Mengapa Servis Mobil Berkala Itu Penting? Ternyata Inilah Alasannya!

Servis mobil secara berkala, Sumber: autoleaders.com.au

Mengapa Servis Mobil Berkala Itu Penting? Ternyata Inilah Alasannya!

Membeli mobil baru memang momen paling membahagiakan, tetapi jangan lupa, merawat mobil juga penting untuk dilakukan! Sebab kondisi komponen kendaraan Anda akan mulai menurun seiring berjalannya waktu. Maka penting untuk melakukan servis mobil berkala.


Terlebih jika Anda ingin mobil Anda bisa selalu berfungsi dengan baik dan optimal. Merawat mobil memang terkesan rumit dan repot, tetapi dengan servis berkala, Anda bisa mencegah kerusakan yang berisiko dan memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi prima.


Di samping itu, servis berkala juga membantu memperpanjang umur mesin dan menghemat biaya perbaikan yang mahal di kemudian hari. Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai sadar akan pentingnya servis mobil berkala?

 

Jika belum, mari kita pelajari lebih lanjut tentang servis mobil berkala dalam artikel ini bersama-sama. Jadi, simak terus artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi lengkapnya!


Pentingnya melakukan servis mobil berkala, Sumber: caura.com

Pentingnya melakukan servis mobil berkala, Sumber: caura.com

Alasan Servis Mobil Berkala itu Penting

Banyak ditemukan kendaraan yang cepat rusak atau mogok disebabkan oleh perawatan mobil yang tidak cermat. Terlebih, masih banyak ditemukan pengendara yang menganggap bahwa servis hanya sekedar mengganti oli saja.


Yang faktanya, servis mobil berkala tidak sekedar itu saja, perlu pengecekan menyeluruh untuk memastikan komponen di dalam mobil bekerja dengan maksimal. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, berikut beberapa alasan mengapa servis berkala itu penting:

1. Meningkatkan Kinerja Mobil

Untuk menjaga kinerja mobil Anda tetap optimal, servis berkala adalah kuncinya. Sebab, servis ini mencakup pemeriksaan menyeluruh terhadap semua sistem dan komponen kendaraan Anda, mulai dari mesin, rem, oli, hingga filter.


Dengan demikian, servis berkala akan meningkatkan kinerja mobil Anda seperti kinerja mobil baru. Mobil akan terasa lebih responsif dan halus saat dikendarai sehingga Anda bisa lebih nyaman saat mengendarai mobil Anda.


Jadi, baik perjalanan jauh maupun dekat, perjalanan itu akan terasa lebih nyaman. Sehingga saat Anda akan berlibur dengan keluarga Anda, perjalanan itu akan terasa lebih menyenangkan.

2. Memastikan Keselamatan Berkendara

Alasan yang tak kalah penting untuk melakukan servis mobil secara berkala adalah  demi memastikan keselamatan Anda selama berkendara. 


Sebab, banyak ditemukan mobil yang mengalami kecelakaan diakibatkan oleh sistem pengereman yang rusak, kurangnya oli mesin, karet wiper kaca yang sudah rusak dan masih banyak lagi.


Kerusakan-kerusakan itu memang terdengar sepele, maka banyak yang menganggap bahwa mobil tersebut belum perlu diservis. Tapi kenyataannya, hal-hal kecil itu mungkin saja menjadi penyebab utama kecelakaan yang serius.


Jadi, agar hal itu tidak terjadi pada Anda maka pastikan mesin mobil Anda tetap dalam kondisi prima dengan melakukan servis secara berkala. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa mobil ini aman untuk berkendara.


Perawatan mobil yang dilakukan teknisi handal, Sumber: experian.com

Perawatan mobil yang dilakukan teknisi handal, Sumber: experian.com

3. Efisiensi Bahan Bakar

Apakah Anda termasuk yang mengeluhkan mobil boros bensin? Dimana hal itu tidak sesuai dengan standar efisiensi bahan bakar mobil Anda? Jika demikian, itu tandanya komponen mobil Anda tidak bekerja dengan baik sehingga komponen mobil tersebut memakan banyak bahan bakar untuk bekerja. 


Jadi, agar Anda tidak harus mengeluarkan biaya ekstra saat mengisi bensin, lakukanlah servis mobil secara berkala. 


Karena, para teknisi akan mengganti filter udara dan bahan bakar ketika ditemukan ada masalah pada mobil Anda untuk memastikan mesin Anda berfungsi dengan baik dan efisien.


Jika komponen mobil Anda bisa bekerja dengan baik, mesin akan bekerja lebih efisien. Dimana hal itu akan berpengaruh pada pengisian bahan bakar yang lebih hemat.

4. Mencegah Kerusakan Komponen Mobil Lebih Lanjut

Tidak ada orang yang ingin mobilnya mogok bahkan mengalami kerusakan saat melakukan perjalanan jauh. Maka untuk mencegah hal tersebut, Anda harus melakukan servis mobil secara rutin.


Di samping mencegah kerusakan komponen mobil lebih lanjut, servis secara berkala juga bisa menghindarkan Anda dari biaya di luar perkiraan.


Mulai dari menyewa towing karena harus membawa mobil mogok di pinggir jalan ke bengkel hingga mengeluarkan uang ekstra saat ditemukan ada komponen mobil yang sudah mengalami kerusakan berlebih.


Dengan servis secara berkala, para teknisi bisa mendeteksi kerusakan komponen mobil lebih awal dan memperbaiki kerusakan tersebut sebelum akhirnya menjadi kerusakan yang lebih serius. 


Jadi, Anda bisa menghindari masalah komponen yang lebih serius dan menghemat uang karena tidak harus memperbaiki komponen yang sudah rusak berlebih.


Rutin melakukan pengecekan pada mobil untuk menjaga performanya, Sumber: holtsauto.com

Rutin melakukan pengecekan pada mobil untuk menjaga performanya, Sumber: holtsauto.com

5. Meningkatkan Umur Mobil

Dengan penjelasan-penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa dengan servis berkala bisa mencegah kerusakan komponen mobil, meningkatkan performa, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar sehingga umur mobil Anda bisa lebih panjang.


Sebab, mobil Anda akan terus dalam kondisi yang prima dengan servis secara berkala sehingga mobil tersebut bisa lebih awet dan tahan lama. Jadi, jika Anda ingin hal itu terjadi pada mobil Anda, jangan lupa untuk merawat mobil dengan servis secara berkala.


Demikianlah informasi terkait alasan kenapa servis mobil berkala itu penting. Semoga dengan informasi yang SpeedPlus Otomotif rangkumkan untuk Anda ini bisa menyakinkan Anda bahwa merawat mobil tidak cukup hanya dengan membersihkan mobil saja, tetapi juga harus melakukan servis secara berkala. 


Jadi, jika Anda memang mencintai mobil Anda dan ingin yang terbaik selama berkendara maka lakukanlah servis secara berkala dengan optimal. 


Dengan begitu, selama Anda berkendara baik sendiri maupun dengan anggota keluarga jaminan keselamatan mobil bisa Anda dapatkan. Sehingga tak hanya bisa berkendara dengan nyaman tetapi Anda juga bisa terhindar dari kecelakaan yang serius. 


Ada sedikit tambahan informasi khusus untuk Anda yang sedang mencari tempat kursus otomotif profesional, maka Anda bisa menghubungi SpeedPlus Otomotif. Kami merupakan tempat kursus otomotif yang telah berpengalaman melahirkan teknisi-teknisi handal. Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami!