Tampil Beda Dengan Macam Macam Aksesoris Motor berikut

Tampil Beda Dengan Macam Macam Aksesoris Motor Berikut

Keberadaan macam macam Aksesoris motor dalam pasar dan industri otomotif agaknya semakin hari semakin berkembang dan juga beragam. Meski demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaannya bagi sebagian orang bisa jadi tidak terlalu penting. Namun, berbeda halnya untuk para bikers atau pecinta otomotif secara umum, dan secara khusus pecinta modifikasi. Sebab, keragaman aksesoris tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kenyamanan berkendara.


Kenyamanan berkendara tentu saja menjadi satu aspek penting di samping aspek keamanan. Dan hal ini justru kerap kali ditunjang dengan sejumlah aksesoris pendukung. Sebut saja aksesoris pendukung berupa shockbreaker yang berfungsi untuk meningkatkan performa pengendalian motor.


jadi, persoalan aksesoris tidak hanya bicara tentang tampilan yang lebih menarik, tapi juga bicara soal kenyamanan dan juga keamanan berkendara. Oleh karena, Kami rangkum untuk Anda beberapa aksesoris motor berikut.

Modifikasi motor dengan berbagai aksesoris selalu menjadi hal menyenangkan. Sumber: unsplash.com

Modifikasi motor dengan berbagai aksesoris selalu menjadi hal menyenangkan. Sumber: unsplash.com

Macam Macam Aksesoris Motor Pendukung Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Tanpa perlu berlama-lama, di bawah ini merupakan lima daftar aksesoris motor yang telah dirangkum dari berbagai sumber terpercaya, dan wajib kamu miliki diantaranya, yaitu:

1. Side Box

Aksesoris yang pertama ada Side Box. Side box ini memiliki fungsi sebagaimana Box Part, yaitu sebagai tempat penyimpanan berbagai macam barang bawaan selama berkendara. Untuk jarak pendek perannya mungkin tidak begitu signifikan. Baru akan sangat signifikan jika jarak tempuh perjalanan relatif jauh.


Maka tidak mengherankan jika aksesoris yang satu ini banyak kita jumpai digunakan pada sepeda motor touring dengan penempatan di bagian belakang. Sebab, selain memberikan perlindungan optimal untuk berbagai peralatan dan bawaan, juga bisa menjadi semacam sandaran.

2. Lampu LED

Berikutnya ada Lampu LED. Jenis aksesoris lampu yang satu ini mungkin bagi sebagian pengguna motor sudah sangat familiar. Sebab, penggunaannya memang sudah cukup jamak. Mengingat lampu LED yang tidak hanya mampu memberikan penerangan jalan, namun juga bisa bertahan 25 kali lipat dari lampu motor normal.


meski demikian, penggunaan daya yang lampu ini bisa dibilang tidak begitu besar. Bahkan sebaliknya. Itulah mengapa lampu LED mampu bertahan lebih lama, dan nyaman digunakan untuk menyusuri jalan di malam hari.

Efektifitas lampu meerupakan aspek penting berkendara. Sumber: unsplash.com

Efektifitas lampu meerupakan aspek penting berkendara. Sumber: unsplash.com

3. Charger USB

Tidak hanya bisa kita dapati di moda mobil, pada motor juga bisa kita lengkapi dengan charger USB. Aksesoris yang satu bahkan menjadi sangat  penting untuk para bikers yang kerap melakukan touring antar pulau.Ketersediaan akan kebutuhan daya menjadi sangat krusial.


Dengan ketersediaan daya, Anda akan sangat terbantu dalam pengoperasian navigasi GPS, dan keperluaan sejenis. Yang mana jika daya habis, tentu akan sangat merepotkan jika harus berkali-kali berhenti  hanya untuk sekedar mengisi daya.

4. Cover

Sesuai dengan namanya, cover merupakan aksesoris pelindung motor.    Cover berguna untuk melindungi motor dari panas, debu, sampai dengan hujan. Fungsi aksesoris ini kian penting bagi Anda yang memang tidak atau belum memiliki  garasi khusus untuk motor.


Bahkan, dalam artian yang lebih luas, fungsi perlindungan cover ini juga berlaku untuk kasus incaran pencurian motor. Setidaknya, dengan kondisi tertutup, motor tidak begitu mencolok.

5. Tabung Master Rem

Berikutnya ada aksesoris tabung master rem. Aksesori motor yang satu ini merupakan peranti yang membuat tampilan motor semakin menarik. Tidak hanya segi tampilan, tabung master rem juga berfungsi memberikan kinerja yang lebih konsisten saat berkendara.


Saat Anda menginjak rem, saluran rem karet akan sering mengembang di bawah tekanan yang yang ada. Dengan pemuaian tersebut, sedikit banyak akan berdampak pada peregangan selang karet dalam jangka panjang. Hal ini tentu akan mengurangi kinerja yang dibutuhkan.


Oleh karena itu, penggunaan tabung master rem sangat dibutuhkan, khususnya untuk Anda yang memang rutin beraktivitas menggunakan motor, terlebih aktivitas touring.

6. Fairing

Fairing juga merupakan salah satu komponen yang banyak disukai oleh pemotor pria. Fairing ini adalah bagian penutup depan sepeda motor (body fairing) yang banyak digunakan pada motor sport. Selain berfungsi sebagai pendukung dalam hal penampilan motor agar semakin menarik dan terlihat berisi.

7. Rem Cakram

Penggunaan rem cakram juga bisa kita jumpai di banyak sepeda motor. pasalnya, rem cakram sejauh ini memang menjadi salah satu aksesoris motor yang banyak digandrungi. Selain menjadi salah satu fitur keselamatan bagi sepeda motor, juga memiliki kekhasan tersendiri bagi tampilan sepeda motor.

Rem cakram motor. Sumber: unsplash.com

Rem cakram motor. Sumber: unsplash.com

8. Shockbreaker

Berkaitan dengan karakter suspensi, ada aksesoris shockbreaker yang merupakan salah satu aksesoris motor yang banyak dicari oleh para pemilik motor untuk memenuhi keinginan karakter suspensi yang terlalu empuk ataupun keras. Aksesoris ini terbukti cukup ampuh meningkatkan performa pengendalian motor. ditambah dengan penampilan motor yang tampak lebih ciamik.

9. Crash Protection

Kecelakaan memang menjadi resiko berkendara yang diharapkan terjadi oleh siapapun. Meski demikian kejadian tersebut tidak pernah benar-benar dinafikan kemungkinan terjadinya. Oleh karena itu upaya-upaya antisipatif menjadi sangat perlu untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan penggunaan aksesoris crash protection guna melindungi bagian-bagian penting motor Anda.

10. Speaker Klakson

Nah yang terakhir ada aksesoris audio sepeda motor atau sistem speaker. Aksesoris yang satu ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk peningkatan dan modifikasi sepeda motor. 


Nah itu dia 10 daftar aksesoris sepeda motor yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk pemasangan, Anda bisa mengandalkan penyedia jasa pemasangan aksesoris sepeda motor. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Mobil Tercepat Dan Termahal Di Dunia; Harganya Selangit Jumlahnya Limited

Mobil Tercepat Dan Termahal Di Dunia; Harganya Selangit Jumlahnya Limited

Pembahasan otomotif memang selalu menyenangkan dan tidak ada habisnya. Lagipula bagaimana bisa membahas sesuatu yang terus berkembang menjadi membosankan?. Oleh karena itulah kali ini kita akan mengulas secara khusus beberapa jenis mobil tercepat dan termahal di dunia.


Memang, tidak semua orang bisa memiliki. Jangan lagi kalangan menengah kebawah, menengah ke atas pun belum tentu mampu untuk meminang mobil-mobil termahal dan tercepat tersebut. Bukan tanpa alasan, selain harganya yang tinggi, tingkat persaingan untuk mendapatkannya juga tinggi. Mengapa, karena hanya diproduksi secara terbatas.

Mobil Termahal di Dunia dengan Harga Ratusan Miliar

Ada cukup banyak jenis mobil terkini yang memenuhi kualifikasi termahal di dunia dengan harga di atas Rp 100 miliar sampai dengan Rp1 triliun. Hanya saja kita akan bahas lima di antaranya. Lima dengan penggunaan material mobil yang berkualitas, mesin bertenaga super, teknologi canggih terkini, dan tentu saja limited edition.

1. Mercedes Maybach Exelero

Mercedes-Maybach Exelero dari aspek harga dibandrol dengan harga 8 Juta dolar atau setara dengan lebih kurang R. 119 Miliar. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk ukuran sebuah mobil. 


Mercedes Maybach Exelero. Sumber: intersport.id
Mercedes Maybach Exelero. Sumber: intersport.id


Mobil Mercedes-Maybach Exelero keluaran 2004 ini dibekali dengan mesin V12 twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga sampai 690 hp sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 350 km/jam. Performa yang cukup sebanding dengan harganya.

2. Pagani Zonda HP Barchetta

Pagani Zonda HP Barchetta dibandrol dengan harga 17,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp248,7 miliar. Supercar yang satu ini dilengkapi dengan dapur pacu mesin V12 7,3 liter dari Mercedes-Benz. Mesin inlah yang sangat berperani membuat performanyacukup melegenda.


Hp Barchetta juga dibekali dengan roda belakang yang sebagian ditutupi panel serat karbon. Selain itu spesifikasi pada bagian atapnya didesain tanpa atap. Percaya tidak percaya, mobil asal Italia ini hanya diproduksi 3 unit saja di dunia. Inilah yang membuat harga Pagani Zonda HP Barchetta dihargai sedemikian tinggi.

