Monitoring Magang Siswa Program 1 Tahun Angkatan 20

Monitoring magang siswa, Sumber doc pribadi

Monitoring Magang Siswa Program 1 Tahun Angkatan 20 Periode 6

November 2023 - 6 Januari 2024

Magang merupakan salah satu kegiatan yang ada di program 1 tahun Speedplus Otomotif. Di dalam kegiatan magang ada beberapa tahapan, yaitu pembekalan magang, pengurusan administrasi magang, monitoring magang, dan pengumpulan laporan magang. 


Monitoring magang merupakan kegiatan berkala yang dilakukan oleh tim magang Speedplus Otomotif ke bengkel mitra dan pembimbing lapangan dari bengkel mitra untuk mengamati dan memantau perkembangan aktivitas siswa selama mengikuti magang.

Aspek-Aspek dalam Monitoring Magang

Aspek-aspek penting yang diperhatikan antara lain meliputi:

  • Kedisiplinan (penilaian mengenai kedisiplinan siswa magang dalam menaati peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh bengkel mitra),

  • Kerja sama (penilaian mengenai sikap kerja sama siswa magang dengan pembimbing lapangan maupun dengan teman kerja lain dalam melaksanakan tugas/pekerjaan),

  • Inisiatif (penilaian mengenai kemampuan dalam melakukan tindakan mencari cara kerja yang berdaya guna dan berhasil guna tanpa menunggu perintah atasan maupun orang lain),

  • Tanggung jawab (penilaian mengenai sikap siswa magang dalam menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktunya serta dengan merawat tempat kerja dan alat-alat yang digunakan), 

  • Kebersihan (penilaian mengenai sikap siswa magang dalam menjaga kebersihan tempat kerja serta alat-alat sebelum dan sesudah bekerja).


Magang siswa program 1 tahun angkatan 20, Sumber: doc pribadi

Magang siswa program 1 tahun angkatan 20, Sumber: doc pribadi

Proses Monitoring Magang

Monitoring magang dilakukan sebanyak 2 kali, yang pertama monitoring untuk mengetahui tanggal mulai aktif siswa magang dan yang kedua monitoring untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa magang. 


Berhubung siswa ada yang magang di DIY dan ada yang magang di luar DIY, maka monitoring siswa yang magang di DIY dilakukan secara langsung (tim magang mendatangi bengkel) dan monitoring bagi siswa yang magang di luar DIY dilakukan secara daring. 

Monitoring pertama dilakukan pada hari Sabtu tanggal 18 November 2023 dan monitoring kedua dilakukan pada hari Rabu tanggal 13 Desember 2023.


Pada kegiatan monitoring magang, tim magang berkoordinasi secara langsung dengan pembimbing lapangan maupun pemilik bengkel untuk mengetahui bagaimana perkembangan masing-masing siswa magang. 


Saat monitoring magang, siswa terlihat sedang aktif melakukan kegiatan magang menjalankan rutinitas bengkel mitra terkait perbaikan kendaraan. Selain itu, tim magang juga memeriksa secara langsung daftar kehadiran siswa selama magang di bengkel mitra. 


Pembimbing lapangan maupun pemilik bengkel juga mendeskripsikan kegiatan mereka secara detail, mulai dari jam kedatangan sampai jam pulang mereka. Adapun tugas utama dari pembimbing lapangan antara lain yaitu membimbing, mengarahkan, dan memberikan tugas-tugas selama siswa magang di bengkel mitra yang sesuai dengan ruang lingkupnya. 


Pada akhir kegiatan magang nanti, setiap siswa diharuskan membuat laporan dari semua aktivitas magang yang telah dilakukan dari awal sampai akhir kegiatan magang. 


Selain itu, siswa juga membuat surat keterangan selesai magang yang nantinya dilampirkan di laporan magang untuk dikumpulkan sebagai bahan pertimbangan penilaian dan penerbitan sertifikat magang. 


Harapan kami setelah siswa mengikuti kegiatan magang ini yaitu siswa mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman karena siswa terjun langsung di dalam dunia kerja. Selain itu, siswa juga mampu beradaptasi di lingkungan kerja dan mampu menganalisis masalah yang tepat beserta penyelesaiannya.


Tim Speedplus Otomotif melakukan monitoring untuk program magang, Sumber: doc pribadi

Tim Speedplus Otomotif melakukan monitoring untuk program magang, Sumber: doc pribadi


Demikian sekilas informasi mengenai kegiatan monitoring magang siswa program 1 tahun angkatan 20 Speedplus Otomotif pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembacanya. 


Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kursus otomotif di Speedplus Otomotif, silakan menghubungi nomor kami atau datang langsung ke kantor kami di Jl. Glagahsari No. 122 Yogyakarta.


Terima kasih atas kunjungannya. Salam Otomotif!