8 Tips Jitu Menghilangkan Karat Mobil yang Bisa Anda Ikuti

8 Tips Jitu Menghilangkan Karat Mobil yang Bisa Anda Ikuti

Karat pada mobil tentunya akan jadi masalah umum yang sering dialami oleh pemilik mobil. Bahkan jika dibiarkan begitu saja justru akan merusak tampilan mobil. Lebih buruknya dapat merusak struktur dan kekuatan kendaraan. Jadi sebaiknya ketahui cara menghilangkan karat mobil.


Dengan mengetahui cara tersebut maka penyebaran karat bisa diminimalisir. Ada banyak sekali cara atau tips yang bisa Anda ikuti di rumah sebagai langkah awal sebelum akhirnya meminta bantuan bengkel.


Tips menghilangkan karat pada mobil, Sumber: moladin.com

Tips menghilangkan karat pada mobil, Sumber: moladin.com

Tips dan Cara Menghilangkan Karat Mobil Sebagai Alternatif Awal

Jika bukan Anda sebagai pemilik kendaraan yang lebih aware siapa lagi coba? Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya terlebih dahulu agar karat tidak menyebar ke bagian lain. Berikut adalah beberapa tips dan caranya:


1. Mencuci Mobil Secara Teratur

Salah satu penyebab utama mobil rawan berkarat yakni sering dalam keadaan kotor. Oleh sebab itu langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat pada mobil adalah dengan mencucinya secara teratur.


Mobil dengan keadaan bersih menjadi langkah awal untuk mencegah timbulnya karat. Mulai dari sekarang Anda bisa membuat jadwal cuci mobil. Bisa satu minggu sekali, seminggu dua kali, atau dengan kuantitas lain sesuai waktu longgar yang Anda miliki.


Pada saat mencuci mobil selalu pastikan Anda sudah membersihkan kotoran dan debu yang menempel di bagian permukaan. Jika perlu gunakan sabun khusus pencuci mobil agar hasilnya bisa lebih maksimal.

2. Gunakan Amplas

Cara yang tergolong paling mudah untuk menghilangkan karat mobil yakni dengan menggunakan bantuan amplas. Namun hal paling penting yang yakni dengan melihat terlebih dahulu kondisi dari karatnya. 


Apabila karat yang ada pada mobil masih terbilang sedikit atau justru baru saja timbul. Maka karat tersebut masih bisa dihilangkan secara mudah menggunakan amplas. Anda dapat memakai amplas kasar sikat bagian permukaan yang mulai muncul karat.


Jika karat tersebut sudah hilang maka Anda dapat melanjutkan dengan menggosoknya menggunakan amplas bertekstur lebih halus. Lapisi bagian yang sudah diamplas menggunakan cat dasar supaya karat tidak muncul lagi.


Cara menghilangkan karat mobil yang satu ini tidak disarankan untuk bagian body mobil. Jadi Anda bisa menggunakannya pada beberapa bagian tertentu. Seperti bawah bagasi, kaki-kaki, ruang mesin, dek bawah jok mobil, dan lainnya selain body mobil.

3. Menggunakan Rush Remover

Cara lainnya yang bisa digunakan guna menghilangkan karat pada mobil yakni dengan menggunakan bantuan cairan rust remover. Untuk cara pemakaiannya hampir sama seperti cara pengecatan dasar setelah di amplas tadi.


Jadi Anda sebagai pemilik mobil disarankan untuk melakukan pengamplasan pada bagian berkarat terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membersihkan karatnya, lalu menggunakan cairan penghilang karat ini untuk menuntaskan pertumbuhan karat. 


Biasanya orang akan menggunakan cairan rust remover saat membersihkan beberapa bagian seperti baut-baut, mur, serta benda lainnya dengan ukurannya kecil. Selain itu Anda juga bisa memakainya pada bagian body mobil. Namun selalu pastikan untuk selalu berhati-hati ketika terkena cat. 


Jika cairan sudah diaplikasikan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan kedua dengan amplas atau sikat kawat bertekstur lebih halus. Setelahnya lakukan penyemprotan anti karat serta cat dasar.

4. Menggunakan Wax dan Sealant

Alternatif lain untuk menghilangkan karat mobil yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan memanfaatkan wax atau sealant. Bahan tersebut bisa membantu untuk melindungi permukaan mobil dari karat. 


Wax atau sealant sendiri nantinya akan membentuk lapisan pelindung, sehingga dapat menghalangi air ataupun oksigen mencapai permukaan logam mobil. Saat ini juga sudah ada banyak sekali produk wax yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 


Teknik mengamplas mobil, Sumber: klikmjm.com

Teknik mengamplas mobil, Sumber: klikmjm.com

5. Memperbaiki Goresan Sesegera Mungkin

Selain keadaan mobil yang kotor ternyata goresan yang ada di bagian permukaan mobil bisa menjadi penyebab atau titik awal adanya karat. Oleh sebab itu langkah terbaik untuk menghilangkan karat mobil sedari dini mungkin dengan memperbaiki goresan dengan segera.


Anda bisa dengan segera memperbaiki bagian permukaan yang tergores menggunakan cat atau bahan lainnya agar karat segera teratasi. Jika tidak memungkinkan diperbaiki sendiri maka Anda bisa meminta bantuan bengkel untuk mengatasinya. 

6. Menghindari Air yang Menggenang

Jika saat ini mobil Anda sudah berkarat maka sebaiknya hindari air yang menggenang pada permukaan mobil. Sebab air yang ada di bagian permukaan akan semakin mempercepat terbentuknya karat. 


Cara paling tepat yang bisa Anda lakukan yakni dengan parkir mobil pada tempat kering. Selalu usahakan untuk menghindari genangan air. Selain itu selalu pastikan Anda segera mengeringkan mobil jika basah terkena air hujan.

7. Memanfaatkan Produk Anti Karat Mobil

Saat ini Anda cukup terbantu untuk menghilangkan karat mobil. Bagaimana tidak ada banyak sekali produk anti-karat yang tersedia di pasaran. Mulai dari harga terjangkau hingga mahal. Anda bisa menyelesaikannya berdasarkan kebutuhan.


Produk anti karat ini mampu melindungi mobil dari timbulnya karat. Sebelum menggunakan produk tersebut sebaiknya Anda sudah membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan yang sudah tertera pada kemasan produk.

8. Lakukan Perawatan Berkala

Selain beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda melakukan perawatan mobil secara berkala. Bukan hanya bagian permukaan mobil saja. Namun perawatan dilakukan secara menyeluruh.


Hal ini tentunya juga termasuk rutin melakukan pengecekan terhadap mobil Anda. Baik itu untuk bagian-bagian yang rentan terhadap karat seperti bagian bawah mobil dan roda, serta bagian yang tidak rentan dengan karat lainnya. 


Menggunakan produk anti karat mobil, Sumber: otomotif.kompas.com

Menggunakan produk anti karat mobil, Sumber: otomotif.kompas.com


Beberapa tips yang ada di atas bisa membantu Anda mencegah serta menghilangkan karat mobil. Namun untuk karat mobil yang sudah parah dan sulit untuk dijangkau sebaiknya Anda bawa mobil ke bengkel untuk memperoleh penanganan tepat atau cari tahu melalui kursus otomotif.

Mengenal Jenis-Jenis Body Repair yang Digunakan untuk Memperbaiki Mobil

Mengenal Jenis-Jenis Body Repair yang Digunakan untuk Memperbaiki Mobil

Body mobil menjadi bagian yang rawan mengalami kerusakan. Mulai dari tergores, penyok, dan lainnya. Sehingga butuh perbaikan segera agar kerusakan tidak semakin parah. Ada beberapa jenis-jenis body repair yang bisa membantu. 


Namun perlu Anda ketahui bahwasanya jasa body repair sendiri tergolong cukup mahal. Apalagi jika kerusakan mobilnya sudah sangat parah. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis body repair agar lebih mudah mengetahui biaya body repair mobil.


Mengenal jenis-jenis body repair pada mobil, Sumber: hyundai.com

Mengenal jenis-jenis body repair pada mobil, Sumber: hyundai.com

Jenis-Jenis Body Repair yang Sering Digunakan untuk Memperbaiki Mobil

Kisaran biaya yang akan Anda keluarkan tentunya akan bergantung pada jenis body repairnya. Setidaknya ada beberapa jenis yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah dalam persiapan anggaran. Berikut beberapa di antaranya:

1. Cat Ulang

Pengecatan ulang pada mobil akan membutuhkan beberapa proses. Jadi jangan berpikir hanya sekadar mempercantik tampilan jadi baru saja ya. Proses pengecatan sendiri perlu dilakukan agar body lebih awet dan memberikan perlindungan ekstra pada aksesoris eksterior mobil.


Biasanya cat akan diaplikasikan pada bagian permukaan body untuk menyamarkan beberapa hal. Seperti bekas goresan, penyok, dan kotor yang menempel. Selain itu juga berguna untuk mencegah korosi dan oksidasi sebagai penyebab body rapuh serta kusam.


Terkait dengan biaya, mungkin Anda perlu merogoh kocek cukup dalam. Apalagi jika pengecatan dilakukan secara keseluruhan. Kisaran biaya untuk cat ulang secara full yakni mulai dari Rp 4.000.000.


