Modifikasi Motor Japstyle; Pecinta Motor wajib Tau

Japstyle cocok untuk jadi tunggangan karismatik. Sumber : istockphoto.com

Modifikasi Motor Japstyle; Pecinta Motor wajib Tau

Mengenal motor japstyle bisa menjadi langkah awal untuk Anda yang sedang kebingungan hendak membeli kendaraan seperti apa.


Mungkin Anda bosan dengan model motor yang mainstream dan itu-itu saja. Artikel ini akan membantu Anda. Untuk mereka yang gandrung dengan modifikasi motor, memiliki motor yang standar sangatlah membosankan. 


Konsep yang monoton tanpa ada sentuhan baru yang menarik, membuat mereka memodifikasinya sesuai dengan konsep dalam kepala. Ada banyak aliran modifikasi motor yang sudah dikenali. Dan dari banyak itu, aliran japstyleh-lah yang berhasil menggaet hati penggemar modif motor Indonesia. 


Jika Anda cermat membaca kata japstyle, Anda akan langsung tahu asal kalimat dari kata tersebut. Japstyle adalah singkatan untuk Japanese Style, sebab pada awalnya, aliran ini lahir di negara Jepang. 


Japstyle awalnya tumbuh di Tokyo ibukota Jepang. Jepang sendiri sudah masyhur sebagai negara pemroduksi kendaraan bermotor didunia. Japstyle kemudian menyebar ke banyak negara dan melahirkan banyak jenis aliran lagi. 

Adapun aliran-alirannya antara lain : Street Tracker, Street Demon, Cafe Racer, Flat Tracker, atau Japanesse South Carolina. 


Mengenal motor japstyle di negara kita sendiri, salah satu yang menjadi pelopornya adalah sebuah bengkel di Bandung dengan nama Yasashi Garage. Bengkel tersebut memulai debutnya dengan japstyle di tahun 2004.


Sedangkan, yang menginspirasi Yasashi Garage sendiri adalah sebuah majalah modifikasi motor dari Jepang. Akhirnya, japstyle banyak diketahui dan mendapatkan hati di kalangan pecinta modif motor Indonesia.

Mengenal Motor Japstyle Dan Cara Modifikasinya

Japstyle cocok untuk jadi tunggangan karismatik. Sumber : istockphoto.com

Japstyle cocok untuk jadi tunggangan karismatik. Sumber : istockphoto.com

Japstyle menjadi jawaban untuk keinginan tampil gahar di jalanan dengan budget minimalis. Modifikasi jenis ini diterapkan pada motor lama pabrikan Jepang. Bisa GL Series, CB atau Astrea 800. 

Pada dasarnya, japstyle mengganti beberapa komponen pada rangka motor supaya tampilan japstyle itu sendiri didapatkan. Kemudian dilakukan modifikasi pada lampu depan dan juga ban dengan aneka ragam jenis ban


Komponen lain yang juga perlu dimodifikasi adalah jok, knalpot, tangki bahan bakar, lampu sen, setang, spion, shockbreaker, dan lengan ayun arm. Beberapa komponen lain bisa ikut diganti, menyesuaikan dengan keinginan pribadi.


Anda tidak perlu bingung mencari komponen tadi, barang-barang yang Anda perlukan diatas kini mudah untuk di dapatkan, Anda bisa membelinya secara online maupun offline. Harganya pun tergolong tidak mahal.


Atau, beberapa bengkel kini dengan baik juga melayani untuk membelikan komponen-komponen tadi untuk Anda. jadi Anda cukup duduk santai menunggu semua beres ditangan montir.


Harga reparasai motor menuju model japstyle pun tidak mahal-mahal banget, pada beberapa forum pecinta modif motor yang ada, dapat diambil kesimpulan harga modif berkisar antara 4,5 sampai 6 jutaan. Itu sudah termasuk cat finishing.


Patut diperhatikan juga, bagi Anda yang akan berpergian dengan motor hasil modifikasi tersebut, untuk mengetahui perundang-undangan terkait modifikasi motor yang ada di Indonesia. Hal ini perlu menjadi perhatian lebih bagi Anda.