3. Bugatti La Voiture noire

Beralih ke merek Bugatti, kali ini adalah La Voiture Noire. Salah satu jenis mobil keluarga keluaran Bugatti yang dijual dengan harga sekitar 18 juta dollar AS atau setara dengan Rp 255 miliar.



Bugatti La Voiture noire. Sumber: google.com
Bugatti La Voiture noire. Sumber: google.com


Yang membuatnya sedemikian berharga selain spesifikasi mesin dan bodinya tentu saja tingkat kelangkaannya. Bugatti La Voiture Noire hanya diproduksi satu unit di dunia dan diperkenalkan pada 2019 silam. Sebuah masterpiece yang proses produksinya saja memakan waktu sampai 2,5 tahun.


Bugatti La Voiture Noire dilengkapi dengan mesin W16 dengan kapasitas 8.0 liter dan penggunaan empat turbo. Tidak heran jika dengan modal mesin tersebut, Bugatti La Voiture Noire bisa mencapai tenaga maksimal hingga 1.500 tk.

4. Rolls Royce Boat tail

Beralih ke Rolls-Royce yang sudah sangat populer dengan mobil-mobilnya yang selalu kental dengan kesan mewah dan harga jual yang fantastis. Salah satunya apalagi kalau bukan Rolls-Royce Boat Tail.


Rolls-Royce Boat Tail dibandrol dengan harga 28 juta dolar AS atau hampir Rp400 miliar. Patokan harga yang tidak main-main. 


Mobil mewah ini terinspirasi dari salah satu elemen laut yang tampak pada sentuhan desain laut di bagian “Aft Deck”, kaca bagian depan yang wrap-around, dan masih banyak lagi. Selain itu mobil ini juga ditenagai dengan mesin V12 dengan kapasitas 6.75 liter.


Penyebab Rolls-Royce Boat Tail dibandrol dengan harga sedemikian tinggi adalah karena hanya diproduksi 3 unit saja di dunia. Sebuah fakta yang tidak begitu mengherankan.

5. Ferrari 250 GTO

Siapa yang tak kenal dengan Ferrari 250 GTO? Ya, mobil ini  menjadi salah satu mobil termahal di dunia. Dengan adanya fakta bahwa mobil ini pernah digunakan oleh Phil Hill dalam balapan di Targa Florio pada tahun 1962, membuatnya semakin memiliki nilai tambah dari aspek historis.


Ferrari 250 GTO. Sumber: google.com
Ferrari 250 GTO. Sumber: google.com


Tidak hanya sampai di situ, supercar ini juga digunakan oleh Gianni Bulgari dan juga Jean Guichet. Inilah yang turut melatarbelakangi mengapa mobil ini dijual seharga Rp 708,7 miliar saat acara pelelangan pada tahun 2018. Harga yang sangat-sangat fantastis.

5 Mobil Tercepat di Dunia 

Puas dengan daftar mobil termahal? tentu saja tidak. Maka kita akan lanjut ke daftar mobil tercepat. Penasaran? Ini dia lima di antara mobil-mobil tercepat yang beredar di pasar otomotif dunia.

1. Lamborghini Aventador SVJ

Kita mulai dengan si gesit Lamborghini Aventador SVJ. Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi: 217 mil/jam (349 km/jam). Sebuah mahakarya yang langsung dibuat oleh para teknisi pintar Lamborghini.


Lamborghini Aventador SVJ merupakan salah satu versi pamungkas dari supercar Lamborghini Aventador. Salh satu alasannya adalah kemampuannya dalam menghasilkan 770 hp dari mesin V12 6,5 liternya.


Dengan modal mesin tersebut, Lamborghini Aventador SVJ mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 217 mil/jam.

2. Koenigsegg Regera

Koenigsegg Regera memiliki kecepatan tertinggi: 250 mil/jam (402 km/jam). Dengan begitu Koenigsegg Regera cukup layak menjadi pesaing McLaren Speedtail. Mobil cepat asal Swedia ini dilengkapi mesin V8 twin-turbo dan motor listrik yang mampu menghasilkan total tenaga 1.500 hp.


Koenigsegg Regera. Sumber: google.co
Koenigsegg Regera. Sumber: google.co


Tidak hanya cepat, Koenigsegg Regera juga dapat melesat dari kecepatan 0-250 mil/jam hanya dengan menggunakan satu gigi.

3. McLaren Speedtail

Berikutnya ada si cepat McLaren Speedtail. Mobil tercepat yang satu ini memiliki kecepatan tertinggi: 250 mil/jam (402 km/jam). Kecepatan tersebut salah satunya dilatarbelakangi oleh keinginan McLaren untuk mengejar rekor dunia. Hanya saja McLaren Speedtail hanya mampu mencapai gelar mobil jalanan tercepat yang pernah dibuat.

4. SSC Tuatara

SSC Tuatara juga menjadi salah satu mobil tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi: 268 mil/jam (431 km/jam). SSC mengklaim bahwa Tuatara berhasil  mencapai kecepatan 316 mil/jam pada Oktober 2020 untuk menjadikannya mobil tercepat di dunia.

5. Bugatti Chiron Supersport 300+

Terakhir ada si cepat  Bugatti Chiron Supersport 300+.  Mobil keluaran Bugatti yang satu ini memiliki kecepatan tertinggi: 304 mil/jam (489 km/jam). Meski sudah sedemikian cepat, Bugatti Chiron Supersport 300+ bertenaga 1.600 hp ini tidak secara resmi memegang rekor dunia, karena hanya berjalan dalam satu arah.


Untuk memecahkan rekor, Bugatti Chiron Supersport 300+ masih harus melakukannya dua kali dengan  arah berlawanan. Karena alasan tertentu, Bugatti memutuskan untuk tidak melakukannya.


Nah demikian itu informasi menarik seputar lima mobil termahal di dunia dan lima mobil tercepat di dunia. setidaknya mengetahui terlebih dahulu keberadaan mobil-mobil luar biasa tersebut sebelum berkesempatan memilikinya. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih. 

Honda : Sejarah Dan Fakta Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

Honda : Sejarah Dan Beberapa Fakta Menarik Yang Perlu Anda Ketahui

Lima tahun berlalu sejak dua Kota besar Jepang dijatuhi bom. Jepang 1950 masih dilanda kemiskinan. Seorang remaja, melihat kehidupan di pedesaan Jepang saat itu sangat berat. Ia memikirkan cara mengurangi beban hidup masyarakat desa. Dari titik itu, sejarah Honda bermula.

Zaman itu sebenarnya sepeda motor dan teknologi mesin sudah ada. Namun Soichiro Honda, remaja dengan kegelisahannya tadi, merasa ia punya kemampuan dalam membantu masyarakat desa, dan seluruh dunia mengurangi beban hidup mereka.

Soichiro Honda adalah pencetus perusahaan Honda, perusahaan multinasional publik asal Jepang yang memproduksi motor, mobil, dan peralatan daya. Honda adalah yang terbaik dari beberapa nama perusahaan dalam lingkup yang sama.

Soichiro Honda sendiri tumbuh dengan ketertarikan yang amat besar pada dunia mesin. Ia lahir pada 17 November 1906 dengan seorang ayah pandai besi. Dari sinilah kiranya muncul minat seorang Soichiro Honda terhadap mesin. 

Pada usianya yang ke 15, Honda ia pergi ke Tokyo untuk bekerja. Perlu diketahui, ia tidak mengantongi pendidikan formal sebelumnya. Setelah 6 tahun di perantauan ia memutuskan untuk pulang kampung dan membuka garasinya sendiri. yang diproduksinya pertama kali adalah ring piston. 

Nama perusahaan yang ia pakai untuk produksi piston adalah Tokai Seiki. Setelah itu bencana terjadi dan bisnisnya hancur dalam artian secara harfiah, karena perang dunia II dan gempa bumi. Puing-puing yang tersisa dari bisnisnya, yang masih bisa diselamatkan kemudian dijual.

Dan dari hasil jualan itu, Soichiro Honda mendirikan perusahaan baru dengan nama Honda Technical Research Institute.

Honda Technical Research Institute.. Sumber : google.com

Honda Technical Research Institute. Sumber : google.com

Sepak Terjang dan Sejarah Honda di Era Barunya

Fokus utama perusahaan Honda kala itu adalah sepeda motor yang digerakkan dengan mesin. Soichiro Honda coba mengembangkan yang sudah ada dan kemudian memproduksi hasilnya secara masif.   

Itu adalah lima tahun setelah pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Akhirnya perusahaan Honda yang lahir untuk membantu kehidupan masyarakat Jepang itu menjelma besar menjadi Honda Motor Company.

Mengutip pernyataan Soichiro Honda kepada karyawannya, ia mengatakan bahwa “Teknologi seharusnya digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat. Semaju apapun teknologi bila tidak dapat membahagiakan dan membantu masyarakat, akan tidak bernilai.”

Dengan berdirinya Honda, ia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Fakta Menarik Seputar Honda

Tahun demi tahun berganti dan Honda kini dikenal sebagai pabrik asal Jepang yang memproduksi sepeda motor dan mobil terkemuka. Di Indonesia sendiri, Honda membentuk anak perusahaan dengan nama AHM (Astra Honda Motor). 

AHM adalah pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk completely Knock Down. 

Namun lebih dari itu, Honda sebenarnya juga memproduksi alat-alat lain seperti truk, ATV, generator listrik, hingga peralatan taman. 

Sejarah Honda berjalan dengan menarik dan menghasilkan produk yang membantu kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada fakta menarik lainnya yang harus Anda ketahui tentang Honda :

1. Honda Lahir dari Sosok Tanpa Pendidikan Formal

Ketika sedang berkendara, melalui jalan raya dan bertemu banyak kendaraan lainnya, Merek Honda akan selalu ada. Hal ini menunjukkan bahwa Honda laku keras di pasar kendaraan bermotor Indonesia. 

Honda memanglah merek ternama yang sudah dikenal dunia. Namun faktanya, Soichiro Honda sebagai pendirinya tidak pernah menempuh pendidikan formal di masa hidupnya. Ini unik mengingat banyak brand internasional juga lahir dari tangan manusia yang tidak “sekolah”.

Sebagian orang akan mengira ilmu reparasi dan mesin milik Honda diperoleh ketika ia bekerja di Tokyo. Padahal tidak disebutkan Honda bekerja di bagian yang berhubungan dengan mesin. Jauh dari itu, ia justru bekerja di bagian cleaning service dan pengasuh anak pemilik bengkel.

Soichiro Honda. Sumber : google.com

Soichiro Honda. Sumber : google.com

2. Sejarah Honda dan Sepeda Motornya

Mulanya Honda hanya memproduksi sepeda bermesin. Itu berbeda dengan sepeda motor. Kemudian Soichiro Honda bersama kawannya menemukan mesin kecil yang di uji cobakan kepada sepeda. Lalu lahirlah sepeda motor. Sepeda motor memiliki mekanisme yang lebih sederhana.

Sepeda motor hasil temuannya tersebut kemudian terjual dan banyak dibicarakan. Yang awalnya dari mulut ke mulut penduduk Jepang, hingga kini mendunia dan banyak dikenal.

3. Honda tidak Hanya Memproduksi Motor dan Mobil

Perusahaan Honda juga memproduksi alat therapeutic seperti alat bantu jalan. Sebuah produk yang ringan, langsing, dan ringkas. Dengannya Honda membantu para disabilitas untuk bisa berjalan dengan mudah. Alat ini bahkan dilengkapi bluetooth sehingga dokter bisa memantau kemajuan pasien.

Selain alat therapeutic, Honda juga sempat membuat jet. Sebuah jet yang tercipta bukan hasil dari main-main. Agaknya sejak awal sebenarnya Honda ingin melanjutkan bisnis ini. Terlihat dari jet buatan Honda yang mendapat sertifikat dari Federasi Aviation Administration. 

Jet pribadi yang dirancang Honda digadang-gadang memiliki kecepatan, efisiensi bahan bakar, mesin halus, dan dapat terbang lebih tinggi dibandingkan dengan produksi jet pribadi pabrik lainnya.

Di Indonesia, Honda hanya mampu mendapatkan pasar otomotif motor dan mobil saja. Sehingga jet pribadinya jarang terdengar. Selain jet pribadi, beberapa produk Honda lain yang jarang diketahui masyarakat Indonesia ada banyak dan unik.

Sebut saja alat blower salju, mesin potong rumput, generator, dan robot yang biasa dipakai di pabrik.

Produk Jet Honda. Sumber : google.com

Produk Jet Honda. Sumber : google.com

4. Menjadi yang pertama memproduksi Kendaraan hybrid dan hydrogen

Umumnya kendaraan menggunakan bahan akar minyak sebagai sumber tenaga. Kendaraan hybrid tidak hanya menggunakan bahan bakar minyak saja, tapi juga menggunakan baterai. Sedangkan kendaraan hidrogen menggunakan gas hidrogen sebagai bahan bakarnya.

Banyak kalangan mengira jika merek Toyota adalah produsen mobil hybrid pertama yang pernah ada. Padahal sebenarnya Honda adalah yang pertama memproduksi mobil hybrid, bahkan setahun sebelum Toyota merilis Prius (mobil hybrid yang dianggap pertama).

Itu terjadi pada tahun 90-an. Kemudian pada tahun 2008, Honda mempoduksi mobil dengan bahan bakar unik lainnya yakni hidrogen. Mobil itu dikenal dengan nama Clarity Fuel Cell. Sayangnya kemudian statement kurang mengenakkan datang dari Honda sendiri.

Terkait dengan mobil hidrogen. Honda yang pertama kali menemukan justru mengatakn bila mobil hidrogen tidak akan pernah populer. Pada tahun 2022, Honda Clarity Fuel Cell benar-benar akan disuntik mati. 

Hal ini diutarakan dengan alasan bahwa pembuatan mobil berbahan bakar hidrogen memerlukan dana dan mesin yang luarbiasa mahal. Sehingga wajar saja bila permintaan pasar terhadapnya juga sangat sedikit.

Itulah informasi singkat seputar sejarah Honda dan fakta menarik yang mengiringinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.[]

Komponen Servis Rutin Motor Yang Perlu Anda Ketahui

Komponen Servis Rutin Motor Yang Perlu Anda Ketahu

Servis rutin motor dilakukan untuk menjaga kesehatan kendaraan. Karena motor merupakan mesin yang tidak selalu memiliki performa baik, beberapa part-nya harus di servis secara rutin. 

Servis yang rutin akan membuat kendaraan lebih awet dan selalu prima ketika dikendarai. Mungkin sebagian besar orang masih rajin membawa motornya ke bengkel di awal-awal pembelian. Apalagi motornya itu motor baru dan bukan second. Biasanya yang diminta adalah ganti oli.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang tersebut mulai sadar bahwa ganti oli secara rutin ternyata begitu menguras kantong dan sebenarnya tidak terlalu berefek pada pengalaman berkendara. 

Nah, mindset seperti ini bisa muncul karena dua hal : yang pertama karena memang orangnya sejak awal tidak ada niat merawat motor, dan yang kedua, renggang waktu pergantian oli yang terlalu singkat padahal intensitas penggunaannya tidak panjang.

Ketika motor mulai mudah sakit-sakitan, beberapa komponennya rusak, Anda mulai sadar bahwa perbaikan yang rutin itu penting bahkan hanya untuk ganti oli. Hal ini berlaku untuk motor secara umum tak terkecuali jenis motor japstyle.

Lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Sumber : unsplash.com

Lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Sumber : unsplash.com

Namun yang menjadi permasalahan biasanya adalah Anda tidak tahu part motor bagian mana yang perlu di servis secara rutin. Anda hanya membawa motor ke bengkel ketika partnya sudah rusak. Padahal, seperti yang diketahui, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kesehatan motor yang selalu dipakai tiap hari tentunya berbeda dengan motor yang hanya dipakai sesekali. Sangat disayangkan jika ternyata Anda begitu rutin menggunakan motor, namun tidak melakukan servis rutin motor yang seharusnya diperlukan.

Nah, untuk menambah kesadaran Anda perihal apa saja bagian yang perlu di servis secara rutin, artikel berikut akan membantu Anda.

Komponen Apa Saja yang Harus Mendapatkan Servis Rutin Motor 

Servis rutin motor tidak dimaksudkan untuk keuntungan wirausaha bengkel. Informasi ini dampak baiknya murni untuk pengendara motor / pemilik motor. Maka dari itu, cost (biaya) secara umum juga dicantumkan untuk transparansi informasi.

Servis motor bisa dilakukan dengan melakukan tune up dan mengganti komponen-komponen fast moving secara berkala. Berikut adalah informasi lebih lengkapnya :

1. Servis Rutin Motor Tun Up

Tune up merupakan istilah untuk penyetelan ulang dan pengembalian performa motor seperti sedia kala. Tune up biasa dilakukan dengan mengecek sejumlah part motor apakah masih prima dan bisa bekerja secara normal

Transmisi dan sistem penggerak juga dicek. Anda tinggal bilang saja untuk tune up motor. Kocek yang harus dibayar biasanya mulai Rp 70 ribu. Lama pengerjaan tentunya berbeda tergantung jenis motor dan jumlah part yang trouble. 

Untuk rutinnya, tune up bisa dilakukan setelah jarak tempuh 2.000 km. Atau paling tidak tiga-empat bulan dengan pemakaian motor setiap hari.

2. Servis Rutin Motor Ganti Oli

Banyak yang tidak paham apa fungsi ganti oli secara rutin untuk motor. Setidaknya oli berperan penting dalam tiga hal : pelumas, pendingin, dan pelindung. Ketiga hal ini sangat penting untuk kebugaran kendaraan. 



Penggantian oli secara berkala penting untuk mesin. Sumber : istockphoto.com

Penggantian oli secara berkala penting untuk mesin. Sumber : istockphoto.com

Supaya ganti oli tidak mubazir, yang artinya oli ternyata masih bagus dan banyak tapi terlanjur kena ganti, Anda bisa sesuaikan jadwal ganti oli dengan intensitas penggunaan motor. Bila setiap hari digunakan dengan jarak lebih dari 5 km, hendaknya oli diganti rutin tiap 2 bulan sekali.

Jika kurang dari itu, normalnya perlu diganti 3-4 bulan sekali. Merek oli sejatinya tidak penting. Namun beberapa orang mungkin punya pandangan lain. Yang jelas, pemilihan oli mesin dikembalikan pada jenis motornya. 

Biasanya bengkel pinggir jalan masih mematok harga Rp 35 ribu untuk ganti oli. Setidaknya Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 50 ribu untuk ganti oli.

3. Servis Khusus Metic, Ganti Oli Garden

Pengguna motor matic hendaknya secara berkala melakukan ganti oli gardan. Oli gardan berfungsi untuk melumasi gir-gir yang berada di dalam rumah CVT. Oli gardan lebih awet ketimbang oli mesin. Akhirnya, Anda bisa lakukan pergantian oli gardan ketika motor sering macet-macet.

Atau, dengan kalkulasi jarak tempuh kendaraan, pergantian oli gardan dilakukan setiap 8.000 km. Range biaya mulai Rp 15 ribuan.