Sedangkan untuk pengecatan pada beberapa panel saja Anda mungkin akan dikenakan biaya mulai dari Rp 300.000. Seemntara khusus pada panel bagian atap mobil biayanya bisa mencapai Rp 800.000.

2. Ganti Kaca Mobil

Kaca juga menjadi bagian body mobil yang kerap mengalami kerusakan. Misalnya saja ketika kaca pecah, berjamur dan juga tergores. Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk jenis-jenis body repair mobil ini sifatnya relatif tergantung jenis kacanya.


Misalnya saja untuk perbaikan kerusakan pada kaca bagian depan. Maka harga ganti baru biasanya akan lebih mahal. Sedangkan untuk kaca bagian samping lebih terjangkau. Penggantian kaca depan memerlukan anggaran biaya sekitar Rp 1.200.000.


Kisaran biaya tersebut untuk penggantian kaca baru bahkan sudah termasuk biaya jasa. Sedangkan untuk kaca bagian samping biayanya sekitar Rp 250.00. Dan bagian belakang mulai dari Rp 500.000.


Penggantian kaca mobil, Sumber: lifepal.co.id

Penggantian kaca mobil, Sumber: lifepal.co.id

3. Perbaikan Bagian Bumper Mobil

Berikutnya jenis-jenis body repair adalah perbaikan pada bagian bumper. Beberapa masalah yang memerlukan perbaikan adalah bumper renggang atau pecah. Baik itu dikarenakan kecelakaan, tertabrak, atau alasan lainnya. 


Umumnya bagian bumper yang sudah penyok akan diperbaiki dengan cara memanaskannya terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar bumper dapat dihaluskan serta diratakan lagi. Sedangkan untuk kondisi bumper pecah maka Anda disarankan untuk ganti dengan baru.


Apabila masalahnya ada bumper renggang maka solusinya cukup simpel yakni dengan mengganti klip penahan supaya bisa lebih kuat. Biaya repair untuk bumper renggang mulai dari Rp 100.000.


Sedangkan bumper penyok akan dikenakan biaya lebih mahal. Biasanya akan dihitung dengan hitungan per panel. Harganya sendiri mulai dari Rp 350.000 an per satu panel bumper mobil.


Lain lagi ketika kerusakan sudah parah karena pecah. Maka Anda perlu merogoh kantong lebih dalam lagi untuk penggantian baru. Pasalnya harga penggantian baru mulai dari Rp 800.000. Kisaran harga di atas mungkin saja berbeda satu daerah dengan lainnya.

4. Perbaikan Body Mobil yang Penyok

Masalah body mobil penyok tentunya bisa saja disebabkan oleh berbagai macam hal dan alasan. Beberapa diantaranya adalah tabrakan dengan kendaraan lainnya, terkena benda jatuh, teledor saat parkir, benturan, dan lainnya.


Masalah seperti ini memang terlihat sangat sepele bagi sebagian orang. Sebab meskipun tidak diperbaiki mobil masih tetap bisa digunakan seperti biasanya. Namun perbaikan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri ya.


Anda perlu membawanya ke bengkel mobil untuk segera diperbaiki. Pilihlah bengkel yang profesional. Biasanya bengkel seperti itu sudah didukung dengan tenaga kerja yang kompeten. Bahkan sesekali pihak bengkel mengadakan kursus otomotif juga.


Setelah mobil di antarkan ke bengkel, biasanya pihak bengkel akan menawarkan beberapa opsi cara untuk mengatasinya. Seperti mengganti dengan yang baru atau memakai bantuan alat khusus agar body penyok bisa halus lagi.

 

Kunjungi saja bengkel yang ada di sekitar rumah Anda mulai dari bengkel resmi mobil, bengkel umum, dan lainnya. Jika memang tidak memungkinkan maka jenis-jenis repair body untuk mengatasi penyok juga dapat dilakukan pada bengkel ketok magic.

 

Berbicara mengenai kisaran harga untuk perbaikan maka hal ini tetap akan bergantung dengan jenis kerusakan dan bengkel yang nantinya akan didatangi. Namun secara garis besar harganya mungkin tidak akan jauh berbeda antara satu bengkel dengan lainnya.


Kisaran biaya yang mungkin perlu untuk Anda persiapkan adalah mulai dari Rp 750.000. Biaya tersebut untuk perbaikan mobil penyok per panelnya pada bengkel resmi. Jika akan membawa ke bengkel umum harganya akan jauh lebih murah.


Paling tidak separo harga daripada memperbaiki di bengkel resmi. Lain halnya ketika membawa ke ketok magic maka biaya yang harus dipersiapkan mulai dari Rp 250.000. Tergantung seberapa tingkat kerusakannya.


Silahkan pilih bengkel mana yang kira-kira sesuai dengan Anda. Baik itu kebutuhan ataupun anggaran dana yang dimiliki. Setiap bengkel tentunya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Perbaikan body mobil yang peyok, Sumber: otomotif.kompas.com

Perbaikan body mobil yang peyok, Sumber: otomotif.kompas.com


Itu dia tadi beberapa penjelasan singkat terkait dengan jenis-jenis repair body beserta kisaran harganya. Hal ini tentunya semakin memudahkan Anda untuk mempersiapkan dana sebelum memutuskan membawanya ke bengkel. Semoga bermanfaat.

11 Bagian Body Mobil yang Wajib Anda Pahami

11 Bagian Body Mobil yang Wajib Anda Pahami

Salah satu hal yang membuat sebagian besar orang menyukai sebuah mobil adalah bentuk desainnya. Terutama pada bagian body mobil yang terlihat begitu mewah dan mempesona. Bahkan tak jarang beberapa produsen juga menambahkan berbagai fitur unggulan pada produknya.


Body mobil sendiri merupakan salah satu komponen utama yang akan membentuk struktur serta penampilan dari sebuah kendaraan. Oleh sebab itu jika Anda mengaku pecinta otomotif maka sebaiknya pahami juga bagian-bagian body yang ada pada sebuah mobil.


Mengenal bagian body mobil, Sumber: hyundai.com

Mengenal bagian body mobil, Sumber: hyundai.com

Mengenal Bagian Body Mobil yang Membuat Penampilan Terlihat Menawan

Dengan memahami beberapa bagian-bagiannya maka Anda akan lebih mudah untuk mengenali kendaraan. Sehingga mudah memahami ketika akan ikut serta pada kursus otomotif. Nah di bawah ini ada penjelasan singkat tentang bagian-bagian body mobil. 

1. Chassis

Chassis merupakan bagian kerangka atau struktur dasar pada sebuah mobil. Peran kerangka sendiri sangatlah penting yakni untuk menopang keseluruhan komponen lain mobil. Sesuai dengan kegunaannya, bahan material chasis terkenal kokoh serta tahan lama. 

Pada umumnya chasis atau kerangka dibuat menggunakan bahan berupa baja dan alumunium. Sedangkan untuk fungsi utama dari bagian body mobil satu ini yaitu memberikan kekuatan serta kestabilan pada mobil.

2. Panel Body

Berikutnya ada panel body. Panel body sendiri adalah bagian luar mobil yang mana terdiri dari berbagai macam jenis panel. Diantaranya adalah kap mesin, pintu, kap bagasi, dan body mobil. 

Panel body memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan sekaligus menjadikan penampilan terlihat estetik. Bagian ini bahkan biasanya dilengkapi dengan aksesoris eksterior mobil tambahan. Seperti spoiler yang berguna untuk meningkatkan performa.

3. Windshield atau Kaca Depan

Windshield dikenal dengan kaca pada bagian depan mobil. Fungsi adalah memberikan keamanan, karena dapat melindungi para pengemudi serta penumpang dari angin, debu, serta hujan. 

Anda sebagai pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan kejernihan dari windshield. Pasalnya kaca bagian depan yang bersih akan membuat visibilitas saat mengemudi jadi tetap optimal.

4. Lampu Depan dan Belakang

Bagian body mobil yang satu ini memang terlihat kecil dan sederhana daripada ornamen lainnya. Meski begitu perannya termasuk penting. Terutama untuk masalah pencahayaan dari mobil itu sendiri.

Lampu depan memiliki fungsi untuk menerangi jalanan yang ada di depan mobil ketika malam hari atau pada kondisi cuaca buruk. Lampu belakang berfungsi untuk memberikan tanda kepada pengemudi yang sedang berada di belakang mobil. 

Lampu ini menjadi informasi visual bagi para pengemudi di belakang mobil untuk aksi yang akan Anda lakukan. Seperti berbelok kanan atau kiri dan berhenti. Jadi selalu pastikan lampu-lampu pada mobil selalu dalam kondisi baik serta berfungsi dengan baik guna keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

5. Pintu dan Jendela

Bagian mobil lainnya yang tidak kalah penting adalah pintu dan jendela. Kedua hal ini menjadi bagian yang memungkinkan para pengemudi dan penumpang untuk masuk dan keluar dari mobil. 

Anda juga perlu selalu memastikan jika pintu dan jendela pada mobil berfungsi secara baik. Hal ini termasuk pada sistem kunci dan kaca jendela yang mana dapat dioperasikan dengan lancar.


