sumber Otosia

Ada langkah gampang dan sederhana yaitu dengan cara bensin disedot keluar dulu pakai slang sampai benar-benar habis. Lalu sisa bensin yang masih ada dikeluarkan dengan bantuan udara bertekanan dari kompresor. Tentu saja, jarang bagi kita pemilik motor untuk memiliki kompresor sendiri.


Agar menghindari kerusakan, daripada melakukannya sendiri maka lebih baik berkonsultasi kepada montir di sekitar Anda.

3. Cek Oli Mesin Sebelum Kembali Dihidupkan

Tips yang selanjutnya ini adalah jika motor akan dihidupkan kembali setelah motor lama tidak dihidupkan. Karena terkadang kerusakan memang ada akibat tidak memperhatikan beberapa bagian setelah motor lama tidak digunakan. Nah, salah satunya adalah oli mesin.


Dimungkinkan oli mesin dapat berubah atau bahkan berkurang karena motor lama tidak dihidupkan. Biasanya, cara memeriksanya mudah, yaitu dengan membuka penutup oli pada mesin. Penutup ini bentuknya stik sehingga batas volume oli dapat terlihat apakah sudah berkurang atau tidak dan warna oli pun tampak apakah masih bagus atau tidak.


Nah, itu dia beberapa informasi jika mengalami kejadian motor lama tidak dihidupkan oleh karena tidak digunakan. Semoga tips yang juga tersedia di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Simak terus berbagai ulasan seputar otomotif di situs kursus otomotif Jogja. Berikan komentar Anda.