4. Ganti Busi

Busi memiliki andil dalam pembakaran internal. Busi berfungsi mengubah aliran listrik dari koil menjadi percikan api. Bagaimana kondisi busi mencerminkan kesehatan mesin motor. 

Busi yang perlu diganti selalu kotor berwarna hitam pekat karena jumlah bensin yang masuk ke ruang bakar lebih banyak dibanding udara. Dalam kasus pergantian busi, mayoritas kasus selalu membawa motor ke bengkel ketika busi benar-benar sudah rusak. 

Busi yang terlalu kotor tapi masih bisa bekerja rasanya mubazir untuk diganti. Namun jika Anda ingin menghindari motor mogok mendadak karena busi yang rusak, Anda bisa gunakan perhitungan dari website NGK terkait massa pergantian busi, yakni per kelipatan jarak tempuh 6.000 km.

Anda juga bisa membeli busi cadangan jika suatu ketika busi motor rusak. Kisaran harga busi ialah Rp 50 ribu. Sesuaikan merek busi dengan jenis motor Anda.

5. Ganti Filter Udara

Filter udara pada motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam pembakaran. Ia menangkap kotoran-kotoran dari lingkungan luar. Pada motor dengan filter udara kering, biasanya cenderung di rekomendasikan untuk membersihkannya saja alih-alih mengganti.

Namun perlu diketahui mayoritas motor keluaran terbaru menggunakan filter udara basah yang terbuat dari sejenis kertas. Di dalam filternya ada lapisan oli untuk maksimalisasi penyaringan. Disinilah filter baiknya diganti ketimbang di bersihkan.

Sebab filter udara basah tidak bisa dibersihkan dengan cairan apapun. Membersihkannya dengan angin bertekanan juga tidak efektif. Berapa biaya ganti filter udara? Normalnya mulai Rp 60 ribu.

6. Ganti Kampas Rem

Kampas rem yang masih bagus adalah kampas rem yang memiliki ketebalan ideal untuk bergesekan dengan cakram atau tromol. Pesan khusus untuk pengguna motor pada poin adalah, jangan tunggu penggantian kampas rem seandainya diperlukan. 

Kampas rem termasuk komponen penting untuk dipastikan secara rutin

Anda bisa rasakan sendiri ketika berkendara apakah sistem rem motor Anda baik-baik saja atau sedikit kendor. Biaya ganti kampas rem normalnya mulai dari Rp 60 ribu.

7. Aki

Pengecekan aki sejatinya bisa dilakukan secara mandiri. Namun jika Anda tidak tahu cara pengecekannya, Anda bisa tanyakan ke ahli reparasi. Ketika aki dirasa kurang optimal. Bawa motor ke bengkel untuk kemudian di cash atau diganti yang baru. 

Aki motor yang normal memiliki tegangan antara 12.3 – 12.6 V dalam kondisi mesin yang mati. Sedangkan dalam kondisi mesin menyala tegangannya antara 13.7 – 14.2 V. Alat yang digunakan untuk cek voltase aki adalah multitester. 

Pesan khusus bagi kendaraan dengan aki basah, Anda perlu mengecek volume cairan elektrolit yang berada di dalamnya.

Itulah ulasan seputar bagian motor yang perlu di sevis secara rutin. Dengan mengetahui informasi ini, Anda semakin bijak dalam menggunakan kendaraan. Silahkan tinggalkan komentar dan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih. [] 

Seberapa Efektif Belajar Otomotif Secara Otodidak

Seberapa Efektif Belajar Otomotif Secara Otodidak?

Belajar otomotif secara otodidak apakah mungkin? Jawabannya tentu saja mungkin. Ada begitu banyak skill di dunia ini, khususnya di dunia para ahli justru didapatkan melalui metode belajar secara otodidak. Oleh karena itu belajar otodidak terbukti efektif dalam membentuk keahlian tertentu selama proses belajar otodidak dilakukan dengan baik dan benar.


Mengapa belajar otomotif secara otodidak menjadi pilihan? ada banyak sebabnya. beberapa di antaranya adalah dikarenakan persoalan biaya. Selain itu juga ada persoalan akses dan masih banyak lagi keterbatasan yang mengharuskan proses pembelajaran seputar otomotif berikut keahlian-keahlian lainnya harus ditempuh secara otodidak.

Apa itu Belajar Otodidak?

Butuh kesungguhan ekstra untuk bisa sukses belajar otodidak. Sumber : unsplash.com
Butuh kesungguhan ekstra untuk bisa sukses belajar otodidak. Sumber : unsplash.com

Otodidak atau belajar mandiri merupakan sebuah metode dalam belajar di mana seseorang melakukan sebuah pembelajaran dengan tanpa bantuan dari seorang guru secara langsung dalam mendapatkan berbagai pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Termasuk dalam hal ini adalah berbagai skill tertentu. Tepatnya skill otomotif. 


Ya, memiliki wawasan seputar otomotif memang sangat dimungkinkan untuk dilakukan dengan cara otodidak. Termasuk berbagai skill otomotif juga sangat mungkin untuk dikuasai secara mandiri. Yang mana dalam konteks belajar otodidak seseorang umumnya memilih bidang tertentu terlebih dahulu untuk digeluti sebagai langkah awal untuk fokus. bidang otomotif misalnya.

Cara Belajar Otomotif secara Otodidak

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar otomotif secara otodidak, maka yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu khusus dalam satu atau dua jam sehari. Selain itu beberapa hal berikut juga perlu anda lakukan demi efektivitas belajar Anda.

1. Fokus pada Satu Objek

Pastikan sebelum Anda benar-benar memulai proses belajar secara otodidak, Anda sudah sepenuhnya fokus pada skill otomotif, bukan yang lain. Pastikan juga bahwa skill otomotif tersebut memang sesuatu yang Anda inginkan, Anda sukai dan Anda butuhkan. Dengan begitu proses belajar otodidak akan lebih terkonsentrasi.

2. Tetapkan Target dan Tenggat Waktu

Tetapkan apa saja yang Anda targetkan perihal skill otomotif dan kapan Anda ingin menyelesaikannya. Hal ini penting agar proses maupun progress. Tanpa kejelasan target dan waktu, proses akan mengalir secara tidak efektif tanpa progress yang jelas. Jika hal ini terjadi maka kegagalan belajar otodidak tinggal menunggu waktu.

3. Buat Strategi dan Jadwal Belajar

Saat Anda memilih untuk mempelajari skill otomotif secara otodidak, berarti Anda sendirilah yang bertanggung jawab penuh terkait dengan pengalokasian waktu. Anda juga yang bertanggung jawab terkait strategi dan jadwal belajar Anda. Oleh karena itu segera buat jadwal yang sesuai dengan mempertimbangkan jadwal-jadwal penting lainnya.

4. Petakan Apa saja yag Perlu Dikuasai

Pemetaan skill memudahkan Anda beranjak dari satu skill ke skill berikutnya. Sumber : unsplash.com
Pemetaan skill memudahkan Anda beranjak dari satu skill ke skill berikutnya. Sumber : unsplash.com


Mengingat skill otomotif yang cukup kompleks, maka perlu untuk Anda lakukan pemetaan agar proses pembelajaran bisa dilakukan secara bertahap. Tanpa langkah ini proses pembelajaran secara otodidak akan terasa berat dan berpotensi mandek di tengah jalan. 


Kuasai skill otomotif dari satu bagian ke bagian lain sampai Anda menguasai satu skill tertentu sesuai dengan yang Anda targetkan di awal. Dalam tahap ini konsistensi adalah fokus. Mulai dari skill dasar seperti maintenance sampai dengan skill yang lebih rumit dan kompleks.

5. Kumpulkan Perlengkapan Pendukung

Belajar secara otodidak artinya Anda harus siap dengan segala macam keperluan yang dibutuhkan selama proses pembelajaran berlangsung. Sebab segala sesuatunya tentu memerlukan alat bantu. Maka Anda bisa mulai dengan melist semua keperluan pembelajaran, untuk selanjutnya memulai pengadaan.

6. Perkaya Literasi

Penguasaan skill otomotif agaknya tidak bisa lepas dari yang namanya literasi otomotif. Oleh karenanya Anda juga perlu mengeksplorasi berbagai literatur terkait dengan skill otomotif yang hendak Anda kuasai secara otodidak.


Untuk memulainya, Anda bisa membuat daftar buku yang memiliki relevansi dengan skill otomotif.  Selanjutnya Anda perlu berburu literatur tersebut baik secara online maupun offline. Sisanya sudah bisa ditebak, silahkan dilahap dengan perlahan-lahan sesuai tahapan penguasaan skill.

7. Menonton Tutorial

Menonton tutorial untuk mempelajari sesuatu juga bisa dibilang cukup ampuh. Dengan cara ini  Anda akan mendapatkan gambaran secara lebih gamblang dengan bantuan visual dibandingkan gambaran dari literatur. Maka Anda bisa mulai dengan mencari referensi channel otomotif yang relevan.

Belajar Otodidak VS Kursus Otomotif

Tiap-tiap metode belajar memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sumber : unsplash
Tiap-tiap metode belajar memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sumber : unsplash


Semua cara atau metode belajar tentu memiliki kekurangan juga kelebihan masing-masing. Sesuatu yang tidak bisa lagi dipungkiri. Oleh karenanya metode ataupun cara belajar dan mengasah keahlian otomotif menjadi sebuah pilihan apakah hendak ditempuh dengan jalan otodidak ataukah dengan cara kursus.


Kekurangan daripada belajar secara otodidak di antaranya adalah tingkat akurasi keahlian yang kadang tidak seakurat belajar secara langsung kepada tenaga ahli atau dalam sebuah lembaga formal semisal kampus dirgantara jika kaitannya dengan penerbangan, dan lain sebagainya. Hal yang cukup lumrah dalam dunia belajar.