Bagian pintu dan jendela mobil, Sumber: carmudi.co.id

Bagian pintu dan jendela mobil, Sumber: carmudi.co.id

6. Spion

Anda sepertinya juga sudah tidak asing lagi dengan bagian body mobil yang satu ini. Ya kaca kecil yang berada di bagian samping depan ini merupakan bagian yang memungkinkan para pengemudi untuk melihat ke belakang mobil. 


Setidaknya pada sebuah mobil terdapat spion dalam mobil dan spion luar. Kedua jenis spion ini juga dapat diatur posisinya. Sama halnya dengan bagian lainnya, spion harus selalu dipastikan dalam kondisi baik sehingga memberikan pandangan jelas dari belakang mobil.

7. Bumper

Selanjutnya ada bumper. Bumper sendiri merupakan bagian dari body mobil yang terletak di bagian depan dan belakang mobil. Fungsi bumper yakni untuk melindungi mobil dari benturan.

Benturan yang dimaksud adalah benturan dengan skala ringan. Bumper pada umumnya terbuat dari bahan fleksibel. Misalnya saja plastik atau karet. Tujuan penggunaan bahan tersebut adalah agar bumper bisa menyerap energi benturan dengan baik.

8. Kap Mesin

Hood atau dikenal dengan sebutan kap mesin merupakan bagian dari body mobil yang mana dapat dibuka. Dengan membuka bagian ini Anda bisa melihat mesin dan komponen-komponen lain yang ada di dalamnya.

Selain itu kap mesin juga memiliki fungsi untuk memberikan pelindung pada mesin dari elemen yang bisa mengurangi performanya. Misalnya saja adalah cuaca dan debu. Pada sebagian jenis mobil biasanya ada baut dan pegas untuk menjaga hood tetap terkunci dengan benar.

9. Atap Mobil

Atap pada mobil memiliki fungsi untuk melindungi penumpang dari hujan, panas terik matahari, serta beberapa pengaruh cuaca lainnya. Biasanya ada beberapa jenis atap seperti atap tetap, atap yang bisa dilipat atau convertible, serta atap sunroof yang dapat dibuka.

10. Bagasi

Selanjutnya ada bagasi. Bagasi pada umumnya adalah bagian body mobil yang terletak di bagian belakang dan berfungsi untuk menyimpan barang bawaan. Sedangkan untuk kapasitasnya akan bergantung pada setiap jenis kendaraan. Bisa besar bisa juga kecil.


Bagian bagasi mobil, Sumber: otomotif.kompas.com

Bagian bagasi mobil, Sumber: otomotif.kompas.com

11. Fender

Fender merupakan bagian body yang melingkupi roda. Fungsi dari fender sendiri yakni untuk memberikan perlindungan terhadap percikan kerikil serta debu yang mana terlempar oleh roda ketika mobil sedang bergerak. Fender dari setiap mobil juga mempunyai desain berbeda.

Di atas tadi adalah beberapa bagian body mobil yang perlu untuk Anda ketahui. Pasalnya ketika memahami fungsi dari masing-masing maka Anda bisa memberikan perawatan yang tepat pada setiap bagian. Sehingga nantinya mobil tetap dalam kondisi baik dan aman.

Tips Mengelola Manajemen Keuangan untuk Bisnis Bengkel Mobil

Tips Mengelola Manajemen Keuangan untuk Bisnis Bengkel Mobil

Apa Anda termasuk pemilik usaha bengkel mobil? Selain mengerti urusan mesin, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah mengelola manajemen keuangan bisnis usaha bengkel Anda. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya, pengelolaan keuangan merupakan faktor utama yang akan menentukan bisnis agar tetap menguntungkan.


Terlebih lagi 20% bisnis baru cenderung mengalami kegagalan dalam dua tahun pertama beroperasi. Aturan semacam ini juga berlaku untuk usaha bengkel. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menganggarkan pengeluaran rutin dan mempelajari cara mengelola keuangan dengan benar.


Terlebih lagi bengkel mobil termasuk ke dalam salah satu jenis bisnis jasa yang memiliki karakteristik pengelolaan keuangan unik. Nah artikel ini akan membahas tentang bagaimana tips mengelola manajemen keuangan usaha bengkel mobil untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi pemborosan.


Tips mengelola manajemen keuangan bisnis bengkel mobil, Sumber: mnews.co.id

Tips mengelola manajemen keuangan bisnis bengkel mobil, Sumber: mnews.co.id

Cara Mengelola Manajemen Keuangan Bisnis Bengkel Mobil

Faktanya ternyata masih banyak usaha bengkel mobil di Indonesia yang tidak menerapkan pengelolaan keuangan dalam operasional harian mereka. Bahkan banyak usaha bengkel mobil yang mengalami kebangkrutan karena tidak melakukan pengelolaan keuangan dengan benar tanpa pembukuan terperinci.


Dalam membangun usaha bengkel mobil, Anda tidak hanya perlu mengelola stok saja. Namun juga harus menangani karyawan termasuk mekanik. Agar bisnis berjalan lancar sesuai tujuan yang sudah ditetapkan, berikut beberapa tips mengelola manajemen keuangan yang bisa diterapkan.

1. Pisahkan Keuangan Bengkel dan Keuangan Pribadi

Tips mengelola keuangan bisnis pertama yang perlu Anda lakukan adalah pisahkan keuangan bengkel dan keuangan pribadi. Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pemula adalah mengira jika bisnisnya masih tergolong kecil.


Mereka beranggapan jika memisahkan keuangan bisnis dan pribadi tidak terlalu berdampak. Meski demikian faktanya menggabungkan uang pribadi dan keuangan bisnis terbilang cukup berisiko dan bisa mengganggu arus kas.


Menggabungkan dua jenis keuangan yang berbeda hanya akan membuat Anda kesulitan untuk mengawasi pengeluaran dan pemasukan bisnis. Oleh sebab itu usahakan untuk selalu memisahkan uang usaha dan pribadi tanpa mempertimbangkan seberapa besar atau kecil bisnis bengkel mobil tersebut.

2. Hitung Proporsi Modal Usaha

Menghitung proporsi modal usaha juga merupakan salah satu tips manajemen keuangan yang terbilang cukup efektif untuk mengembangkan bisnis bengkel. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis bengkel mobil.


Baik itu cadangan khas bisnis, laba yang ditetapkan, hingga biaya operasional bisnis. Setiap pelaku usaha bengkel tentu memiliki standar tersendiri untuk menghitung persentase modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut.


Meski terkesan sederhana namun faktanya menghitung proporsi modal usaha terbilang cukup penting untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan sesuai dengan rencana awal. Dengan begitu bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar dan terhindar dari kerugian.

3. Buat Laporan Keuangan Bengkel Setiap Bulan

Selain beberapa hal di atas tips selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah membuat laporan keuangan bengkel mobil setiap bulan. Membuat laporan keuangan atau pembukuan bulanan bermanfaat untuk mengontrol pemasukan, pengeluaran, hutang, dan piutang.

 

Bukan hanya itu saja pembukuan keuangan bulanan yang rapi dan jelas juga membantu Anda agar bisa menilai kemajuan bisnis bengkel tersebut. Terlebih lagi salah satu tujuan manajemen keuangan adalah mengetahui seberapa besar profit yang sudah diperoleh.


Usahakan untuk selalu konsisten membuat laporan keuangan setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan. Laporan bulanan semacam ini akan membantu Anda mengetahui besarnya rincian uang yang masuk dan keluar ke mana saja.


Pisahkan keuangan bisnis dengan pribadi agar tidak mengganggu cash flow, Sumber: linkedin.com

Pisahkan keuangan bisnis dengan pribadi agar tidak mengganggu cash flow, Sumber: linkedin.com

4. Hindari Hutang Usaha

Pada dasarnya memang tidak ada undang-undang khusus yang melarang Anda menggunakan hutang untuk memulai atau mengembangkan sebuah bisnis. Namun Anda perlu mempertimbangkan lebih lanjut tentang kondisi keuangan bisnis saat ini.


Jangan biarkan bisnis menjadi lebih buruk hanya karena banyaknya cicilan pinjaman yang harus dibayarkan tepat waktu. Dengan kata lain Anda perlu menghindari risiko hutang bisnis apabila pemasukan bulanan tidak memenuhi standar operasional.

5. Diversifikasi Pendapatan Bengkel

Tahukah Anda jika ternyata bergantung pada satu jenis layanan saja tidaklah cukup untuk menjamin keberhasilan usaha bengkel mobil Anda. Oleh sebab itu diversifikasi pendapatan merupakan salah satu strategi penting yang bisa diambil.


Dalam hal ini Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan layanan bengkel kilat, penyediaan suku cadang, atau layanan lainnya yang bisa menambah pemasukan. Melalui cara ini Anda bisa meningkatkan profit dan menjaga performa keuangan agar tetap stabil.

6. Jaga Arus Kas Bengkel Tetap Stabil

Penting bagi Anda untuk selalu memantau arus kas dalam bengkel mobil. Menjaga arus kas tetap stabil merupakan salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengelola dana dengan tepat dan menjaga keseimbangan pengeluaran serta pemasukan. Melalui cara ini bengkel Anda bisa menghadapi tantangan finansial dengan lebih baik.


