Mobil Tercepat Dan Termahal Di Dunia; Harganya Selangit Jumlahnya Limited

Ferrari 250 GTO. Sumber: google.com

Mobil Tercepat Dan Termahal Di Dunia; Harganya Selangit Jumlahnya Limited

Pembahasan otomotif memang selalu menyenangkan dan tidak ada habisnya. Lagipula bagaimana bisa membahas sesuatu yang terus berkembang menjadi membosankan?. Oleh karena itulah kali ini kita akan mengulas secara khusus beberapa jenis mobil tercepat dan termahal di dunia.


Memang, tidak semua orang bisa memiliki. Jangan lagi kalangan menengah kebawah, menengah ke atas pun belum tentu mampu untuk meminang mobil-mobil termahal dan tercepat tersebut. Bukan tanpa alasan, selain harganya yang tinggi, tingkat persaingan untuk mendapatkannya juga tinggi. Mengapa, karena hanya diproduksi secara terbatas.

Mobil Termahal di Dunia dengan Harga Ratusan Miliar

Ada cukup banyak jenis mobil terkini yang memenuhi kualifikasi termahal di dunia dengan harga di atas Rp 100 miliar sampai dengan Rp1 triliun. Hanya saja kita akan bahas lima di antaranya. Lima dengan penggunaan material mobil yang berkualitas, mesin bertenaga super, teknologi canggih terkini, dan tentu saja limited edition.

1. Mercedes Maybach Exelero

Mercedes-Maybach Exelero dari aspek harga dibandrol dengan harga 8 Juta dolar atau setara dengan lebih kurang R. 119 Miliar. Sebuah harga yang cukup fantastis untuk ukuran sebuah mobil. 


Mercedes Maybach Exelero. Sumber: intersport.id
Mercedes Maybach Exelero. Sumber: intersport.id


Mobil Mercedes-Maybach Exelero keluaran 2004 ini dibekali dengan mesin V12 twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga sampai 690 hp sehingga mampu melaju dengan kecepatan maksimal 350 km/jam. Performa yang cukup sebanding dengan harganya.

2. Pagani Zonda HP Barchetta

Pagani Zonda HP Barchetta dibandrol dengan harga 17,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp248,7 miliar. Supercar yang satu ini dilengkapi dengan dapur pacu mesin V12 7,3 liter dari Mercedes-Benz. Mesin inlah yang sangat berperani membuat performanyacukup melegenda.


Hp Barchetta juga dibekali dengan roda belakang yang sebagian ditutupi panel serat karbon. Selain itu spesifikasi pada bagian atapnya didesain tanpa atap. Percaya tidak percaya, mobil asal Italia ini hanya diproduksi 3 unit saja di dunia. Inilah yang membuat harga Pagani Zonda HP Barchetta dihargai sedemikian tinggi.

3. Bugatti La Voiture noire

Beralih ke merek Bugatti, kali ini adalah La Voiture Noire. Salah satu jenis mobil keluarga keluaran Bugatti yang dijual dengan harga sekitar 18 juta dollar AS atau setara dengan Rp 255 miliar.



Bugatti La Voiture noire. Sumber: google.com
Bugatti La Voiture noire. Sumber: google.com


Yang membuatnya sedemikian berharga selain spesifikasi mesin dan bodinya tentu saja tingkat kelangkaannya. Bugatti La Voiture Noire hanya diproduksi satu unit di dunia dan diperkenalkan pada 2019 silam. Sebuah masterpiece yang proses produksinya saja memakan waktu sampai 2,5 tahun.


Bugatti La Voiture Noire dilengkapi dengan mesin W16 dengan kapasitas 8.0 liter dan penggunaan empat turbo. Tidak heran jika dengan modal mesin tersebut, Bugatti La Voiture Noire bisa mencapai tenaga maksimal hingga 1.500 tk.

4. Rolls Royce Boat tail

Beralih ke Rolls-Royce yang sudah sangat populer dengan mobil-mobilnya yang selalu kental dengan kesan mewah dan harga jual yang fantastis. Salah satunya apalagi kalau bukan Rolls-Royce Boat Tail.


Rolls-Royce Boat Tail dibandrol dengan harga 28 juta dolar AS atau hampir Rp400 miliar. Patokan harga yang tidak main-main. 