Demikian halnya dengan metode belajar secara langsung kepada seorang guru atau lebih selain memiliki banyak keunggulan seperti tingkat akurasi keahlian yang tinggi juga memiliki beberapa kekurangan. Sebut saja kekurangan dalam hal investasi belajar seperti biaya belajar dan sebagainya.


Oleh karenanya jika pun harus menempuh belajar dan mengasah skill otomotif secara otodidak maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Namun jika memungkinkan untuk menempuhnya dengan jalan kursus maka itu juga bisa jadi opsi pembelajaran yang layak. Prinsipnya sebuah skill atau keahlian mekanik misalnya memerlukan jam terbang. Tanpa jam terbang, metode otodidak maupun kursus menjadi tidak ada gunanya atau minim guna.


Maka, demikianlah sekiranya ulasan singkat kita pada kesempatan kali ini seputar mempelajari otomotif secara otodidak. Semoga bisa Membantu Anda dalam menempuh proses belajar otodidak Anda. Sekian dan terima kasih.

Modifikasi Motor Japstyle; Pecinta Motor wajib Tau

Modifikasi Motor Japstyle; Pecinta Motor wajib Tau

Mengenal motor japstyle bisa menjadi langkah awal untuk Anda yang sedang kebingungan hendak membeli kendaraan seperti apa.


Mungkin Anda bosan dengan model motor yang mainstream dan itu-itu saja. Artikel ini akan membantu Anda. Untuk mereka yang gandrung dengan modifikasi motor, memiliki motor yang standar sangatlah membosankan. 


Konsep yang monoton tanpa ada sentuhan baru yang menarik, membuat mereka memodifikasinya sesuai dengan konsep dalam kepala. Ada banyak aliran modifikasi motor yang sudah dikenali. Dan dari banyak itu, aliran japstyleh-lah yang berhasil menggaet hati penggemar modif motor Indonesia. 


Jika Anda cermat membaca kata japstyle, Anda akan langsung tahu asal kalimat dari kata tersebut. Japstyle adalah singkatan untuk Japanese Style, sebab pada awalnya, aliran ini lahir di negara Jepang. 


Japstyle awalnya tumbuh di Tokyo ibukota Jepang. Jepang sendiri sudah masyhur sebagai negara pemroduksi kendaraan bermotor didunia. Japstyle kemudian menyebar ke banyak negara dan melahirkan banyak jenis aliran lagi. 

Adapun aliran-alirannya antara lain : Street Tracker, Street Demon, Cafe Racer, Flat Tracker, atau Japanesse South Carolina. 


Mengenal motor japstyle di negara kita sendiri, salah satu yang menjadi pelopornya adalah sebuah bengkel di Bandung dengan nama Yasashi Garage. Bengkel tersebut memulai debutnya dengan japstyle di tahun 2004.


Sedangkan, yang menginspirasi Yasashi Garage sendiri adalah sebuah majalah modifikasi motor dari Jepang. Akhirnya, japstyle banyak diketahui dan mendapatkan hati di kalangan pecinta modif motor Indonesia.

Mengenal Motor Japstyle Dan Cara Modifikasinya

Japstyle cocok untuk jadi tunggangan karismatik. Sumber : istockphoto.com

Japstyle cocok untuk jadi tunggangan karismatik. Sumber : istockphoto.com

Japstyle menjadi jawaban untuk keinginan tampil gahar di jalanan dengan budget minimalis. Modifikasi jenis ini diterapkan pada motor lama pabrikan Jepang. Bisa GL Series, CB atau Astrea 800. 

Pada dasarnya, japstyle mengganti beberapa komponen pada rangka motor supaya tampilan japstyle itu sendiri didapatkan. Kemudian dilakukan modifikasi pada lampu depan dan juga ban dengan aneka ragam jenis ban


Komponen lain yang juga perlu dimodifikasi adalah jok, knalpot, tangki bahan bakar, lampu sen, setang, spion, shockbreaker, dan lengan ayun arm. Beberapa komponen lain bisa ikut diganti, menyesuaikan dengan keinginan pribadi.


Anda tidak perlu bingung mencari komponen tadi, barang-barang yang Anda perlukan diatas kini mudah untuk di dapatkan, Anda bisa membelinya secara online maupun offline. Harganya pun tergolong tidak mahal.


Atau, beberapa bengkel kini dengan baik juga melayani untuk membelikan komponen-komponen tadi untuk Anda. jadi Anda cukup duduk santai menunggu semua beres ditangan montir.


Harga reparasai motor menuju model japstyle pun tidak mahal-mahal banget, pada beberapa forum pecinta modif motor yang ada, dapat diambil kesimpulan harga modif berkisar antara 4,5 sampai 6 jutaan. Itu sudah termasuk cat finishing.


Patut diperhatikan juga, bagi Anda yang akan berpergian dengan motor hasil modifikasi tersebut, untuk mengetahui perundang-undangan terkait modifikasi motor yang ada di Indonesia. Hal ini perlu menjadi perhatian lebih bagi Anda.


Poinnya, seluruh kendaraan yang telah dimodifikasi, apapun jenis alirannya, harus dilakukan uji tipe ulang terkait persyaratan konstruksi dan material. Hal ini tertuang pada pasal 52 ayat 3, dan menjadi poin penting yang harus Anda pahami.


Pasal lain yang membahas tentang modifikasi motor antara lain Pasal 123 Ayat 1 PP No. 55 Tahun 2012 tentang kendaraan, yang membahas terkait pengujian fisik kendaraan untuk pemenuhan persyaratan teknis dan layak jalan. Serta penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor. 


Anda tidak bisa mengabaikan hukum ini begitu saja. Sebab jika Anda acuh, Anda akan dihadapkan pada sanksi pasal 277 yang isinya adalah hukuman pidana penjara, paling lama satu tahun, atau denda paling banyak Rp 24 juta.

Mengenal Motor Japstyle Yang Paling Di Rekomendasikan

Beberapa jenis motor Japstyle berikut termasuk di antaranya yang paling populer di pasaran. Sehingga selain menjadi koleksi juga bisa menjadi aset  investiasi tersendiri layaknya investasi properti yang kian hari semakin bernilai di pasaran pecinta barang-barang bernilai sejarah.

Kawasaki W 175

Kawasaki W 175 Retro Classic. Sumber : kawasak-motor.co.id

Kawasaki W 175 Retro Classic. Sumber :  kawasak-motor.co.id

Kawasaki W175 sebenarnya adalah model yang masih baru dari kawasaki. Masih keluarga dengan jenis W sebelumnya, Kawasaki W 175 mengusung sepeda motor jadul yang terhitung berani karena pasar motor didominasi segmen sport dan matic.


Karena modelnya sudah dibuat jadul, makan Anda hanya perlu merombak sedikit saja dari motor ini. Anda hanya perlu mengubah pada bagian jok duduk dan setang. Budget yang perlu dikeluarkan untuk pembelian Kawasaki W175 mulai dari 34 juta. 

Tiger Revo 2009

Motor sport besutan Honda ini memang sudah tidak diproduksi lagi, namun prospek pasarnya masihlah tergolong baik. Tidak sedikit orang yang mencari motor Tiger khususnya Revo 2009 karena ketangguhannya. 


Motor 4-tak ini ternyata masih dijual lebih mahal bila dibandingkan dengan Yamah V-ixion 2013. Mungkin karena memang produknya yang terbatas dan banyak kalangan memburunya.   


Dengan body luar-dalam yang tangguh ini, modifikasi Tiger Revo 2009 menjadi japstyle adalah opsi yang perlu dipikirkan.

Honda GL 100

Honda GL jadul. Sumber : mobilmoto. com

Honda GL jadul. Sumber : mobilmoto. com

Honda GL 100 merupakan motor legendaris pada zamannya. Zaman dimana memiliki motor adalah hal yang prestisius. GL 100 masuk ke Indonesia pada tahun 1979. 


Menurut banyak forum pecinta modifikasi motor, GL 100 cocok sekali bila diubah menjadi Japanese Style. Bawaan pabriknya memang sudah enak diajak perjalanan jauh. Sudah irit, part komponennya juga melimpah.

Megapro 2001

Megapro terkenal sebagai motor yang paling sering kena modif. Banyak orang langsung tahu bahwa motor modifikasi yang sedang ia tunggangi basicnya adalah Megapro dari keringkasan berkendara. 


Megapro adalah produk lama Honda yang sudah biasa kena modif. Salah satu modif yang paling sering dipakai untuk motor ini tentu saja Japstyle. 


Disamping basicnya yang cocok sekali untuk dimodif, komponen-komponen dari motor ini mudah dijumpai.

Mengenal motor japstyle beserta motor-motor yang cocok untuk aliran modif ini akan membuat Anda tampil keren di jalan dengan modal tidak seberapa. 


Tentu saja bila dibandingkan dengan motor baru yang memang dari pabriknya sudah didesain gahar.

Semoga artikel ini bermanfaat. 


Silahkan kunjungi website kami untuk informasi otomotif menarik lainnya seperti aturan modifikasi mobil. Sekian dan terima kasih..

Fakta-Fakta Menarik Seputar Mesin Mobil Listrik Tesla

Fakta-fakta Menarik Seputar Mesin Mobil Listrik Tesla

Mobil listrik dengan segala spesifikasi yang kental dengan nuansa dan muatan modernnya memang harus diakui telah memberikan kontribusi yang sangat besar pada kemajuan industri otomotif dunia. Dalam hal ini adalah mobil listrik keluaran Tesla. Baik dari sisi mesin mobil listrik Tesla, sampai dengan aspek interior dan juga aspek-aspek menarik lainnya.


Mobil listrik Tesla secara fungsi tetap saja sebagaimana mobil-mobil sebagaimana yang jamak ada. Hanya saja, dengan berbagai macam dukungan berupa inovasi otomotif, termasuk berbagai temuan-temuan terbaru di seputaran dunia industri dan teknologi menjadikan mobil listrik memiliki nilai lebih yang cukup kompleks jika dibandingkan dengan mobil-mobil pada umumnya.


Oleh karena banyaknya nilai lebih yang ada pada mobil listrik, perlu kiranya untuk diulas secara khusus seputar fakta-fakta menarik seputar mobil Tesla, khususnya dalam hal permesinan mobil listrik Tesla. Hal ini setidaknya bisa memperkaya perbendaharaan informasi otomotif Anda khususnya bagi Anda pecinta otomotif.

9 Fakta Menarik Mesin Mobil Listrik tesla

Secara garis besar memang ada banyak persamaan antara mesin mobil pada umumnya yang berbahan bakar minyak dengan mesin mobil listrik yang tentu saja berdaya listrik sebagai ganti dari bahan bakar minyak. Hanya saja perbedaan keduanya juga cukup kompleks mengingat daya penggerak keduanya memang berbeda. Berikut ini ulasan lengkapnya seputar fakta-fakta menarik mesin mobil listrik.

1. Kapasitas Baterai Tinggi

Secara umum, semua jenis atau tipe mobil listrik dibekali dengan baterai berkapasitas tinggi. Ambil contoh kapasitas 85D (85kw). Yang mana dengan kapasitas baterai yang sedemikian besar menjadikan mobil listrik mampu memberikan performa yang maksimal dengan tenaga yang maksimum hingga 417 hp dengan torsi 485 Nm. Angka tersebut bisa dibilang sudah cukup mendekati kecepatan mobil kelas super car.

Kapasitas baterai Tesla tinggi. Sumber : unsplash.com

Kapasitas baterai Tesla tinggi. Sumber : unsplash.com

2. Mesin Mobil Tercepat

Mesin mobil Tesla dengan kapasitas daya sebagaimana pada poin pertama menjadikan mobil ini tidak begitu mengherankan jika kemudian mampu melaju dengan laju maksimum hingga kecepatan di angka 210 km/jam dan jarak tempuh maksimal 380 kilometer. Sedangkan untuk produksi Tesla Roadster menjadi salah satu mobil elektrik yang diklaim sebagai yag tercepat di dunia dengan akselerasi 0-100 kilometer per jam hanya sekitar 1,9 detik. Cocok untuk berkendara jarak jauh.

3. Mesin Mobil Ramah Lingkungan

Mobil listrik Tesla dengan daya listriknya membuat mobil yang satu ini sangat sangat minim polusi. Selain ramah polusi juga ramah lingkungan dalam artian tidak begitu bising. Kalaupun ada kebisingan maka tingkat kebisingannya lebih karena pergesekan ban dengan permukaan jalan saja. Maka mobil listrik juga tidak memiliki ketergantungan dengan ketersediaan bahan bakar minyak.

4. Mesin Mobil Teraman

Mesin mobil Tesla termasuk yang Teraman. Sumber : unsplash.com

Tesla memiliki mesin teraman. Sumber : unsplash.com


Dengan komposisi mobil modern terkini, membuat mobil listrik selain cepat dan sangat ramah lingkungan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Bahkan termasuk yang teraman di dunia. Tesla Model S dan Model X sendiri telah memegang catatan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) terkait dengan angka kemungkinan cedera paling rendah dan kedua terendah.

5. Berbahan Bakar Listrik

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa mobil listrik dengan bahan bakar listriknya telah cukup menjadi daya yang menunjang pengoperasian seluruh bagian-bagian mobil tesla. Mulai dari mesin utama sampai dengan bagian terkecil mobil seperti berbagai komponen elektronik. Sedangkan untuk pengisian ulang daya Tesla menggunakan sistem pengisian ulang listrik secara cepat (fast charging) yang cenderung lebih murah dibanding dengan bahan bakar bensin.

6. Memiliki Software Update

Berbagai jenis mobil-mobil listrik keluaran Tesla memiliki kemiripan satu sama lainnya dengan perangkat pintar semisal laptop atau ponsel. Sebab, kendaraan listrik yang satu ini faktanya memang dilengkapi dengan berbagai keistimewaan seperti halnya sleep mode sebagaimana pada laptop dan dilengkapi juga dengan update software pendukung lainnya seperti halnya ponsel pada umumnya.

7. Standar Penyaringan Udara

Kendaraan listrik Tesla juga dilengkapi dengan sistem penyaringan udara bekualitas udara standar HEPA. Dengan adanya sistem pemurnian udara semacam ini yang terpasang pada mobil listrik Tesla memungkinkannya untuk bisa menangkal berbagai polusi udara jahat dari luar yang kerap kali mengandung bakteri, serbuk sari, dan lain sebagainya. Tidak hanya sekedar menangkal, tapi juga  mampu melakukan pembersihan udara secara berkala.

8. Anti Perang Biologi

Keistimewaan lain mobil listrik Tesla adalah dibekali dengan mekanisme pertahanan diri guna menjaga penggunanya dari gangguan senjata biologi. Model S misalnya memiliki fitur kemampuan filter yang sama sehingga memungkinkannya untuk menangkal berbagai macam virus, bakteri jahat, dan juga alergen dari udara bebas

9. Layar Dashboard Canggih

Tampilan dashboard Tesla. Sumber : unsplash.com

Tampilan dashboard Tesla. Sumber : unsplash.com


Terakhir, sebagai bagian dari komponen pendukung mobil listrik Tesla, mobil ini didukung dengan keberadaan dial fisik di belakang roda kemudi. Selain itu mobil-mobil listrik Tesla juga dilengkapi dengan sistem infotainment berlayar kontrol besar bahkan dikaim sebagai yang terbesar yang membuat keseluruhan dashboard menjadi sangat unik, canggih, dan mewah.


Nah demikian itulah kiranya ulasan seputar beberapa fakta unik dan menarik seputar mobil listrik Tesla yang sampai dengan saat ini pun masih banyak menjadi pembicaraan di tengah-tengah masyarakat lintas kelas. Yang mana hal tersebut tidak bisa dilepaskan dengan keunggulan daripada mobil listrik Tesla itu sendiri tentunya. Meski harus diakui pasar mobil Tesla masih terbatas pada beberapa ceruk pasar dan kalangan tertentu yang loyal.


Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat berupa perbendaharaan informasi seputar dunia otomotif bagi Anda. Oleh karenanya jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya seputar dunia otomotif. Sekian dan terima kasih.

Ini Dia 7 Kualifikasi Seorang Mekanik Otomotif

Ini Dia 7 Kualifikasi Seorang Mekanik Otomotif

Profesi mekanik otomotif agaknya tidak berlebihan jika masuk ke salah satu profesi vital dalam dunia otomotif. Pasalnya, keberadaan profesi yang satu ini dalam kehidupan otomotif ibarat keberadaan seorang dokter dalam dunia kesehatan.


Peran penting daripada profesi mekanik inilah yang kemudian menjadikannya salah satu peran yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam dunia otomotif khususnya. Terlebih, dunia otomotif sendiri sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan.


Oleh karenanya, mengetahui secara lebih mendalam terkait dengan profesi mekanik otomotif, termasuk apa saja kualifikasi yang sudah seharusnya dimiliki oleh seorang mekanik menjadi sangat penting untuk diketahui.

3 Hal Penting Seputar Profesi Mekanik Otomotif

Ada beberapa hal penting seputar profesi mekanik selaku penanggung jawab daripada kondisi kendaraan secara keseluruhan yang perlu untuk terlebih dahulu kita ulas secara singkat sebelum masuk pada bagian utama.

1. Prospek Kerja Bidang Mekanik

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa semakin spesifik sebuah bidang maka semakin sedikit pemain. Dengan demikian maka semakin mentereng prospek bidang tersebut. Tentu saja spesialisasi mekanik otomotif masuk dalam hal ini.


Prospek kerja bidang makanik terbilang menjanjikan. Sumber : istockphoto.com
Prospek kerja bidang makanik terbilang menjanjikan. Sumber : istockphoto.com


Prospek bidang yang satu ini juga ditunjang dengan fakta perkembangan dunia teknologi dan otomotif secara lebih spesifik. Tak terkecuali di Indonesia sendiri yang tentu saja berimbas pada besarnya kebutuhan akan ahli-ahli mesin.

2. Berapa Pendapatan Seorang Mekanik?

Pendapatan dalam hal ini tentu tidak menjurus pada profesi montir sebagaimana umumnya kita dapati dalam keseharian. Tapi lebih spesifik pada bidang mekanik profesional.


Berdasarkan data yang ada, besaran gaji seorang mekanik di Jakarta saja bisa dirata-rata ada di kisaran Rp 4.081.386 per bulan. Ini masih terbilang sangat rendah jika dibandingkan dengan gaji montir di Kanada yang ada di kisaran Rp 806 jutaan pertahun.


Sedangkan untuk mekanik berpengalaman bisa sampai Rp 1 miliar lebih. Angka yang sangat fantastis untuk profesi seorang mekanik tentunya. Jika sudah demikian, Anda bisa mengukur sendiri seberapa menjanjikan jenis bidang yang satu ini.

3. Jenjang Karir Mekanik Otomotif

Hampir semua jenis bidang memiliki jenjang karir yang jelas untuk memudahkan para pelaku bisa beranjak dari satu jenjang ke jenjang berikutnya. Hal ini tak terkecuali bidang mekanik mesin.


