7 Tips Memperbaiki Cat Mobil Tergores, Segera Lakukan Hal Ini

Ilustrasi mobil yang tergores, Sumber: suzuki.co.id

7 Tips Memperbaiki Cat Mobil Tergores, Segera Lakukan Hal Ini

Mobil kesayangan Anda tergores? Tenang, Kursus Otomotif punya solusinya untuk Anda. Kami sudah menyiapkan tips praktis memperbaiki cat mobil tergores yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.


Goresan pada mobil tentu akan mempengaruhi tampilan mobil menjadi kurang menarik. Namun kabar baiknya, goresan di body mobil yang sifatnya masih ringan bisa untuk diperbaiki. Bahkan Anda tak harus repot-repot ke bengkel, Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah.


Apa saja yang bisa dilakukan untuk memperbaiki cat mobil tergores? Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus terlebih dahulu membaca hingga akhir artikel ini. Oleh karena itu, simak terus ulasan Kursus Otomotif hingga akhir ya!

Identifikasi Goresan

Sebelum Anda mulai melakukan perbaikan, maka ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu bagaimana goresan yang ada di body mobil Anda. Dengan mengetahui seberapa parah goresan di mobil, maka Anda akan lebih mudah mengetahui cara yang tepat untuk memperbaikinya.


Setidaknya ada tiga golongan goresan paling umum yang perlu Anda ketahui. Goresan ringan, goresan cat, dan goresan dalam. Dimana Anda bisa mengidentifikasi goresan di mobil Anda hanya dengan melihat dan coba memasukkan kuku Anda pada goresan tersebut.


Jika kuku Anda tidak tersangkut ketika dimasukkan, maka kemungkinan besar goresan tersebut adalah goresan ringan. Sedangkan goresan dalam adalah ketika Anda sudah melihat warna metal atau logam di wilayah goresan tersebut.


Informasi terkait tips memperbaiki cat mobil yang tergores, Sumber: suzuki.co.id

Informasi terkait tips memperbaiki cat mobil yang tergores, Sumber: suzuki.co.id

Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Tergores

Jika sudah bisa diidentifikasi jenis goresannya, lalu apa yang bisa dilakukan? Oke, mari kita mulai pembahasan tips memperbaiki cat mobil yang tergores di poin ini!


Jika Anda mengidentifikasi bahwa permasalahan goresan di mobil Anda ini tidak terlalu serius, maka Anda bisa mencoba beberapa cara memperbaiki cat mobil yang tergores di bawah ini:

1. Menggunakan Pasta Gigi

Selain digunakan untuk kebersihan gigi Anda, pasta gigi juga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki cat mobil yang tergores. Cukup dengan menggunakan kanebo ataupun lap, Anda bisa mengoleskan dengan lembut pasta gigi ini ke permukaan body mobil yang tergores.


Supaya merata, gosokkan pasta gigi tersebut dengan cara melingkar. Sehingga cat yang tergores bisa tertutup dengan baik.

2. Menggunakan Cairan Ammonia

Memperbaiki cat mobil yang tergores menggunakan cairan ammonia ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan cairan amonia dengan air, baru kemudian gosokkan pada bagian yang tergores menggunakan kain bersih yang bertekstur lembut.


Namun, yang perlu Anda perhatikan saat hendak menggunakan cairan ini adalah keamanannya. Pastikan saat berinteraksi dengan cairan ini Anda sedang menggunakan sarung tangan atau media lain yang menjadi perantara Anda dengan cairan ammonia. Karena cairan amonia ini dapat berbahaya jika terpapar langsung pada kulit tubuh.

3. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Sama seperti pasta gigi, barang yang sudah akrab di sekitar Anda ini juga bisa digunakan sebagai media perawatan mobil. Yakni untuk memperbaiki cat mobil Anda yang tergores. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. 


Tuangkan obat nyamuk cair ke lap kering kemudian usap pada bagian mobil yang tergores. Setelah di usap tunggu hingga 15-20 detik agar cairan tersebut dapat menyerap secara menyeluruh ke dalam bagian yang tergores. Jika sudah, bersihkan bagian tadi dengan air.


Memperbaiki mobil yang tergores bisa menggunakan pasta gigi, Sumber: sehatq.com

Memperbaiki mobil yang tergores bisa menggunakan pasta gigi, Sumber: sehatq.com

4. Menggunakan Kompon

Untuk menggunakan kompon sebagai media memperbaiki cat mobil Anda, Anda perlu memperhatikan jenis kompon yang hendak dipakai. Karena untuk masalah cat mobil yang tergores, kompon yang diperlukan adalah kompon yang berwarna putih. Karena kompon ini cenderung lebih halus.


Untuk pengaplikasiannya pun juga hampir sama dengan media-media sebelumnya. Yakni gosok perlahan kompon ke body mobil dengan lap. Dimana sebelum kompon di oleskan, pastikan mobil Anda sudah bersih. Sehingga tidak ada yang menghalangi antara permukaan mobil dengan kompon tersebut.

5. Menggunakan Scratch Remover

Seperti namanya, scratch remover memanglah media paling tepat untuk memperbaiki cat mobil yang tergores. Penggunaannya pun sangat mudah, Anda cukup memoles bagian cat yang tergores dengan cairan ini secara merata dan perlahan.

6. Menggunakan Amplas

Walau bisa menggunakan amplas sebagai media memperbaiki cat mobil yang tergores, Anda tidak boleh menggunakan sembarang jenis amplas. Anda harus menggunakan amplas P2000 atau P2500 yang memiliki tingkat kehalusan cukup tinggi.


Dengan demikian, amplas tersebut tidak akan memperparah goresan yang ada di cat mobil Anda. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi amplas dengan sedikit air terlebih dahulu, baru digosokkan pada cat mobil yang tergores.


Jika goresannya sudah hilang dan terasa halus, Anda bisa menggunakan finishing wax supaya warna cat mobil Anda tidak memudar.

7. Menggunakan Minyak Rem

Terakhir, Anda bisa menggunakan minyak rem untuk memperbaiki cat mobil Anda. Penggunaannya sama seperti media lainnya. Cukup menuangkan minyak rem pada lap kering secukupnya, kemudian oleskan pada bagian yang tergores.


Cairan ammonia juga bisa digunakan untuk mengatasi goresan pada mobil, Sumber: cantik.tempo.co

Cairan ammonia juga bisa digunakan untuk mengatasi goresan pada mobil, Sumber: cantik.tempo.co


Itulah ketujuh cara memperbaiki cat mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun walaupun begitu, jika Anda merasa tidak percaya diri atau khawatir dengan risiko lainnya Anda bisa langsung mendatangi bengkel mobil kepercayaan Anda.


Terlebih di era serba maju dan online ini, Anda bisa mengakses jasa bengkel melalui handphone Anda. Yakni melalui bengkel mobil online Anda tak perlu berlama-lama antri untuk mendapatkan jasa tersebut. 


Selain itu, di bengkel mobil online ini juga Anda tak perlu khawatir tentang biaya servis yang sering jadi kegalauan pelanggan. Karena lewat layanan ini, bengkel akan langsung merekomendasikan paket pelayanan sekaligus harganya setelah memeriksa kendaraan Anda. 


Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa untuk menyeimbangkan antara perawatan mobil kesayangan dengan budget Anda.