Poinnya, seluruh kendaraan yang telah dimodifikasi, apapun jenis alirannya, harus dilakukan uji tipe ulang terkait persyaratan konstruksi dan material. Hal ini tertuang pada pasal 52 ayat 3, dan menjadi poin penting yang harus Anda pahami.


Pasal lain yang membahas tentang modifikasi motor antara lain Pasal 123 Ayat 1 PP No. 55 Tahun 2012 tentang kendaraan, yang membahas terkait pengujian fisik kendaraan untuk pemenuhan persyaratan teknis dan layak jalan. Serta penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor. 


Anda tidak bisa mengabaikan hukum ini begitu saja. Sebab jika Anda acuh, Anda akan dihadapkan pada sanksi pasal 277 yang isinya adalah hukuman pidana penjara, paling lama satu tahun, atau denda paling banyak Rp 24 juta.

Mengenal Motor Japstyle Yang Paling Di Rekomendasikan

Beberapa jenis motor Japstyle berikut termasuk di antaranya yang paling populer di pasaran. Sehingga selain menjadi koleksi juga bisa menjadi aset  investiasi tersendiri layaknya investasi properti yang kian hari semakin bernilai di pasaran pecinta barang-barang bernilai sejarah.

Kawasaki W 175

Kawasaki W 175 Retro Classic. Sumber : kawasak-motor.co.id

Kawasaki W 175 Retro Classic. Sumber :  kawasak-motor.co.id

Kawasaki W175 sebenarnya adalah model yang masih baru dari kawasaki. Masih keluarga dengan jenis W sebelumnya, Kawasaki W 175 mengusung sepeda motor jadul yang terhitung berani karena pasar motor didominasi segmen sport dan matic.


Karena modelnya sudah dibuat jadul, makan Anda hanya perlu merombak sedikit saja dari motor ini. Anda hanya perlu mengubah pada bagian jok duduk dan setang. Budget yang perlu dikeluarkan untuk pembelian Kawasaki W175 mulai dari 34 juta. 

Tiger Revo 2009

Motor sport besutan Honda ini memang sudah tidak diproduksi lagi, namun prospek pasarnya masihlah tergolong baik. Tidak sedikit orang yang mencari motor Tiger khususnya Revo 2009 karena ketangguhannya. 


Motor 4-tak ini ternyata masih dijual lebih mahal bila dibandingkan dengan Yamah V-ixion 2013. Mungkin karena memang produknya yang terbatas dan banyak kalangan memburunya.   


Dengan body luar-dalam yang tangguh ini, modifikasi Tiger Revo 2009 menjadi japstyle adalah opsi yang perlu dipikirkan.

Honda GL 100

Honda GL jadul. Sumber : mobilmoto. com

Honda GL jadul. Sumber : mobilmoto. com

Honda GL 100 merupakan motor legendaris pada zamannya. Zaman dimana memiliki motor adalah hal yang prestisius. GL 100 masuk ke Indonesia pada tahun 1979. 


Menurut banyak forum pecinta modifikasi motor, GL 100 cocok sekali bila diubah menjadi Japanese Style. Bawaan pabriknya memang sudah enak diajak perjalanan jauh. Sudah irit, part komponennya juga melimpah.

Megapro 2001

Megapro terkenal sebagai motor yang paling sering kena modif. Banyak orang langsung tahu bahwa motor modifikasi yang sedang ia tunggangi basicnya adalah Megapro dari keringkasan berkendara. 


Megapro adalah produk lama Honda yang sudah biasa kena modif. Salah satu modif yang paling sering dipakai untuk motor ini tentu saja Japstyle. 


Disamping basicnya yang cocok sekali untuk dimodif, komponen-komponen dari motor ini mudah dijumpai.

Mengenal motor japstyle beserta motor-motor yang cocok untuk aliran modif ini akan membuat Anda tampil keren di jalan dengan modal tidak seberapa. 


Tentu saja bila dibandingkan dengan motor baru yang memang dari pabriknya sudah didesain gahar.

Semoga artikel ini bermanfaat. 


Silahkan kunjungi website kami untuk informasi otomotif menarik lainnya seperti aturan modifikasi mobil. Sekian dan terima kasih..