Rutin membuat laporan keuangan untuk bisnis bengkel, Sumber: ladfanidkonsultindo.com

Rutin membuat laporan keuangan untuk bisnis bengkel, Sumber: ladfanidkonsultindo.com

Kembangkan Usaha Bengkel Bersama SpeedPlus Otomotif

Bisnis bengkel mobil merupakan salah satu jenis usaha yang butuh keahlian khusus dalam bidang otomotif. Agar bisa menjalankan bisnis ini dengan sukses, penting bagi pemilik bengkel mobil untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal perbaikan dan pemeliharaan kendaraan.


Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang otomotif adalah dengan mengikuti kursus otomotif. Kursus semacam ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai sistem dan komponen kendaraan. 


Berkat pengetahuan yang diperoleh, Anda dapat mengidentifikasi masalah pada kendaraan dengan lebih akurat dan melakukan perbaikan yang tepat. Hal ini akan meningkatkan kualitas layanan yang Anda berikan kepada pelanggan dan membantu membangun reputasi bisnis.


Selain pentingnya kursus di bidang otomotif, mengelola manajemen keuangan dengan baik juga menjadi faktor kunci dalam kesuksesan bisnis bengkel mobil. Mengapa manajemen keuangan cukup penting? Sebab fungsi manajemen keuangan yang baik juga akan membantu Anda dalam merencanakan keuangan bisnis. 


Dengan memiliki rencana keuangan yang jelas, Anda dapat mengatur dana untuk kebutuhan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Jadi mengikuti kursus di bidang otomotif dan mengelola manajemen keuangan dengan baik merupakan dua hal penting dalam menjalankan bisnis bengkel mobil.

5 Manfaat Manajemen SDM Bagi Usaha Bengkel Mobil

5 Manfaat Manajemen SDM Bagi Usaha Bengkel Mobil

Manajemen SDM adalah elemen penting agar sebuah perusahaan atau bisnis bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memahami apa saja manfaat manajemen SDM bagi usaha bengkel mobil.


Sebab tanpa adanya elemen tersebut perusahaan akan sulit berjalan dan beroperasi dengan semestinya. Butuh cara khusus untuk memberdayakan sumber daya manusia yang ada. Salah satunya dengan mengikuti kursus otomotif bagi para pegawai bengkel agar kemampuannya semakin meningkat.


Upaya semacam ini dilakukan guna meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Mengingat peranan manajemen sumber daya manusia untuk usaha bengkel mobil terbilang cukup penting, simak penjelasan berikut ini agar bisnis Anda bisa berkembang pesat.


Mengenal berbagai manfaat manajemen SDM bagi bisnis bengkel mobil, Sumber: seva.id

Mengenal berbagai manfaat manajemen SDM bagi bisnis bengkel mobil, Sumber: seva.id

Mengenal Apa Itu Manajemen SDM

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang manfaat manajemen SDM, penting juga untuk tahu apa itu definisi manajemen sumber daya manusia. Perlu untuk dipahami bahwasanya manajemen SDM termasuk ke dalam salah satu bidang kajian penting dalam perusahaan.


Mengapa bisa demikian? Sebab problem atau permasalahan yang dihadapi perusahaan bukan hanya tentang bahan mentah, alat kerja, modal, dan produksi saja. Namun juga mencangkup sumber daya manusia yang notabenenya adalah pihak yang menjalankan dan mengelola faktor-faktor produksi sekaligus merupakan tujuan dari kegiatan bisnis itu sendiri.


Jadi dapat diartikan jika manajemen sumber daya manusia meliputi potensi dan keterwakilan yang dimiliki pimpinan maupun karyawan. Manajemen SDM merupakan upaya atau cara mengelola sumber daya manusia guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.


Tanpa adanya manajemen SDM yang mumpuni maka kemampuan perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis akan jauh lebih sulit untuk dicapai. Jadi bisa disimpulkan jika manajemen SDM adalah aspek krusial perusahaan agar bisa berkembang dan memiliki daya saing tinggi.

Manfaat Manajemen SDM untuk Pengembangan Karir Karyawan 

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya jika manajemen SDM memainkan peranan penting dalam pertumbuhan perusahaan dan membentuk tulang punggung organisasi atau bisnis. Banyak perusahaan mengatakan bahwa karyawan merupakan aset terbesar.


Jika dilaksanakannya dengan benar maka manajemen SDM akan memberikan perbedaan besar dalam meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja. Lantas apa saja sih manfaat manajemen SDM bagi perusahaan dan usaha bengkel mobil? Berikut manfaat utama manajemen SDM yang efektif untuk mengembangkan bisnis bengkel.

1. Menyelaraskan Tujuan Perusahaan dan Pribadi Karyawan

Dalam beberapa kasus perusahaan mungkin saja kehilangan tujuannya karena proses panjang bisa membuat goal-goal yang sudah ditentukan menjadi rancu. Tanpa disadari hal ini bisa membuat kinerja karyawan menjadi menurun sehingga nilai kepuasan pelanggan ikut turun.


Jika hal ini terjadi, pemasukan perusahaan akan tidak aman dan mengakibatkan eksistensinya kalah di kompetisi pasar. Inilah alasan mengapa proses manajemen SDM begitu penting untuk membantu menyelaraskan kembali tujuan perusahaan dengan kemampuan karyawan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Tahukah Anda jika ternyata perhatian terhadap proses manajemen SDM bisa mempengaruhi produktivitas sebuah perusahaan. Sebab perusahaan yang berinvestasi pada pengembangan skill karyawan berkesempatan untuk bisa mendapatkan keuntungan hingga 218% setiap personilnya.


Pencapaian semacam ini tentu akan ikut meningkatkan keuntungan perusahaan hingga 1,5 kali lipat dibanding para kompetitor. Pada sisi lain karyawan yang rutin mengikuti pelatihan skill juga akan semakin loyal terhadap perusahaan. Ketika Anda menaruh perhatian terhadap karyawan maka mereka juga akan melakukan hal yang sama kepada perusahaan.


Adanya manajemen SDM dapat mengembangkan diri karyawan, Sumber: id.pngtree.com

Adanya manajemen SDM dapat mengembangkan diri karyawan, Sumber: id.pngtree.com

3. Mendukung Keterlibatan Karyawan

Manfaat manajemen SDM bagi perusahaan selanjutnya adalah mendukung keterlibatan karyawan. Ketika perusahaan peduli terhadap pengembangan diri karyawan maka mereka juga akan melakukan hal serupa. Artinya usaha berhasil mendukung keterlibatan karyawan terhadap goals pencapaian dan hal-hal yang mengangkut perkembangan bisnis.


Keterlibatan karyawan dengan perusahaan ikut mendorong proses promosi secara internal. Ketika karyawan merasa bangga dan puas terhadap hal-hal yang ditawarkan maka mereka akan merekomendasikannya kepada teman atau keluarga terdekat.


Meski terkesan sederhana namun tindakan semacam ini akan membuat perusahaan memiliki pemasukan yang meningkat. Bahkan internal marketing atau promosi internal juga efektif untuk menaikkan keuntungan hingga 10%. Cukup menguntungkan bukan?

4. Membantu Proses Adaptasi

Manfaat manajemen SDM selanjutnya adalah membantu proses adaptasi para petinggi dan karyawan terhadap kondisi pasar. Terlebih lagi belakangan ini seringkali terjadi perubahan dan goncangan dalam hal bisnis. Fenomena semacam ini tentu membutuhkan kemampuan ekstra bagi para pelaku usaha agar terus survive.


Dengan adanya manajemen SDM yang baik maka setiap bagian perusahaan akan memiliki skill-skill yang diperlukan selama proses penyesuaian tersebut. Contohnya pelatihan otomotif akan membuat karyawan bisa memanfaatkan skill tersebut untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

5. Sistem Manajemen Kerja

Manajemen sumber daya manusia bertanggung jawab penuh untuk meningkatkan sistem manajemen kinerja karyawan agar mereka merasa termotivasi dan dihargai atas pencapaian yang sudah dilakukan. Hal ini tidak hanya menolong mereka untuk selalu meningkatkan keahlian saja. Namun memaksanya agar bisa tampil luar biasa dari sebelumnya.


Usahakan untuk selalu bersikap terbuka tentang pencapaian para karyawan. Performa dari manajemen sumber daya manusia yang efisien dapat menolong, mengidentifikasi dan menghargai kinerja karyawan.


Dengan adanya manajemen SDM dapat meningkatkan sistem kinerja karyawan, Sumber: bfi.co.id

Dengan adanya manajemen SDM dapat meningkatkan sistem kinerja karyawan, Sumber: bfi.co.id

Tingkatkan Skill Karyawan Bersama SpeedPlus Otomotif

Karyawan bengkel dengan tingkatan skill yang baik sangat penting untuk menjaga kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Salah satu cara untuk meningkatkan tingkatan skill karyawan bengkel adalah melalui kursus otomotif. 


Melalui kursus semacam ini, karyawan bisa terus mengembangkan dan meningkatkan skill mereka. Hal ini akan memberikan manfaat besar bagi bengkel, baik itu peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kepuasan pelanggan, dan peningkatan reputasi bengkel di industri otomotif.


Jadi jika Anda ingin memiliki karyawan bengkel dengan tingkatan skill yang baik, pertimbangkan untuk mengirim mereka ke SpeedPlus Otomotif. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa karyawan bengkel memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Inilah 6 Jenis Promosi yang Bisa Dipilih untuk Bisnis Bengkel Mobil

Inilah 6 Jenis Promosi yang Bisa Dipilih untuk Bisnis Bengkel Mobil

Ketika memutuskan membuka bengkel mobil, Anda juga harus memahami jika bisnis ini tidaklah mudah. Bengkel mobil adalah jenis bisnis yang cukup menggiurkan namun harus dikelola dengan baik. Ada banyak strategi promosi bisnis bengkel mobil yang bisa diterapkan agar usaha ini berjalan lancar dan menarik banyak konsumen.

Tujuannya untuk memperkenalkan bengkel Anda kepada banyak orang, mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Akhirnya strategi promosi tersebut akan menghasilkan keuntungan dan kesuksesan yang jauh lebih besar.

Semua jenis bisnis tentu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif agar bisa sukses dan berjalan dengan lancar. Jadi Anda perlu berpikir kreatif tentang bagaimana mempromosikan bisnis tersebut secara efektif dan terjangkau.


Mengenal jenis promosi bisnis untuk bengkel mobil, Sumber: wikaautocare.com

Mengenal jenis promosi bisnis untuk bengkel mobil, Sumber: wikaautocare.com

Mana Jenis Promosi Bisnis untuk Bengkel Mobil yang Terbaik?

Branding merupakan salah satu upaya untuk bisa mengembangkan bisnis bengkel, memperkenalkan citra merek dan menarik banyak perhatian pelanggan. Sedangkan pemasaran merupakan sebuah metode untuk membujuk calon pelanggan agar bisa membeli atau menggunakan layanan tersebut.

Ada banyak sekali jenis promosi untuk bisnis bengkel mobil yang bisa Anda pilih. Setiap jenisnya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan tujuan bisnis. Secara garis besar berikut beberapa jenis media promosi pemasaran bengkel mobil yang patut untuk dipertimbangkan.

1. Tawarkan Souvenir Kepada Pelanggan Setia

Menawarkan souvenir kepada pelanggan setia termasuk ke dalam salah satu jenis promosi bisnis untuk bengkel mobil yang bisa Anda coba. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika para pelanggan akan jauh lebih loyal ketika Anda menawarkan sesuatu yang unik dan menarik.

Salah satunya dengan menyediakan souvenir untuk para pelanggan setia bengkel. Souvenir yang bisa diberikan juga terbilang cukup beragam. Baik itu topi, pakaian, payung, jaket, kalender, dan lain sebagainya.

Selain souvenir, Anda juga bisa menawarkan layanan gratis sebagai hadiah kepada para pelanggan setia. Agar bisa menarik banyak perhatian Anda juga bisa menambahkan fasilitas lain seperti kenang-kenangan, kupon diskon, dan lainnya.

2. Buat Kartu Anggota atau Membership 

Tentu Anda ingin menjaga loyalitas pelanggan bukan? Oleh sebab itu pertimbangkan untuk membuat kartu anggota atau membership. Dengan begitu maka para anggota akan diberi pilihan untuk mengikuti workshop.

Pada setiap kunjungannya mereka akan menerima stiker atau stempel yang akan ditempelkan pada kartu loyalitas. Setelah terkumpul para pelanggan berhak mendapatkan hadiah menarik yang sudah disediakan.

Sebagai pihak bengkel Anda juga bebas memilih jenis hadiah yang akan diberikan kepada para pelanggan tersebut. Salah satunya adalah free service atau free cuci mobil. Meski terkesan sederhana namun hal semacam ini mampu menarik banyak perhatian pelanggan.

3. Pembuatan Website atau Blog

Tidak disangka jika ternyata teknologi internet merupakan salah satu media promosi bisnis yang paling efektif jika digunakan dengan benar. Kali ini Anda juga bisa membuat website atau blog untuk membantu mengiklankan bisnis bengkel tersebut.

Membuat sebuah website atau blog tidak mengharuskan Anda untuk menjadi seorang ahli IT yang mahir dalam bahasa programer. Dengan sedikit belajar, Anda bisa memulai bisnis bengkel blog atau situs web dengan lebih murah dibanding menyewa seorang desainer web.


Membuat website atau blog, Sumber: forbes.com

Membuat website atau blog, Sumber: forbes.com

4. Buat Video Promosi Via YouTube

Ketika mendengar kata YouTube tentu Anda akan memikirkan sebuah platform yang berisi video dari berbagai kategori. Tahukah Anda jika YouTube bukan hanya sekedar platform untuk berbagai konten saja namun juga bisa dijadikan sebagai media promosi perusahaan.

Mengapa bisa demikian? Sebab promosi melalui video akan jauh lebih menarik perhatian dibanding teks. Salah satu hal terpenting dalam promosi bisnis dengan video adalah bagaimana cara membuat video yang mampu menarik banyak perhatian orang.

5. Endorsement dengan Selebgram

Jenis promosi bisnis online bengkel mobil selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah endorsement dengan selebgram. Berkat perkembangan internet dan Instagram, beberapa akun Instagram mampu menarik banyak perhatian para follower.

Istilah semacam ini sering kali dikenal dengan selebgram atau Instagram selebriti. Meski sering disepelekan, namun ternyata kehadiran para selebgram terbilang cukup membantu untuk memudahkan strategi promosi produk melalui approval.

Para selebgram akan dihubungi melalui pesan langsung atau Instagram untuk menanyakan harga promosi. Approval Instagram memiliki nama lain paid promotion. Jadi dengan kesepakatan tertentu produk atau jasa akan dipromosikan oleh selebgram dan bisnis Anda bisa semakin dikenal banyak orang.

6. Spanduk dan Brosur Menarik

Ketika berada di jalan raya sudah barang tentu jika Anda akan menemukan spanduk menarik yang bisa menggelitik atau mengejutkan seseorang. Spanduk dan brosur menarik juga merupakan salah satu contoh strategi periklanan yang unik namun menjengkelkan.

Metode promosi bisnis bengkel mobil semacam ini layaknya pedang bermata dua, yakni bisa bermanfaat dan berbahaya. Jadi pastikan manfaatkan kesempatan semacam ini untuk bisa membuat spanduk dan brosur bisnis bengkel Anda dengan menarik agar bisa menarik banyak pelanggan.


Menggunakan spanduk untuk menarik pelanggan, Sumber: franchiseglobal.com

Menggunakan spanduk untuk menarik pelanggan, Sumber: franchiseglobal.com

Asah Kemampuan Anda Bersama Kami

Memahami jenis promosi bisnis bengkel mobil memang penting untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis Anda. Namun, tidak hanya itu yang perlu Anda perhatikan. Selalu mengasah kemampuan otomotif juga memiliki manfaat yang tak kalah penting.

Dengan mengikuti kursus otomotif bersama kami, Anda bisa memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai aspek teknis dalam industri otomotif. Anda akan belajar tentang mesin, sistem kelistrikan, sistem suspensi, dan banyak lagi. 

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mobil bekerja, Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Selain itu, dengan kursus otomotif juga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan praktis dalam hal perbaikan dan pemeliharaan mobil. 

Jadi, selain memahami jenis promosi bengkel mobil, mengasah kemampuan otomotif juga merupakan langkah penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik, Anda dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada pelanggan dan membangun bisnis yang sukses dalam industri otomotif.

Inilah 5 Jenis Oli Mobil yang Wajib Diketahui agar Tidak Salah Pilih

Inilah 5 Jenis Oli Mobil yang Wajib Diketahui agar Tidak Salah Pilih

Ada beberapa jenis oli mobil yang berfungsi sebagai pelumas, pembersih, dan pendingin mesin. Tanpa adanya oli komponen mobil akan mengalami gesekan berlebihan antar bagiannya. Gesekan yang disebabkan bisa keausan, overheating, atau bahkan kerusakan.

Semua jenis oli mobil perlu diganti secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen atau jadwal pemeliharaan yang disarankan. Penggantian oli secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga kinerja mesin agar tetap optimal.


Mengenal berbagai jenis oli mobil yang ada di pasaran, Sumber: carro.id

Mengenal berbagai jenis oli mobil yang ada di pasaran, Sumber: carro.id

Jenis-Jenis Oli Mobil

Jenis oli mobil terdiri dari oli mesin, oli gardan, oli transmisi, dan oli power steering. Setiap jenis oli memiliki fungsi berbeda sesuai dengan dimana lokasi oli ditempatkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing jenis oli.

1. Oli Mesin

Oli mesin merupakan salah satu jenis oli yang paling dikenal oleh masyarakat. Fungsi utama dari oli mesin adalah untuk menjaga performa mesin secara keseluruhan. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas sekaligus pendingin dan pembersih komponen yang ada di dalam mesin.

Oli mesin dapat diibaratkan sebagai "nyawa" mesin mobil karena tanpa oli yang baik, mesin tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Oli mesin akan melumasi dan melindungi bagian-bagian penting seperti piston, silinder mesin, dan crankshaft, dari gesekan dan korosi.

Idealnya oli mesin perlu diganti setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer. Hal itu tergantung pada kondisi mobil dan jenis oli yang digunakan. Mengganti oli terlalu jarang dapat menyebabkan keausan pada mesin.

Sedangkan mengganti oli terlalu sering juga bisa mengakibatkan pemborosan. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti panduan penggantian oli mesin yang disarankan oleh pabrikan mobil.

2. Oli Transmisi

Jenis oli mobil yang kedua ada oli transmisi. Oli transmisi merupakan oli yang berguna untuk memperlancar proses pergantian gigi atau transmisi. Ada dua jenis transmisi yang terdapat pada mobil yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Transmisi manual memerlukan oli khusus untuk melumasi komponen seperti gear dan bearing. Oli transmisi bisa membantu mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan getaran atau suara saat perpindahan gigi dilakukan secara manual.

Sedangkan pada transmisi otomatis, oli transmisi dibutuhkan untuk melumasi komponen yang ada pada mesin transmisi otomatis seperti clutch dan torque converter. Fungsinya tentu saja untuk membantu mengurangi gesekan dan memastikan perpindahan gigi berjalan lancar.

Umumnya, oli transmisi manual disarankan untuk diganti setiap 40.000 kilometer. Sementara oli transmisi otomatis bisa bertahan lebih lama, tergantung pada kondisi dan pemakaian. Di daerah tropis seperti Indonesia, penggantian oli transmisi disarankan setiap 50.000 kilometer.

3. Oli Gardan

Oli gardan merupakan jenis oli berfungsi untuk melumasi gigi pada sistem gardan. Oli gardan juga berguna untuk melindungi bagian pinion gear dari kontak langsung dengan bearing agar tidak terjadi keausan.

Tanda-tanda oli gardan perlu diganti adalah munculnya suara berdengung atau terjadi getaran yang cukup keras saat mobil dibelokkan. Selain itu secara kasat mata oli akan berubah warna dan tingkat kekentalannya menurun.

Ketika mobil mengalami gejala tersebut, sebaiknya oli gardan segera diganti untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem gardan dan komponen-komponen yang terkait. Ganti oli gardan secara teratur dapat membantu menjaga kinerja sistem gardan pada mobil.


Ilustrasi penggantian oli mobil, Sumber: autos.id

Ilustrasi penggantian oli mobil, Sumber: autos.id

4. Oli Rem

Oli rem atau minyak rem adalah jenis oli mobil yang sangat penting karena berguna untuk menjaga kelancaran sistem pengereman pada mobil. Oli rem akan melumasi bagian-bagian penting seperti cakram dan kampas rem.

Oli rem juga berperan sebagai media transmisi tenaga dalam sistem hidrolik pada rem hidrolik. Tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh oli rem dipindahkan ke kaliper rem atau silinder roda yang kemudian menghasilkan gaya pengereman pada cakram atau drum rem.

Oli rem sebaiknya diganti setiap 30.000 kilometer. Akan tetapi jika terjadi perubahan warna, penurunan kekentalan, dan penurunan volume oli maka Anda perlu segera mengganti oli rem.

5. Oli Power Steering

Mobil-mobil saat ini memiliki kemudi yang lebih mudah diputar dibandingkan dengan mobil lama berkat adanya teknologi power steering. Power steering memanfaatkan tekanan hidrolik atau elektrik untuk membantu perputaran roda kemudi.

Dengan adanya power steering, pengemudi bisa menggerakkan kemudi dengan lebih mudah meskipun ketika sedang berbelok atau saat berada di kecepatan rendah. Hal itu bisa membantu mengurangi kelelahan dan membuat mengemudi menjadi lebih nyaman.

Oli power steering adalah jenis oli mobil yang cukup jarang diganti. Anda hanya perlu menggantinya setiap 40.0000 kilometer. Namun jika ada tanda-tanda yang mengharuskan oli segera diganti sebaiknya Anda tidak perlu menunggu sampai 40.000 kilometer.

Merk Oli Mobil

Sebenarnya ada banyak sekali merk oli mobil yang beredar di pasaran. Masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah contoh merk oli mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

1. Castrol

Castrol adalah merek oli yang cukup terkenal karena telah dibekali dengan teknologi terkini. Castrol magnatec 10W-30 menggunakan molekul pintar untuk membersihkan mesin secara menyeluruh. Harga castrol magnatec sekitar Rp 360 ribu per 4 liter.

2. Total

Total Quartz 9000 5W-40 adalah pilihan tepat untuk Anda yang suka melakukan perjalanan jauh. Oli total bisa menjaga mesin tetap berfungsi dengan baik meskipun dalam kondisi panas. Zat aditifnya membuat mesin lebih awet dan tahan oksidasi.


Pengecekan oli mobil, Sumber: automotive.evalube.com

Pengecekan oli mobil, Sumber: automotive.evalube.com

3. Shell

Shell merupakan perusahaan minyak dan gas terkemuka yang menyediakan pelumas. Produk terbaiknya, Shell Helix HX7 karena telah menggunakan teknologi flexi molecule untuk membersihkan mesin dan memiliki titik penguapan rendah dan mampu menghemat penggunaan oli. 

Itulah 5 jenis oli mobil yang perlu Anda ketahui beserta 3 merk brand oli yang cukup terkenal di Indonesia. Selain yang sudah disebutkan tadi, tentu saja masih banyak brand lain yang tak kalah bagus dan patut untuk dicoba.

6 Tips Perawatan Eksterior Mobil yang Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan

6 Tips Perawatan Eksterior Mobil yang Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan

Tidak sedikit pemilik mobil yang kurang peduli dengan perawatan eksterior mobil. Alhasil mobil yang belum lama dibeli penampilannya sudah seperti mobil-mobil lama. Kusam, baret, dan tampak kumuh.

Padahal merawat eksterior mobil sama pentingnya dengan merawat bagian interior atau bahkan mesin mobil. Mobil yang mendapat perawatan secara menyeluruh memiliki tampilan bagus sehingga lebih nyaman dikendarai.


Informasi terkait tips perawatan eksterior mobil, Sumber: otomotifxtra.semaraknews.co.id

Informasi terkait tips perawatan eksterior mobil, Sumber: otomotifxtra.semaraknews.co.id

Tips Perawatan Eksterior Mobil

Merawat bagian eksterior mobil bisa dimulai dengan langkah sederhana seperti memarkir di tempat yang aman atau membersihkan mobil dari debu dan kotoran yang menempel. Namun untuk kondisi tertentu perawatan perlu dilakukan di tempat khusus seperti salon mobil.

Sebagai tempat kursus otomotif, kali ini SpeedPlus Otomotif akan membagikan tips merawat bagian eksterior mobil agar tampilannya selalu bagus dan berkilau.

1. Memarkir Mobil Ditempat yang Aman

Supaya cat mobil tidak cepat rusak sebaiknya Anda selalu memilih parkiran mobil yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk memarkirkan mobil di dalam gedung atau di bawah pohon yang rindang. 

Apabila sulit menemukan tempat parkir yang aman Anda bisa menutup bagian eksterior dengan cover mobil. Selain itu jangan biarkan mobil terlalu lama terkena hujan. Paparan air hujan secara terus-menerus dapat meningkatkan risiko korosi dan kerusakan pada cat mobil. 

Kerusakan eksterior juga bisa terjadi jika mobil diparkir di tempat yang kurang aman seperti daerah yang rawan tindak vandalisme. Pencurian aksesori atau bagian eksterior seperti spion, emblem, atau pelek juga bisa terjadi jika mobil dibiarkan di tempat yang rentan.

2. Cuci Mobil Secara Tepat

Mencuci mobil secara tepat adalah langkah penting dalam merawat eksterior mobil. Anda harus menggunakan sabun yang diformulasikan secara khusus dan spon lembut untuk menghindari goresan pada cat mobil. 

Mulailah dengan membersihkan bagian atas mobil terlebih dahulu, kemudian turun ke bagian bawah untuk menghindari penyebaran kotoran yang sudah terangkat. Jangan lupa bersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti di bawah bodi dan di sekitar roda. 

Setelah mencuci, bilas mobil menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain microfiber yang bersih dan lembut. Tujuannya adalah untuk menghindari terbentuknya noda air. Sebaiknya hindarilah mencuci mobil di luar ruangan yang terpapar terik matahari langsung.

Air dan sabun bisa mengering dengan cepat sehingga dapat meninggalkan noda yang sulit dihapus. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mencuci mobil dengan tepat dan menjaga penampilan eksterior mobil Anda tetap bersih dan terawat.

3. Gunakan Wax agar Body Mengkilap

Wax adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat tampilan eksterior mobil agar terlihat mengkilap. Perawatan eksterior mobil menggunakan wax bahkan banyak dilakukan di salon mobil karena hasilnya yang bagus.

Sebelum mengaplikasikan wax pada bagian eksterior mobil, pertama-tama Anda harus membersihkan mobil secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyebabkan goresan saat proses waxing. 

Kemudian aplikasikan wax secara merata menggunakan busa aplikator atau kain yang bersih dengan gerakan melingkar. Biarkan wax mengering selama beberapa menit atau sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan.

Wax membantu melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar UV dan lainnya. Oleh karena itu wax juga berfungsi sebagai lapisan pelindung yang membuat mobil tampak lebih berkilau.


Memarkirkan mobil di tempat yang tepat, Sumber: otomotif.antaranews.com

Memarkirkan mobil di tempat yang tepat, Sumber: otomotif.antaranews.com

4. Coating

Coating merupakan perawatan eksterior mobil untuk memberi perlindungan yang lebih baik daripada waxing. Coating sendiri adalah proses menambahkan lapisan khusus pada permukaan mobil sehingga tampilannya lebih mengkilap dan sedap dipandang mata.

Coating sering dipilih untuk merawat cat mobil yang sudah mulai memudar supaya lebih bening, glossy, dan cerah. Umumnya proses coating menggunakan bahan silikon dioksida yang biasanya sering digunakan dalam proses pembuatan kaca atau keramik.

Tingkat ketebalan lapisan coating yang diaplikasikan bisa mempengaruhi kemampuan cat mobil untuk menahan goresan dan baret. Semakin tebal dan keras lapisan coating, semakin baik perlindungan terhadap goresan halus. 

Coating juga bisa membuat permukaan mobil menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur dari efek water repellent yang dihasilkan. Air dan kotoran akan langsung tergelincir sehingga  mencegah bercak air dan pertumbuhan jamur.

5. Auto Detailing

Auto detailing tidak hanya fokus pada bagian eksterior dan interior, tetapi juga pada bagian mesin. Mobil yang digunakan untuk keperluan sehari-hari sangat rentan terhadap berbagai kotoran seperti debu, aspal, oli, goresan, dan kotoran burung.

Dalam proses auto detailing, mobil akan diberi perawatan secara menyeluruh sampai ke bagian velg dan kolong mobil. Oleh karena itu auto detailing bisa membuat mobil menjadi lebih bersih dan tampak seperti baru.

Pada auto detailing tahap pertama yang dilakukan yaitu proses cleaning atau pembersihan. Setelah semua bagian bersih lalu lanjut ke tahap paint correction. Pada tahap ini cat mobil yang sudah rusak karena baret halus, goresan, atau oksidasi akan diperbaiki.

Setelah itu lanjut ke tahap protection di mana bagian mobil akan diberi wax, sealant, atau coating. Sedangkan proses auto detail yang terakhir yaitu maintenance. Metode yang digunakan bisa berupa detailer, last touch, atau finishing.

6. Menambahkan Aksesoris 

Menambahkan aksesoris eksterior mobil adalah cara sederhana untuk mengubah penampilan mobil Anda. Dengan menambahkan aksesori tertentu, mobil Anda bisa terlihat lebih menarik, sporty, atau elegan, sesuai dengan preferensi. 

Selain menambah nilai estetika, menambahkan aksesori pada bagian eksterior mobil juga bisa mencerminkan gaya dan kepribadian pemilik mobil. Saat ini, tersedia berbagai pilihan aksesori untuk memperindah dan meningkatkan penampilan mobil Anda.

Adapun aksesori untuk eksterior mobil antara lain adalah kaca film, air scoop, velg, roof rail,  body kit, body set moulding, headlamp garnish, muffler cutter, dan lain sebagainya. 


Pastikan mencuci mobil dengan benar, Sumber: autos.id

Pastikan mencuci mobil dengan benar, Sumber: autos.id

Itulah 6 tips perawatan eksterior mobil yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perawatan yang dilakukan secara sembarangan sangat beresiko karena bisa mengurangi nilai estetika mobil dan fungsionalitasnya.

Mengenal Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

Mengenal Sistem Kemudi yang Ada pada Mobil Beserta Fungsinya

Sistem kemudi mobil memegang peranan yang sangat penting karena fungsi utamanya adalah untuk mengontrol arah pergerakan roda. Kemudi menjadi titik sentral yang dikendalikan pengemudi lalu mentransfer gerakan ke roda melalui tiang kemudi.

Karena fungsinya yang sangat vital, Anda perlu menjaga dan merawat sistem kemudi agar selalu dalam kondisi prima. Jadi, bisa dikatakan bahwa merawat sistem kemudi sama pentingnya dengan memberi perawatan mesin mobil.


Mengenal lebih dekat dengan sistem kemudi mobil, Sumber: otomotif.kompas.com

Mengenal lebih dekat dengan sistem kemudi mobil, Sumber: otomotif.kompas.com

Komponen Pada Sistem Kemudi Mobil

Sistem kemudi mobil terdiri dari beberapa komponen penting dan masing-masing komponen saling berkaitan satu sama lain. Sehingga kemudi bisa mengarahkan roda agar berputar sesuai dengan instruksi yang diberikan pengemudi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah komponen-komponen yang ada di sistem kemudi mobil beserta fungsinya.

1. Steering Wheel

Roda kemudi adalah bagian utama yang digunakan pengemudi untuk mengendalikan arah mobil. Steering wheel terletak di bagian dalam kendaraan dengan bentuk bulat yang ergonomis dan didukung oleh berbagai komponen lain di dalamnya. 

Fungsi utama dari roda kemudi atau steering wheel adalah untuk mengarahkan mobil saat sedang melaju. Roda kemudi sering dilengkapi dengan tombol tambahan seperti klakson yang fungsinya untuk memberi sinyal kepada pengguna jalan lain. 

Melalui steering wheel, Anda bisa melakukan manuver secara responsif dan akurat. Steering wheel juga menjadi pusat kontrol kendaraan. Oleh karena itu, bagian ini cukup vital karena sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

2. Steering Column

Steering column  adalah bagian penting yang terpasang di dalam mobil yang biasanya terbuat dari bracket column jenis breakaway agar bisa bergerak naik turun. Fungsi utama dari steering column adalah sebagai poros utama kemudi. 

Dari gerakan putaran yang dilakukan oleh pengemudi pada roda kemudi, gerakan tersebut kemudian diteruskan ke gearbox kemudi. Poros utama kemudi terletak di dalam tabung kolom sehingga memungkinkan roda kemudi untuk berputar dengan bebas. 

Penting untuk dicatat bahwa tabung kolom ini terhubung secara langsung ke bodi mobil. Kolom kemudi dan tabung kolom membentuk satu kesatuan. Oleh karena itu, jika terjadi masalah seperti kerusakan pada sistem power steering, Anda harus mengganti keduanya.

3. Ball Joint

Ball joint adalah komponen pada sistem kemudi mobil yang memiliki bentuk seperti bola. Dengan desainnya yang bulat, ball joint bisa membuat sistem kemudi melakukan gerakan yang halus dan fleksibel saat roda berputar atau berbelok. Fungsi utama dari ball joint adalah untuk menciptakan keseimbangan pada sistem kemudi mobil. 

Umumnya terdapat dua buah balon joint yang dipasang dengan baut pada bagian roda mobil. Jika terjadi kerusakan, maka kinerja sistem kemudi akan mengalami gangguan. Ball joint mobil bekerja mirip dengan sendi putar pada lengan. Hal itu memungkinkannya untuk bergerak secara bebas dan menyesuaikan pergerakan roda selama perjalanan dan manuver. 


Gambaran dari steering wheel, Sumber: topgear.com

Gambaran dari steering wheel, Sumber: topgear.com

4. Steering Linkage dan Dust Boot

Steering linkage berfungsi untuk mentransfer gerakan dari gearbox ke roda depan. Steering linkage ini terdiri dari rod dan arm. Sedangkan dust boot adalah bagian dari sistem kemudi mobil yang berfungsi sebagai penghalang kotoran.

Dust boot melindungi rack dari kerusakan akibat kotoran dan kelembaban. Tujuan pemasangan dust boot adalah melindungi komponen-komponen sistem kemudi dari lingkungan luar.

5. Steering House dan Steering Gear

Komponen selanjutnya yang ada di sistem kemudi mobil yaitu steering house dan steering gear. Steering house berfungsi untuk mengubah gerakan putaran yang berasal dari kemudi menjadi gerakan vertikal.

Hal itu membuat mobil bisa berbelok ke arah kanan dan kiri dengan lancar. Sedangkan steering gear bertanggung jawab mengontrol arah roda depan. Fungsi lainnya adalah untuk membuat kemudi menjadi lebih ringan saat digerakkan.

Perawatan Sistem Kemudi Mobil

Merawat sistem kemudi mobil sangat penting agar tetap berfungsi dengan baik. Karena seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa bagian yang satu ini sangat mempengaruhi keselamatan dalam berkendara.

1. Melakukan Servis Rutin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga sistem kemudi mobil agar tetap awet yaitu dengan melakukan servis rutin. Ketika melakukan servis rutin, mekanik akan melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen yang aus atau rusak.

Selain itu, akan dilakukan juga pengecekan tingkat cairan power steering dan penyetelan sistem kemudi agar sesuai kebutuhan. Dengan perawatan yang teratur, Anda dapat mencegah masalah serius pada sistem kemudi mobil. 

2. Putar Kemudi dengan Hati-Hati

Saat mengemudi sebaiknya Anda memutar kemudi dengan perlahan dan hati-hati. Kebiasaan ini dapat memperpanjang umur pakai sistem kemudi. Memutar kemudi dengan kasar berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen kemudi. 