Kejelasan jenjang karir perlu dalam banyak bidang termasuk bidang mekanik. sumber : istockphoto.com
Kejelasan jenjang karir perlu dalam banyak bidang termasuk bidang mekanik. Sumber : istockphoto.com


Secara umum jenjang karir seorang mekanik terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap sekolah menengah kejuruan. Tahap ini kemudian berlanjut ke tahap magang hingga sampai ketahap terakhir yaitu tahap sertifikasi.

7 Kualifikasi Pokok Seorang Mekanik Otomotif

Kualifikasi seorang mekanik adalah konsekuensi logis dari sejumlah fungsi penting atau peran penting seorang mekanik yang antara lain adalah diaknosa kerusakan, perbaikan termasuk juga perawatan mesin, estimasi biaya perbaikan, sampai dengan pelaporan.


Beberapa kualifikasi seorang mekanik berikut adalah beberapa yang paling prinsipil. Maka sudah seharusnya di miliki oleh mereka yang sedang menapaki jenjang karir seorang mekanik. Berikut ketujuh kualifikasi yang dimaksud.

1. Keluasan Wawasan Seputar Mekanisme Mesin

Keluasan wawasan adalah harga mati dalam segala hal. Sebab, keluasan wawasan inilah yang nantinya akan sangat menentukan tepat tidaknya sebuah tindakan. Lebih-lebih dalam hal permesinan. Baik seputar mekanisme mesin motor, mobil, truk dan sejenisnya.



Wawasan menentukan tindakan. Sumber : istockphoto.com
Wawasan menentukan tindakan. Sumber : istockphoto.com

2. Penguasaan Mekanisme Mesin Lintas Jenis

Karna karakter bidang mekanik adalah praktis dan teknis, maka aspek wawasan teoritis tentu jauh dari kata cukup. Sehingga dibutuhkan keahlian nyata berupa skill mekanik sebagai interpretasi daripada keluasan wawasan sebelumnya.

3. Memahami Mekanisme Mesin Berbasis Komputer

Pesatnya perkembangan industri di zaman teknologi digital ini, menuntut penyesuaian di banyak hal dan bidang, tak terkecuali di bidang otomotif dan mekanik. Oleh karenanya aspek pengoperasian sistem komputer juga harus menjadi salah satu kualifikasi dari seorang mekanik.


Digitaslisasi dalam bidang mekanik. Sumber : istockphoto.com
Digitaslisasi dalam bidang mekanik. Sumber : istockphoto.com

4. Memahami Rekayasa Teknologi

Kualifikasi yang juga masih sangat terkait dengan aspek komputerisasi atau digitalisasi mesin adalah rekayasa teknologi. Yang mana rekayasa teknologi ini menjadi perlu untuk dilakukan sebagai bagian dari tuntutan kemajuan industri dan juga teknologi.

5. Kontrol Mesin

Aspek teknis dari sejumlah kualifikasi seorang mekanik mesin otomotif adalah kemampuan kontrol terhadap berbagai jenis mesin baik dalam rangka perbaikan atau sekedar perawatan mesin. Kualifikasi ini adalah kualifikasi standar daripada seorang mekanik.

6. Memiliki Kemampuan Komunikasi dan Kepemimpinan

Meski seorang mekanik bergelut dengan berbagai jenis mesin yang notabene merupakan benda mati, tetap saja seeorang mekanik adalah makhluk hidup yang tidak bisa lepas dari interaksi, terlebih jika sudah bicara soal kerja tim.


Kemampuan leadership penting dalam dunia kerja. Sumber : unsplash.com
Kemampuan leadership penting dalam dunia kerja. Sumber : unsplash.com


Oleh karena kepastian adanya kerja tim inilah yang menjadikan kualifikasi komunikasi dan juga kepemimpinan menjadi sangat-sangat penting untuk dimiliki oleh tiap-tiap mekanik. Yang mana dengan kualifikasi inilah berbagai macam problem bisa terselesaikan bersama.

7. Kualifikasi Pelayanan dan Bahasa Asing

Dan kualifikasi mekanik otomotif yang terakhir adalah kualifikasi dalam hal pelayanan dan juga penguasaan bahasa asing yang mumpuni atau memadai. Kualifikasi ini sangat erat kaitannya dengan fakta pelanggan dan juga fakta interaksi dari seorang mekanik dengan berbagai pihak terkait.


Nah itulah yang agaknya menjadi tujuh dari sekian banyak kualifikasi yang idealnya dimiliki oleh tiap-tiap mekanik mesin. Yang mana ketujuh kualifikasi di atas semoga sedikit banyak mewakili ragam kualifikasi seorang mekanik yang tentu masih sangat banyak dan kompleks.


Akhir kata jangan lupa untuk simak juga ulasan menarik lainnya seputar dunia otomotif. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat yang banyak untuk pembaca. Baik dari kalangan calon-calon mekanik sendiri ataupun jenis bisnis terkait seperti penyedia jasa travel antar kota misalnya. Sekian dan terima kasih banyak.

Wajib Tau, 6 Jenis Kerusakan Mesin Motor Matic

Wajib Tau, 6 Jenis Kerusakan Mesin Motor Matic

Sepeda motor bisa dibilang menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang paling banyak penggunanya. Hal ini tentu saja termasuk di Indonensia. Hanya saja, dari sekian puluh bahkan ratus juta pengguna sepeda motor, tidak kemudian semua penggguna faham seputar mesin khususnya mesin motor matic.


Ya, secara lebih spesifik, penggunaan jenis motor matic memang menanjak cukup signifikan. Yang demikian bisa kita lihat di sekeliling kita baik khususnya ketika berangkat kerja ataupun pulang kerja. Atau di waktu-waktu selain itu, di mana kita bisa melihat pengguna motor matic lintas gender, lintas kalangan, lintas usia.


Meski banyaknya jumlah pengguna tidak berbanding lurus dengan banyaknya pengguna yang faham seputar permesinan merupakan sesuatu yang wajar, para pengendara motor metic, jika itu termasuk Anda yang saat ini sedang menyimak artikel ini, minimal memahami beberapa hal penting terkait dengan mesin motor metic.


Penggunaan motor matic semakin populer. Sumber : google.com
Penggunaan motor matic semakin populer. Sumber : google.com


Salah satu hal penting yang dimaksudkan di sini adalah beberapa jenis kerusakan pada mesin motor metic yang bisa dibilang cukup sering terjadi. Dengan mengetahui beberapa jenis kerusakan yang umum terjadi, setidaknya Anda bisa menduga jenis kerusakan dengan dugaan kuat.

6 Masalah Motor Matic yang Umum Terjadi

Mengetahui beberapa jenis kerusakan pada mesin motor, dalam hal ini motor metic, selain membuat Anda lebih peka terhadap kerusakan, juga bisa lebih berhati-hati baik dalam penggunaan sampai dengan perawatan motor matic. Inilah yang membuat pembahasan ini menjadi penting.

1. Gangguan pada Tarikan Gas

Kerusakan atau gangguan pada tarikan gas adalah salah satu yang cukup jamak terjadi pada jenis motor matic. Hal ini terbukti dari banyaknya keluhan oleh umumnya pengguna motor matic yang mana gas tiba-tiba terasa berat atau bahkan macet.


Gangguan pada gas semacam ini memang kerap kali terjadi terutama pada motor matic yang sudah berusia lebih dari dua tahun. Gangguan semacam ini sedikit banyak diakibatkan oleh kondisi filter udara yang kotor.

Oleh karena itu, gangguan semacam ini bisa lebih Anda hindari dengan melakukan pengecekan termasuk pembersihan pada bagian filter udara motor matic kesayangan Anda secara rutin.

2. Mesin Motor Cepat Panas

Gangguan yang juga sering kali terjadi adalah kondisi mesin motor yang relatif lebih cepat panas. Hal ini terjadi umumnya dikarenakan sirkulasi oli mesin yang mengalami penyumbatan. Maka wajar jika mesin mudah panas oleh sebab tidak terlumasi dengan baik.

Antisipasi mesin panas dengan pengecekan oli secara rutin. Sumber : google.com
Antisipasi mesin panas dengan pengecekan oli secara rutin. Sumber : google.com


Ketika ring piston cenderung kering dalam jangka waktu yang lama, resikonya bukan hanya mesin yang mudah panas, bahkan bisa berisiko mogok secara tiba-tiba. Tentu, kondisi semaca ini sangat tidak diharapkan oleh semua pengguna motor matic.


Oleh karena itu, sebagai bagian dari langkah pencegahan, sebaiknya Anda rajin-rajin memerikasa kondisi oli pada mesin motor matic Anda. Dalam hal ini mengetahui volumen oli apakah masih dalam batas indikator normal atau tidak. Termasuk perubahan warna dan bau oli.

3. Suara Bising pada Mesin

Masalah berikutnya meski tidak begitu fatal, namun cukup mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Bahkan bisa mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya. Ya betul, apalagi kalau bukan masalah kebisingan yang bersumber dari mesin.


Kondisi bising pada mesin ini juga sangat mungkin diperparah dengan getaran yang cukup keras ketika gas ditarik. Kondisi semacam ini suka atau tidak perlu untuk diatasi sesegera mungkin. Antara lain dengan cara mengganti roller dengan yang baru jika memang sudah rusak.

4. Masalah Sistem Kelistrikan

Beralih dari masalah mesin ke masalah kelistrikan. Sebab, masalah kelistrikan juga terbilang cukup banyak terjadi pada motor matic. Gangguan semacam ini biasanya bisa diidentifikasi dengan kondisi lampu motor yang secara tiba-tiba padam.