Mobil mewah ini terinspirasi dari salah satu elemen laut yang tampak pada sentuhan desain laut di bagian “Aft Deck”, kaca bagian depan yang wrap-around, dan masih banyak lagi. Selain itu mobil ini juga ditenagai dengan mesin V12 dengan kapasitas 6.75 liter.


Penyebab Rolls-Royce Boat Tail dibandrol dengan harga sedemikian tinggi adalah karena hanya diproduksi 3 unit saja di dunia. Sebuah fakta yang tidak begitu mengherankan.

5. Ferrari 250 GTO

Siapa yang tak kenal dengan Ferrari 250 GTO? Ya, mobil ini  menjadi salah satu mobil termahal di dunia. Dengan adanya fakta bahwa mobil ini pernah digunakan oleh Phil Hill dalam balapan di Targa Florio pada tahun 1962, membuatnya semakin memiliki nilai tambah dari aspek historis.


Ferrari 250 GTO. Sumber: google.com
Ferrari 250 GTO. Sumber: google.com


Tidak hanya sampai di situ, supercar ini juga digunakan oleh Gianni Bulgari dan juga Jean Guichet. Inilah yang turut melatarbelakangi mengapa mobil ini dijual seharga Rp 708,7 miliar saat acara pelelangan pada tahun 2018. Harga yang sangat-sangat fantastis.

5 Mobil Tercepat di Dunia 

Puas dengan daftar mobil termahal? tentu saja tidak. Maka kita akan lanjut ke daftar mobil tercepat. Penasaran? Ini dia lima di antara mobil-mobil tercepat yang beredar di pasar otomotif dunia.

1. Lamborghini Aventador SVJ

Kita mulai dengan si gesit Lamborghini Aventador SVJ. Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi: 217 mil/jam (349 km/jam). Sebuah mahakarya yang langsung dibuat oleh para teknisi pintar Lamborghini.


Lamborghini Aventador SVJ merupakan salah satu versi pamungkas dari supercar Lamborghini Aventador. Salh satu alasannya adalah kemampuannya dalam menghasilkan 770 hp dari mesin V12 6,5 liternya.


Dengan modal mesin tersebut, Lamborghini Aventador SVJ mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 217 mil/jam.

2. Koenigsegg Regera

Koenigsegg Regera memiliki kecepatan tertinggi: 250 mil/jam (402 km/jam). Dengan begitu Koenigsegg Regera cukup layak menjadi pesaing McLaren Speedtail. Mobil cepat asal Swedia ini dilengkapi mesin V8 twin-turbo dan motor listrik yang mampu menghasilkan total tenaga 1.500 hp.


Koenigsegg Regera. Sumber: google.co
Koenigsegg Regera. Sumber: google.co


Tidak hanya cepat, Koenigsegg Regera juga dapat melesat dari kecepatan 0-250 mil/jam hanya dengan menggunakan satu gigi.

3. McLaren Speedtail

Berikutnya ada si cepat McLaren Speedtail. Mobil tercepat yang satu ini memiliki kecepatan tertinggi: 250 mil/jam (402 km/jam). Kecepatan tersebut salah satunya dilatarbelakangi oleh keinginan McLaren untuk mengejar rekor dunia. Hanya saja McLaren Speedtail hanya mampu mencapai gelar mobil jalanan tercepat yang pernah dibuat.

4. SSC Tuatara

SSC Tuatara juga menjadi salah satu mobil tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi: 268 mil/jam (431 km/jam). SSC mengklaim bahwa Tuatara berhasil  mencapai kecepatan 316 mil/jam pada Oktober 2020 untuk menjadikannya mobil tercepat di dunia.

5. Bugatti Chiron Supersport 300+

Terakhir ada si cepat  Bugatti Chiron Supersport 300+.  Mobil keluaran Bugatti yang satu ini memiliki kecepatan tertinggi: 304 mil/jam (489 km/jam). Meski sudah sedemikian cepat, Bugatti Chiron Supersport 300+ bertenaga 1.600 hp ini tidak secara resmi memegang rekor dunia, karena hanya berjalan dalam satu arah.


Untuk memecahkan rekor, Bugatti Chiron Supersport 300+ masih harus melakukannya dua kali dengan  arah berlawanan. Karena alasan tertentu, Bugatti memutuskan untuk tidak melakukannya.


Nah demikian itu informasi menarik seputar lima mobil termahal di dunia dan lima mobil tercepat di dunia. setidaknya mengetahui terlebih dahulu keberadaan mobil-mobil luar biasa tersebut sebelum berkesempatan memilikinya. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.