Achievement Motivation Training “Karakter yang Harus Dimiliki agar Mempunyai Daya Saing di Dunia Kerja pada Era Teknologi”

Dimulainya sesi tanya jawab, Sumber: doc pribadi

Achievement Motivation Training “Karakter yang Harus Dimiliki agar Mempunyai Daya Saing di Dunia Kerja pada Era Teknologi”

Achievement Motivation Training (AMT) merupakan salah satu kegiatan rutin yang ada di Program Intensif 1 Tahun Mekanik Mobil Speedplus Otomotif. AMT diselenggarakan bertujuan untuk pengembangan diri, terutama dalam meningkatkan motivasi berprestasi para pesertanya. 

Pada kesempatan ini AMT dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2023 di Meeting Room salah satu hotel di Yogyakarta, dengan peserta siswa program intensif 1 tahun mekanik mobil angkatan 18, angkatan 19, dan para alumni Speedplus Otomotif dengan total peserta ada 66 orang. 

Sesuai yang sudah tertera pada title artikel, AMT kali ini mengangkat tema “Karakter yang Harus Dimiliki agar Mempunyai Daya Saing di Dunia Kerja pada Era Teknologi” dengan pemateri Bp. Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng. Kegiatan ini terdiri dari pembukaan, senam, penyampaian materi, tanya jawab, dan penutup.

Para peserta AMT maupun instruktur dan karyawan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena materinya sangat menarik dan yang jelas akan bermanfaat sebagai bekal kedepannya. Selain itu, penyampaian materinya pun sangat menarik dan tidak membosankan. Sehingga membuat peserta enjoy dalam mengikuti kegiatan ini.


Para peserta AMT sedang fokus mendengarkan materi yang disampaikan, Sumber: doc pribadi

Para peserta AMT sedang fokus mendengarkan materi yang disampaikan, Sumber: doc pribadi

Sekilas Materi yang Disampaikan saat Kegiatan

Sebelum acara ditutup, ada sesi tanya jawab. Sehingga peserta bisa menanyakan apa yang belum disampaikan pada saat penyampaian materi/konsultasi, namun masih dalam lingkup materi yang sama. Berikut sekilas materi yang disampaikan oleh Bp. Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng.

Pada tahun 2022, di Indonesia terdapat kabar burung bahwa pada tahun depan (tahun 2023) akan ada resesi. Resesi adalah kemerosotan ekonomi yang tidak hanya disebabkan dari aktivitas itu sendiri. Resesi dapat disebabkan karena sumber daya manusianya tidak unggul. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia, salah satunya yaitu kesehatan mental. 

Di Indonesia banyak manusia yang mengalami gangguan mental. Oleh karena itu, sangat penting sekali dalam menjaga kesehatan mental. Karena kesehatan mental merupakan salah satu faktor terpenting yang mampu mempengaruhi segalanya, salah satunya dalam pekerjaan.

Agar bisa bersaing di dunia kerja, kita membutuhkan keahlian atau skill tertentu. Skill merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Terdapat beberapa macam skill, antara lain hard skill dan soft skill.


Bp. Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng sedang memaparkan materi, Sumber: doc pribadi

Bp. Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng sedang memaparkan materi, Sumber: doc pribadi

Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Hard skill merupakan suatu keahlian atau keterampilan teknis yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Soft skill merupakan kemampuan yang bersifat non teknis dan berkaitan dengan kepribadian, karakter, serta kemampuan dalam bersosialisasi dan beradaptasi. 

Seseorang tidak cukup hanya memiliki hard skill saja, namun harus diimbangi dengan soft skill. Menurut Bp. Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng., ada 4 soft skill yang harus dimiliki seseorang

  • Sepenuh Hati

  • Ikhlas

  • Amanah

  • Pantang Menyerah

Perilaku kita dapat menunjukkan kualitas diri kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita memperbaiki perilaku kita mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti berikut

  • Menunjukkan sesuatu yang jauh dengan menggunakan lima jari dirapatkan.

  • Menunjukkan sesuatu yang dekat dengan menggunakan dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah dirapatkan atau menggunakan jempol.

  • Memberikan sesuatu dengan menggunakan dua tangan.

Komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting, namun tidak semua manusia memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Kenapa persoalan itu muncul? Karena jarang ngobrol atau kurangnya komunikasi. 

Pada zaman sekarang komunikasi lebih mudah, tidak seperti pada zaman dahulu. Saat ini kita bisa berkomunikasi melalui media sosial. Dahulu komunikasi itu jika tidak bertemu secara langsung ya melalui surat-menyurat. 

Oleh karena itu, kita harus pandai dalam mengelola media sosial kita karena media sosial adalah salah satu reputasi kita. Bahkan orang lain pun bisa menilai kita dari media sosial yang dimiliki.


Dimulainya sesi tanya jawab, Sumber: doc pribadi

Dimulainya sesi tanya jawab, Sumber: doc pribadi

Demikian sekilas informasi mengenai kegiatan AMT Speedplus Otomotif pada tahun 2023. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembacanya. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti kursus otomotif di Speedplus Otomotif, silakan menghubungi nomor kami atau datang langsung ke kantor kami di Jl. Glagahsari No 122 Yogyakarta. Terima kasih atas kunjungannya.