Pengecekaan aki penting untuk mengatasi masalah kelistrikan. Sumber : istockphoto.com
Pengecekaan aki penting untuk mengatasi masalah kelistrikan. Sumber : istockphoto.com


Selain lampu yang mati secara tiba-tiba, starter yang sulit untuk berfungsi, lampu speedometer redup juga bisa menjadi salah satu indikator adanya gangguan kelistrikan. Maka, untuk mencegah gangguan pada kelistrikan ini Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin terkait dengan kondisi aki motor.

5. Masalah pada Rem

Rem juga tak luput dari masalah-masalah yang kerap kali terjadi. Tentu masalah yang kelima ini tidak hanya terjadi pada jenis motor matic, tapi juga terjadi pada kesemua jenis kendaraaan tidak hanya motor. termasuk mobil matic sekalipun.


Tepatnya adalah kondisi rem motor yang mulai terasa kurang pakem jika dibandingkan dengan biasanya. Jika kondisi tidak ideal seperti ini terjadi tentu akan sangat beresiko pada tingkat keselamatan pengguna.

Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya Anda secara rutin melakukan pengecekan dan pergantian kampas rem jika memang mengharuskan ganti kampas.

6. Mesin Mati Mendadak

Terakhir adalah gangguan yang terjadi pada mesin yang mati secara mendadak. Kerusakan semacam ini juga cukup sering terjadi pada jenis motor matic. Hal ini umumnya disebabkan oleh setelan klep yang terlalu rapat sehingga mesin cenderung lebih cepat panas, akselerasi menurun sehingga mesin mati mendadak.


Jika Anda mengalami masalah semacam ini kami sarankan untuk segera membawa motor Anda ke bengkel terdekat. Anda sebaiknya bersiap untuk segala kemungkinan. Bisa sekedar perbaikan, bahkan pergantian komponen mesin.


Untuk mengantisipasi gangguan mesin mati secara mendadak, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri untuk menggunakan bahan bakar berkualitas.


Demikian itulah beberapa jenis gangguan pada jenis motor matic yang perlu untuk Anda ketahui. Saran kami, Anda tidak perlu menunggu sampai motor kesayangan Anda mengalami gangguan. Rawat dengan baik dan rutin motor Anda sebagai langkah preventif. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Mengenal Jenis-Jenis Maintenance

Mengenal Jenis-Jenis Perawatan Mesin

Segala jenis mesin umumnya memiliki usia guna dan rentang produktivitas. Yang mana usia guna dan rentang produktivitas tersebut dalam realisasinya bisa lebih dari yang diprediksi, bisa tepat, bahkan bisa lebih pendek dari usia guna sebagaimana seharusnya. Hal ini terjadi sedikit banyak dipengaruhi oleh pola maintenance atau perawatan mesin.


Ya, perawatan mesin menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan apakh sebuah mesin bisa tetap bekerja maksimal dalam kurun waktu seharusnya atau malah sebaliknya. Inilah yang membuat aspek maintenance mesin menjadi salah satu hal dalam dunia otomotif yang tida bisa dipandang sebelah mata.


Hanya saja, pada faktanya masih cukup banyak pengguna otomotif yang menyepelekan aspek maintenance ini. Bisa karna faktor kelalaian, atau bisa juga karena faktor ketidak tahuan. Oleh karena itu, berikut ini akan kita ulas lebih dalam apa itu maintenance, sekaligus apa saja jenis maintenance yang bisa Anda lakukan.

Mengenal Maintenance Mesin dan Tujuannya

Sebelum ke pembahasan jenis-jenis maintenance, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal apa itu maintenance dan apa pula tujuan dilakukannya maintenance itu sendiri. Secara sederhana, maintenance bisa difahami sebagai upaya perawatan dan juga pemeliharaan mesin, termasuk berbagai peralatan agar tetap pada kondisi yang baik.


Maintenance dalam artian lain yang lebih spesifik adalah upaya untuk mempertahankan kondisi mesin, dan juga upaya pengembalian mesin ke kondisi semula jika memang terjadi perubahan pada kondisi mesin. Hal ini penting untuk dilakukan agar mesin bisa bekerja secara optimal sebagaimana seharusnya.


Maintenance mesin penting untuk dilakukan. Sumber : istockphoto.com
Maintenance mesin penting untuk dilakukan. Sumber : istockphoto.com


Demikian halnya jika mesin tidak dalam kondisi sebagaimana seharusnya, maka akan sangat mempengaruhi produktivitas, kualitas hasil, efisiensi waktu dan sumber daya, yang tentu saja bisa berdampak kurang baik terhadap perusahaan. Jadi, bisa disimpukan bahwa tujuan daripada dilakukannya maintenance setidaknya ada dua, fix it dan keep it run.


Fix it maksudnya adalah memperbaiki sesuatu. sedangkan keep it run adalah penjagaan berbagai peralatan agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan beberapa kegiatan utama dari aktivitas maintenance antara lain ada aktivitas pemeriksaan atau checking, meminyaki atau lubrication, perbaikan atau repairing, sampai dengan penggantian suku cadang atau spare part.

Jenis-Jenis Perawatan Mesin Berdasarkan Waktu dan Kondisi

Dalam rangkaian kegiatan maintenance, umumnya Anda bisa mendapati beberapa jenis dari pada maintenance itu sendiri. Klasifikasi maintenance di sini dikategorikan waktu dilakukannya maintenance dan juga kondisi mesin itu sendiri. Pengkategorian maintenan di sini menjadi sangat penting untuk diketahui agar mesin bisa mendapatkan maintenance secara lebih maksimal.

1. Preventive Maintenance (Perawatan Pencegahan)

Kategori maintenance atau perawatan mesin yang pertama adalah preventive maintenance atau perawatan mesin yang sifatnya pencegahan. Karna sifatnya sebagai pencegahan, maka perawatan dilakukan jauh sebelum terjadinya krusakan. Sedangkan untuk jenis dari preventive maintenance ada dua, perawatan mesin berkala dan perawatan prediktif.


Preventive Maintenance sebaiknya dilakukan secara berkala. Sumber : istockphoto.com
Preventive Maintenance sebaiknya dilakukan secara berkala. Sumber : istockphoto.com

Perawatan mesin berkala umumnya dilakukan secara rutin yang terjadwal. Dan yang bisa Anda lakukan antara lain adalah pembersihan mesin, inspeksi mesin, meminyaki mesin, sampai dengan penggantian oli dan penggantian suku cadang baru jika memang diperlukan. Hal-hal tersebut dilakukan tidak lain untuk menghindari kerusakan mesin mendadak.


Sedangkan untuk perawatan mesin prediktif, bisa Anda lakukan berdasarkan analisa trend yang akan mengkonfirmasi kapan terjadinya kerusakan pada mesin di komponen-komponen tertentu semisal pada lapisan peredam kap mesin berbahan alumunium foil. Jadi, predictive maintenance lebih kepada mengantisipasi kegagalan sebelum terjadinya kerusakan total.

2. Corrective Maintenance (Perawatan Korektif)

Berbeda dengan preventive maintenance yang dilakukan jauh sebelum mesin mengalami kerusakan, corrective maintenance justru dilakukan dengan cara mengidentifikasi penyebab kerusakan untuk kemudian dilakukan perbaikan agar mesin bisa kembali beroperasi dan bisa digunakan dengan normal.


Jadi, perawatan korektif dilakukan ketika mesin sudah mengalami kerusakan pada beberapa komponen. Atau lebih kepada perawatan pada mesin yang menurun kinerjanya di bawah tingkat produktivitas seharusnya. Maka dilakukannya perawatan korektif agar ditemukan penyebab menurunnya kinerja mesin.


Perawatan korektif ini menjadi sangat penting untuk dilakukan. Sebab, segala jenis mesin tentu lambat laun akan mengalami penurunan kinerja dikarenakan usia guna mesin yang semakin hari mengalami penurunan. tentu saja hal ini merupakan hal yang wajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perawatan korektif.

3. Breakdown Maintenance (Perawatan saat terjadi kerusakan)

Nah, jenis maintenance berikutnya agaknya sudah bisa ditebak. Ya, jenis maintenance terakhir ada breakdown maintenance atau perawatan mesin ketika terjadi kerusakan. Kalau boleh dibilang, jenis perawartan mesin yang satu inilah yang paling banyak diandalkan oleh kebanyakan pengguna otomotif.


Breakdown Maintenance sebaiknya dihindari. Sumber : unsplash.com
Breakdown Maintenance sebaiknya dihindari. Sumber : unsplash.com

Secara ringkas, perawatan mesin jenis ini dilakukan setelah kerusakan pada mesin atau peralatan kerja benar-benar terjadi. Yang mana kerusakan di sini tidak hanya soal penurunan kinerja mesin, tapi yang menyebabkan mesin tersebut tidak dapat beroperasi secara normal atau terhenti secara total di waktu yang mendadak.


Oleh karena itu, demi keamanan, kenyamanan, dan juga produktivitas kerja, perawatan jenis ini tidak begitu disarankan. Artinya, perawatan ketika mesin benar-benar berhenti beroperasi bisa dihindari dengan rutin melakukan dua jenis sebelumnya. Bahkan, terjadinya kerusakan total bisa sangat berakibat fatal pergantian mesin total yang mana biaya yang harus dikeluarkan menjadi berlipat.


Itulah setidaknya tiga jenis maintenance mesin otomotif berdasarkan klasifikasi waktu dan kondisi mesin. Dengan mengetahui ketiga jenis maintenance di atas, harapannya Anda mulai bisa merutikan dua jenis maintenance yang pertama ketimbang mengandalkan jenis maintenance yang ketiga.


Semoga ulasan terkait maintenance mesin kali ini bisa bermanfaat untuk menjaga kondisi mesin Anda tetap prima. Jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.