Sebaiknya Anda juga menghindari manuver secara tiba-tiba atau agresif saat memutar kemudi. Selain membuat sistem kemudi menjadi lebih awet, menyetir dengan hati-hati juga bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara.


Ilustrasi ball joint, Sumber: mazda-deta.co.id

Ilustrasi ball joint, Sumber: mazda-deta.co.id

3. Membersihkan Kotoran 

Apabila kemudi kendaraan terlihat kotor sebaiknya segera bersihkan kotoran yang menempel menggunakan kain lembut atau tisu. Untuk noda membandel yang sulit dihilangkan gunakan larutan pembersih khusus yang dicampur dengan air hangat.

Semprotkan cairan secara merata ke permukaan kemudi lalu lap menggunakan kain bersih sampai kotoran benar-benar hilang. Setelah bersih jangan lupa keringkan kemudi dengan kain kering atau kanebo.

Itulah komponen-komponen yang ada di sistem kemudi beserta fungsinya. Jika Anda ingin belajar tentang bagaimana merawat dan memperbaiki sistem kemudi maka bisa bergabung di kelas kursus otomotif yang ada di SpeedPlus Otomotif.

Kelas kursus yang ada di SpeedPlus Otomotif sangat cocok untuk para pemilik bengkel atau karyawan bengkel yang ingin mengasah skill atau memperbarui keterampilan. Jika tertarik Anda bisa menghubungi kontak kami untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

5 Contoh Layanan Pelanggan yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Bengkel Mobil

5 Contoh Layanan Pelanggan yang Bisa Digunakan untuk Bisnis Bengkel Mobil

Sebenarnya ada banyak sekali contoh layanan pelanggan yang bisa Anda aplikasikan di bisnis bengkel mobil. Namun karena keterbatasan sumber daya biasanya kebanyakan bengkel hanya memberi satu atau dua layanan yang paling dibutuhkan.

Padahal jika dimaksimalkan, bengkel Anda akan semakin maju dan reputasi bisnis juga meningkat. Memang mengembangkan bisnis bengkel bukanlah perkara mudah, akan tetapi tantangan merupakan bagian dari perjalanan untuk menuju kesuksesan.

Apa itu Layanan Pelanggan?

Layanan pelanggan atau sering disebut sebagai customer service adalah upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dalam layanan pelanggan terdapat serangkaian tindakan dan kegiatan yang tidak melibatkan kepemilikan.

Dengan kata lain, layanan pelanggan adalah tindakan yang dilakukan oleh pemilik bisnis untuk menyelesaikan keperluan, membantu menyiapkan, mengurus kebutuhan seseorang atau sekelompok orang.


Mengenal berbagai contoh layanan pelanggan bisnis bengkel mobil, Sumber: gobiz.co.id

Mengenal berbagai contoh layanan pelanggan bisnis bengkel mobil, Sumber: gobiz.co.id

Seberapa Penting Layanan Pelanggan?

Layanan pelanggan penting karena merupakan pondasi untuk membangun hubungan yang kuat antara pemilik bisnis dan pelanggannya. Layanan pelanggan bisa menciptakan kepercayaan, meningkatkan loyalitas, dan membangun reputasi bisnis.

Melalui layanan pelanggan Anda dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sehingga mampu memberi solusi terbaik sesuai dengan masalah yang dihadapi. Selain menguntungkan pelanggan, hal ini juga bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Pelanggan yang terbantu dan merasa puas dengan layanan dari bengkel dan dengan sukarela akan merekomendasikan bisnis bengkel Anda pada teman, keluarga atau orang terdekat yang sedang membutuhkan jasa bengkel. 

Contoh Layanan Pelanggan di Bisnis Bengkel

Tidak semua jenis layanan pelanggan cocok untuk bisnis bengkel. Ada beberapa jenis layanan pelanggan yang kurang relevan dengan bisnis bengkel. Oleh karena itu, harus selektif jika ingin memberikan jenis layanan ini. Berikut ini adalah beberapa contoh layanan pelanggan yang cocok digunakan untuk bisnis bengkel mobil.

1. Booking Online

Salah satu contoh layanan pelanggan yang paling cocok dengan bisnis bengkel adalah layanan booking online. Melalui layanan pemesanan online, pelanggan dapat dengan mudah membuat janji temu atau reservasi untuk melakukan servis rutin ke bengkel kesayangan.

Jadi pelanggan tidak perlu datang langsung ke bengkel untuk melakukan reservasi karena hal tersebut bisa dilakukan dari mana saja. Pemesanan online akan sangat memudahkan pelanggan untuk mengatur waktu kunjungan sesuai dengan kemauan mereka.

Hal ini tentu saja bisa meningkatkan efisiensi proses pemesanan dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman bagi pelanggan. Biasanya booking online bisa dilakukan melalui chat WhatsApp, telepon atau email.

2. Layanan Antar Jemput Kendaraan

Layanan antar jemput merupakan contoh layanan pelanggan yang semakin digemari akhir-akhir ini. Tujuan dari adanya layanan antar jemput tentu saja untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. 

Dengan adanya layanan antar jemput pelanggan tidak perlu datang ke bengkel secara langsung. Mereka dapat mengatur waktu dan lokasi penjemputan kendaraan sesuai dengan titik yang telah disepakati. 

Misalnya pelanggan bisa meminta pihak bengkel untuk menjemput dan mengantar kembali kendaraan di rumah atau kantor. Layanan ini sangat cocok untuk orang yang sibuk sehingga tidak memiliki cukup waktu jika harus datang langsung ke bengkel ketika akan servis rutin.


Pelayanan yang ramah dari karyawan bengkel, Sumber: mitsubishi-motors.co.id

Pelayanan yang ramah dari karyawan bengkel, Sumber: mitsubishi-motors.co.id

3. Panggilan Darurat Melalui Telepon

Layanan pelanggan melalui telepon adalah jenis layanan yang sangat dibutuhkan di kota-kota besar. Kota besar biasanya memiliki jumlah populasi penduduk yang sangat banyak sehingga permasalahan yang dihadapi juga lebih kompleks.

Salah satu yang paling sering terjadi yaitu mobil mogok atau ban kempes di tengah-tengah jalan raya. Kondisi seperti ini tentu saja tidak bisa diprediksi sebelumnya. Jadi ketika mengalaminya tidak sedikit orang yang merasa panik.

Apalagi lokasi mogok atau ban kempes jauh dari bengkel atau pemukiman warga. Dengan menyediakan layanan darurat, bengkel dapat memberikan respons cepat dengan mengirimkan teknisi atau mobil derek ke lokasi pelanggan.

4. Penjadwalan Perawatan Rutin

Untuk menambah kenyamanan pelanggan, Anda bisa memberikan layanan penjadwalan perawatan rutin. Dalam hal ini bengkel berperan sebagai mitra yang membantu pelanggan merencanakan jadwal perawatan rutin kendaraan mereka.

Jadwal perawatan bisa dibuat sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau berdasarkan kondisi masing-masing kendaraan. Caranya bisa melalui pemberitahuan email atau pesan singkat. Jadi, layanan hanya bisa diberikan pada pelanggan yang sudah pernah berkunjung ke bengkel.

Salah satu manfaat utama dari layanan penjadwalan rutin adalah memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengelola jadwal perawatan kendaraan tanpa harus takut lupa atau terlewat.

5. Service Reminder

Contoh layanan pelanggan yang berikutnya ada service reminder. Service reminder merupakan layanan yang masih jarang ditemui di bengkel mobil. Service reminder adalah menghubungi kembali pelanggan setelah melakukan service kendaraan.

Anda bisa menghubungi kembali pelanggan dalam waktu sekitar satu minggu setelah servis untuk menanyakan apakah mobil bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Apabila ada keluhan maka pelanggan bisa mengantar kembali mobil ke bengkel tanpa biaya tambahan.

Layanan ini juga bisa ditambah dengan pemberian dukungan teknis bagi pelanggan yang membeli suku cadang. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk tersebut berfungsi dengan baik. Layanan service reminder sangat efektif memperkuat loyalitas pelanggan untuk jangka waktu yang panjang.


Melakukan penjadwalan perawatan rutin untuk kendaraan konsumen, Sumber: mobilinanews.com

Melakukan penjadwalan perawatan rutin untuk kendaraan konsumen, Sumber: mobilinanews.com

Upgrade Skill Karyawan di SpeedPlus Otomotif

Layanan pelanggan yang bagus tentu harus didukung dengan hasil kerja yang memuaskan. Hasil kerja yang memuaskan dapat diukur dari seberapa baik bengkel Anda dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk memberi layanan berkualitas tentu Anda harus memiliki karyawan yang memiliki skill di atas rata-rata.

Keterampilan seorang mekanik bisa diasah melalui kebiasaaan yang dikerjakan secara berulang-ulang. Namun untuk mempercepat keterampilan tersebut Anda bisa mengikutsertakan karyawan di kelas kursus otomotif yang ada di SpeedPlus Otomotif. Di sini mekanik akan belajar materi sekaligus praktiknya sampai siap diterjunkan ke lapangan.